Tips Atasi Ngantuk Setelah Makan Siang

Mengantuk usai makan siang sebenarnya bukanlah kondisi yang normal. Seharusnya, seusai menyantap makan siang yang terjadi pada tubuh adalah kembali segar sebab dari makan siang anda kembali mendapatkan energi dan tenaga untuk anda dapat kembali beraktivitas seharian. Ketika rasa kantuk menyerang, maka hal ini menjadi pertanda bahwa tubuh anda menginginkan istirahat.

Nah, sementara itu, jika rasa kantuk selalu datang setiap kali anda usai menyantap makan siang meskipun anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup dimalam hari, mungkin terjadi sesuatu yang salah dengan tubuh anda.
Tubuh yang mengalami kantuk seusai makan siang bisa disebabkan oleh beberapa faktor , yakni faktor tubuh yang kekurangan enzim dan pengaruh neuron.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kantuk seusai makan siang.

1. Pilihlah Karbohidrat Kompleks

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, ketika menyantap makan siang, kebanyakan orang akan memilih nasi untuk memenuhi hasrat perutnya yang lapar. Sebab indikator kekenyangan orang Indonesia adalah nasi. Namun agar anda tetap merasa bugar setelah menyantap makan siang, sebaiknya pilihlah makanan  dengan karbohidrat kompleks. Selain itu, cukup penting pula untuk  memilih jenis makanan yang mengandung protein serta zat besi. Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi akan membantu meningkatkan tubuh dalam memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan tubuh dalam mempromosikan oksigen ke dalam tubuh agar menjadi energi. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks yang anda konsumsi akan memproduksi glukosa untuk tubuh.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Menu yang wajib hadir dalam porsi makan siang anda untuk menjaga anda tetap bugar setelah menyantap makan siang adalah buah dan sayuran. Buah-buahan segar bisa anda konsumsi sebelum menyantap makanan pokok. Asupan buah ini dapat memberikan energi yang lebih sebab kandungan gula alaminya. Selain itu, buah dan sayur akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dan tetap memberikan anda energi.

3. Batasi Asupan Lemak dan Gula

Kebanyakan orang akan menyantap makanan sembarang untuk menu makan siangnya. Kondisi yang panas dan terik matahari yang begitu menyengat membuat sebagian besar orang memilih menyantap makanan yang cenderung berlemak dan konsumsi gula yang berlebih. Namun sebaiknya, kurangi asupan makanan dengan kandungan gula dan lemak. Sebab kedua asupan ini dapat membuat tubuh merasakan kantuk. Hal ini disebabkan energi yang diberikan akan cepat habis. Sebaliknya bijaklah dalam memilih menu makan siang anda dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang lebih sehat.

4. Konsumsi Air Putih

Salah satu penyebab kantuk saat siang hari adalah dipicu karena tubuh mengalami dehidrasi akibat menurunnya jumlah cairan dalam tubuh. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan terutama saat siang hari agar anda terhindari dari dehidrasi dan rasa kantuk bisa anda atasi.

Itulah dia beberapa tips untuk mengatasi kantung seusai menyantap makan siang.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel