4 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil dengan Efektif

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil – ISK atau infeksi saluran kemih yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada saluran kemih. Kondisi ini rentan dialami oleh ibu hamil dan perlu diwaspadai. Apabila kondisi ini dibiarkan dan tidak segera diobati, maka infeksi akan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi. Komplikasi yang mungkin terjadi yaitu berat bayi lahir rendah, persalinan prematur atau bahkan dapat menyebabkan sepsis. Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil agar terhindari dari masalah kesehatan yang satu ini.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil dengan Efektif

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih pada ibu hamil. Nah, berikut ini cara mencegah infeksi saluran kemih yang dapat dilakukan.

Baca juga : Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil dengan Mudah

Menjaga Kebersihan Saluran Kemih

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Pastikan saluran kencing anda selalu dalam keadaan bersih, terlebih lagi setelah anda buang air kecil. Ini dilakukan untuk mencegah bakteri tersebar dan masuk ke dalam saluran kencing. Agar saluran kencing anda tetap bersih, beberapa hal berikut ini bisa dilakukan:

  • Setelah buang air kecil anda harus segera membilas dan mencuci sekitar alat kelamin, serta anus dengan bersih dan hati-hati.
  • Untuk membilas anda bisa menggunakan air hangat.
  • Setelah dibilas anda dapat mengeringkan dengan cara mengelap dari depan ke arah belakang.
  • Jangan menggunakan sabun antiseptik karena akan dapat menyebabkan iritasi.
  • Hindari berendam terlalu lama atau lebih 30 menit dalam bak mandi, serta jangan lakukan lebih 2 kali sehari untuk mencegah kemungkinan bakteri yang masuk.
  • Anda harus rajin mengganti celana dalam.
  • Gunakan celana yang nyaman dengan bahan katun.
  • Jangan gunakan celana ataupun celana dalam yang ketat.

Jangan Menahan Keinginan Buang Air Kecil

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Menahan buang air kecil tentu kebiasaan yang tidak baik. Akan ada efek sampingnya jika anda menahan buang air kecil. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini termasuk oleh ibu hamil. Karena hal ini akan dapat menyebabkan infeksi.

  • Sebagai cara mencegah infeksi saluran kemih, ketika ingin buang air kecil sebaiknya anda segera ke toilet atau setidaknya anda buang air kecil setiap 2 hingga 3 jam.
  • Selain itu, pastikan tidak terdapat sisa urine setelah anda buang air kecil. Untuk memastikan tidak ada sisa urine, anda bisa menunggu selama beberapa menit.
  • Setelah melakukan hubungan intim, anda harus buang air kecil. Ini dilakukan untuk mencegah bakteri tersebar ke saluran kencing.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Air putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Sehingga dianjurkan untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih. Untuk mencegah infeksi saluran kemih, anda harus memastikan tubuh anda selalu terhidrasi.

Cara agar tubuh tetap terhidrasi yaitu dengan mencukupi kebutuhan minum. Paling tidak anda minum sebanyak 8 gelas air putih setiap harinya.

Menjaga Asupan Makanan

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.  Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat ketika hamil, menghindari kafein, gula, alkohol dan makanan olahan. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi vitamin C, zinc, beta karoten untuk membantu mencegah infeksi.

Lihat juga : Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda

Itulah beberapa cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil. Selain itu, anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mencegah infeksi saluran kemih yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply