Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

4.24/5 (33)

Makanan yang ibu konsumsi baik dalam porsi kecil atau porsi besar akan mempengaruhi kualitas ASI. Bagaimana dengan buah duren, betulkah kandungan yang di dalam buah durian akan berpengaruh pada kesehatan bayi anda? Sehingga ibu menyusui dilarang mengkonsumsi buah durian, betulkah?

Taukah anda bahwa hampir zat yang dikonsumsi oleh ibu terkandung di dalam ASI.Meskipun za tersebut memiliki kadar yang sedikit atau hanya sebatas aroma saja. Apabila ibu menyusui mengkonsumsi vanila, aroma bawang putih atau mint sehingga sedikit memiliki aroma samar dari makanan yang ibu konsumsi.

Ibu menyusui boleh mengkonsumsi durian asalkan dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan. Mungkin anda ingat ketika hamil anda dilarang mengkonsumsi durian karena kandungan glukosa, gas, kolestrol dan sedikit alkohol di khawatirkan akan menggangu kesehatan anda dan janin. Ketika anda sedang hamil dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi atau ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti terjadi diabetes atau kandungan alkohol meskipun sedikit di khawatirkan menggangu tumbuh kembang janin.

Begitu juga saat menyusui beberapa orang mengkhawatirkan kandungan glukosa, gas, kolestrol dan alkohol pada durian akan mempengaruhi ibu menyusui. Terlebih durian diketahui akan menimbulkan rasa panas pada pencernaan meskipun demikian sampai saat ini tidak dilaporkan menimbulkan masalah ataupun gangguan pada kesehatan bayi dan ibu menyusui yang mengkonsumsi durian.

Pada dasarnya setiap orang memiliki metabolisme yang unik sehingga setiap bayipun demikian memiliki metabolisme yang unik sehingga dapat menentukan reaksi tubuh yang berbeda. Perbedaan reaksi inilah yang akan menimbulkan beberapa kemungkinan pada bayi. Sehingga ketika anda sedang menyusui dan ingin mengkonsumsi buah durian, konsumsi yang tidak berlebihan. Apabila ibu mengkonsumsi buah durian berlebihan dan menggangu kesehatan ibu selama menyusui justru hal ini yang dikhawatirkan akan menganggu produksi ASI. Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh faktor kesehatan fisik dan psikis ibu menyusui.

Dengan demikian bagi anda yang sedang menyusui dan mengkonsumsi durian maka sebaiknya batasi jumlahnya tidak terlalu banyak karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan ibu menyusui dan mempengaruhi produksi ASI. Sedangkan untuk reaksi pada bayi masing masing memiliki perbedaan sehingga pada bayi satu akan mengalami reaksi yang berbeda pada bayi lainnya. Sehingga belum tentu pada bayi anda memiliki reaksi yang buruk hanya saja anda disarankan untuk mencermati kondisi setelah mengkonsumsi durian dan pengaruhnya pada bayi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel