Solusi Bagi Ibu Hamil Yang Tidak Menyukai Musik Klasik

Pasti anda sudah lebih tahu bahwa musik klasik akan bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin, didukung oleh penelitian yang menemukan bahwa pengaruh musik klasik akan berhubungan dengan pengaturan emosi pada bayi, lantas bagaimana apabila ibu hamil tidak menyukai musik klasik dan dipaksa untuk mendengarkan akankah bermanfaat bagi janin? Pada saat memberikan stimulasi awal memang idealnya mendengarkan musik klasik. Hal ini berdasarkan penelitian yang menemukan manfaat dari musik klasik seperti musik zaman Baroque “Spring dari The Four Season” karya dari Antonio vivaldi yang berdasarkan penelitian lebih lanjut menemukan bahwa musik dapat membantu proses pengaturan pada emosi bayi.  Musik klasik pada zaman ini dapat didengarkan oleh ibu hamil sesuai dengan selera anda. Beberapa pilihan musik klasik seperti musik karya mozart yang konon dapat berpengaruh pada intelegensi kemudian lagu gubahan bach, vivaldi, talemann dan hendel.

Meskipun demikian ternyata mendengarkan musik tidak harus yang bergenre klasik saja, musik yang tenang dapat membantu dalam memberikan stimulasi pada janin. Pada masyarakat Indonesia dengan mayoritas islam tertinggi, musik religi yang tenang dan bertemakan hal yang positif akan membantu dalam memberikan stimulasi yang baik bagi perkembangan janin. Hindari membiasakan mendengarkan bayi dengan musik bergenre rock, atau tempo yang lebih cepat karena akan membuat bayi semakin aktif dan cenderung resah. Hal terpenting ketika mendengarkan musik kepada janin adalah dengan cara menikmati alunan musik tersebut, meskipun bukan musik klasik akan tetapi apabila ibu hamil sedang mendengarkannya dan menikmatinya asalkan tidak musik yang memiliki tempo yang cepat maka akan membuat rangsangan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Beberapa ibu hamil mendengarkan musik klasik dengan cara terpaksa sehingga membuatnya menjadi beban dan mengganggu kenyamanan. Apabila ibu hamil tidak menyukai musik  klasik maka dapat berhubungan antara ketidaknyamanan anda ketika sedang mendengarkan musik dengan calon bayi anda yang sedang mendengarkannya sehingga akan memberikan rangsangan yang kurang optimal. Oleh karena itu apabila ibu hamil tidak menyukai musik klasik sebaiknya anda dapat mendengarkan musik klasik tersebut langsung menggunakan headphone pada bagian perut ibu dengan begitu anda tidak harus memaksakan untuk mendengarkan musik tersebut. Hal ini lazim dilakukan dikarenakan pada sebuah penelitian di Amerika Serikat bahwa meletakan headphone pada saat perut ibu sedang mengandung vibrasi suara akan langsung di tangkap oleh bayi anda meskipun anda tidak menyukai musik klasik. Meskipun demikian disarankan anda agar tidak mendengarkan musik yang terlalu keras, pastikan terlebih dahulu volume ketika akan diperdengarkan dibagian perut bayi anda.

Meskipun janin terlindungi oleh cairan ketuban akan tetapi apabila kepekaan suara terlalu tinggi maka diakibatkan akan menggangu kesehatan janin anda di dalam kandungan, hal yang paling ringan adalah mengganggu rasa nyaman pada janin. Sedangkan bagi ibu hamil yang akan mendengarkan musik lain kepada bayi disarankan adalah jenis musik yang menenangkan seperti musik tradisional, musik religi atau jenis musik lainnya yang akan membuat bayi di dalam kandungan merasakan kenyaman dan juga dapat membuat anda merasaan kenyaman dalam alunan lagu tersebut. Demikian solusi bagi ibu hamil yang tidak menyukai musik klasik, musik jenis ini akan mempengaruhi anda dalam memberikan stimulasi yang tepat dalam perkembangan dan pertumbuahan bayi anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel