data-ad-format="auto"

Daftar Manfaat Sehat dari Konsumsi Jagung

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering difungsikan sebagai makanan alternatif pengganti beras. Jagung termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang paling mudah dijumpai di tanah air. Warnanya yang begitu mencolok serta bentuknya yang begitu khas membaut jagung menjadi salah satu bauh yang begitu udah dikenali. Selain dapat dikonsumsi sebagai pengganti beras, jagung juga bisa langsung dinikmati dengan berbagai macam pengolahan seperti di rebus atau dibakar. Kedua proses pengolahan tersebut menjadi proses yang paling sering dipilih untuk menikmati jagung.

 

Nah, ternyata selain rasanya yang nikmat dan gurih ketika disantap, jagung juga memiliki berbagai manfaat yang begitu baik untuk kesehatan yang mungkin banyak diantara anda yang belum mengetahuinya. Tubuh seseorang akan membutuhkan energi agar dapat beraktivitas dengan bugar setiap harinya. Untuk itulah, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat jelas menjadi solusi yang baik untuk menambah energi agar anda siap melakukan aktivitas setiap hari.

Beras memang menjadi makanan dengan arbohidrat yang digunakan oleh orang indonesia sebagai makanan pokoknya, namun beberapa bahan lain seperti gandum dan jagung bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Khususnya untuk jagung, dimana tumbuhan alami ini menyimpan segudang manfaat baik yang dapat memnuhi kebutuhan nurtrisi dalam tubuh.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jagung, berikut ini poin dan penjelasannya.

1. Baik Untuk Ibu Hamil

Jagung mengandung asam folat yang begitu tinggi, dimana kandungan asam folat akan sangat dibutuhkan ibu hamil untuk kesehatan ibu dan janinnya. Kandungan asam folat berfungsi untuk menurunkan resiko kelahiran bayi yang cacat. Untuk itulah, jagung amat direkomendasikan untuk ibu hamil. Dengan demikian tidak ada salahnya, bagi anda para ibu hamil mulai menyertakan jagung sebagai menu makanan yang hadir di meja makan anda.

2. Memperkuat Tulang

Jagung mengandung nutrisi yang baik seperti diantaranya adalah besi, magnesium, fosfor dan tembaga yang baik untuk kesehatan tulang anda. Yang mana jenis-jenis kandungan mineral inilah yang mampu menutrisi dan memperkuat tulang sehingga tulah tidak mudah rapuh.

3. Pencegah Anemia

Sering merasakan pusing, lemah, lunglai, dan lemas merupakan gejala yang mengindikasi seseorang terkena anemia. Nah, untuk mengatasinya, mengkonsumsi jagung akan bisa menjadi obat alami. Kandungan vitamin B dan asam folat yang terkandung pada jagung akan berfungsi untuk mencegah anemia dengan lebih efektif.

4. Meremajakan Kulit

Kandungan antioksidan yang ada pada jagung mampu memutrisi tubuh termasuk dengan jaringan kulit. Sehingga bagi anda yang mendambakan memiliki kulit yang tampak lebih muda, jagung bisa menjadi bahan alami untuk anda mendapatkan kulit yang sudah anda idamkan. Konsumsi jagung secara rutin, namun dalam kasus ini proses pengolahan jagung dnegan cara direbus hasilnya akan lebih optimal dibandingkan dengan jagung yang melalui proses di bakar.

5. Mencegah Diabetes

Selain beberapa kandungan diatas, jagung memiliki kandungan fitokimia yang mampu mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin si dalam tubuh. Yang mana hal iilah yang menjadikan jagung sebagai salah satu makanan bergizi dengan kandungan gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh anda.

Nah, itulah dia beberapa manfaat sehat yang bisa anda dapat ketika mengkonsumsi jagung. Bagaimana? setelah membaca artikel ini sudah berminatkah anda mengkonsumsi jagung?.

Loading...

Follow us