Boneka Kotoran, Media Kampanye dari Perawat Australia

Bagi anda yang membayangkan boneka lucu dengann karakter yang menarik salah besar jika anda mengetahui boneka kotoran yang satu ini. Hanya saja ada pesan dibalik boneka kotoran yang dikampanyekan perawat di Australia, simak kisahnya di bawah ini. 

Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama untuk penyakit yang belum begitu dikenal masyarakat. Cara yang unik dilakukan oleh perawat di Australia untuk bisa memberikan edukasi di acara kampanye kanker usus dengan menggunakan boneka kotoran. Anda mungkin tidak akan pernah menyangka, bentuk dari boneka ini.

Ide kreatif dari perawat di Australia yang peduli akan kesehatan terutama kanker usus menarik perhatian masyarakat. Sekelompok perawat dari bangsal 6E dari klinik kolorektal (menangani usus besar dan anus) di Rumah Sakit Wesley, Brisbane melakukan aksi yang unik. Mereka meningkatkan kesadaran masyarakat dengan menggunakan boneka kotoran.

oo

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kanker kolorektal atau dikenal dengan kanker usus besar yang kerap ditemukan pada pria ataupun wanita di tahun 2012 ini menjadi perhatian dunia. Bahkan data WHO mencatat bahwa kanker usus besar ini pada pria ada di posisi ketiga sedangkan pada wanita ada di posisi kedua yang mengancam, sehingga diperlukan kesadaran masyarakat.

Untuk menarik perhatian lingkungan disekitarnya, perawat menggunakan sebuah ikon yakni boneka dengan karakter yang berbeda. Perawat menggunakan karakter kotoran yang diberina nama Bristol. Sedangkan pemberian nama Briston diambil dari skala kesehatan feses internasional. Sungguh kreatif untuk menarik perhatian masyarakat disekitarnya.

Bahkan untuk memperkenalkan karakter boneka itu, Bristol banyak dilakukan salah satunya dengan memperkenalkan melalui media sosia. Penggunaan instagram menjadi salah satu cara perkenalan di dunia digital. Banyak foto-foto dari sejumlah negara seperti Meksiko, Indonesia, Skotlandia, Brazil bahkan Australia sendiri sebagai negara pelopor.

Menurut penggagas kampanye, Steph Young menyatakan bahwa ide ini datang dari managernya yang sering bepergian. Sehingga meminta pada tim untuk menyiapkan boneka ‘Bristol’ untuk bisa dibawa bepergian kemanapun. Dengan ide seperti itu, boneka itu bisa berpose di berbagai negara menarik perhatian pengguna instagram.

Boneka yang diberinama Bristol, berpose diberbagai tempat. Bahkan di tempat populer seperti Brazi dan Karibia. Dengan adanya kampanye ini diharapkan menghilangkan anggapan masyarakat mengenai kotoran manusia yang dianggap tabu untuk dibicarakan. Itu juga yang diungkapkan Jemma Ambrose relawan kampanye.

Dengan melihat boneka Bristol diharapkan orang-orang menjadi memiliki keinginan mendiskusikan kesehatan ususnya. Bahkan harapan besarnya masyarakat tidak lagi tabu dalam membahas masalah kesehatan, terutama feses. Sehingga cepat melakukan tindakan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Dengan menggunakan platfrom Instagram, berharap banyak pesan kampanye yang bisa disampaikan terutama masalah kanker usus. Bahkan tidak hanya di Australia melainkan diberbagai tempat, negara di penjuru dunia. Bahkan dengan ini bisa berhasil membuktikan kepedulian mereka terhadap kanker usus di dunia. 

Bahkan dengan ini kami mendapatkan banyak pesan dari seluruh penjuru dunia, bahkan dengan adanya kampanye ini meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat terutama kalangan muda. Dengan adanya sosialisasi ini tidak hanya dianggap orang tua yang waspada akan tetapi semua kalangan bisa mengetahuinya.

Dengan adanya kampanye ini, Ambrose berharap setiap orang bisa memeriksa dirinya untuk bisa menemukan gejala dini dari kanker ini. Mereka yang mengalami gejala seperti sakit perut tidak menganggap remeh, bahkan segera melakukan deteksi dini. Sehingga bisa diketahui kanker usus dan mendapatkan penyembuhan total.

Loading...

Follow us