data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Sama halnya dengan kehamilan seringkali ibu dibuat bertanya-tanya ketika mengkonsumsi makanan saat ibu sedang menyusui. Ibu khawatir apabila makanan yang dikonsumsinya akan berdampak pada tumbuh kembang bayi. Hal yang wajar saja dialami oleh ibu menyusui meskipun demikian anda juga harus tetap berpikiran bahwa selama menyusui fisik dan psikis anda harus tetap sehat. Menjaga kesehatan psikis dan fisik selama menyusui akan membantu dalam proses menyusui yang baik dan terhindari dari gangguan produksi ASI.

Makanan yang ibu konsumsi baik dalam porsi kecil atau porsi besar akan mempengaruhi kualitas ASI. Bagaimana dengan buah duren, betulkah kandungan yang di dalam buah durian akan berpengaruh pada kesehatan bayi anda? Sehingga ibu menyusui dilarang mengkonsumsi buah durian, betulkah?

Taukah anda bahwa hampir zat yang dikonsumsi oleh ibu terkandung di dalam ASI.Meskipun za tersebut memiliki kadar yang sedikit atau hanya sebatas aroma saja. Apabila ibu menyusui mengkonsumsi vanila, aroma bawang putih atau mint sehingga sedikit memiliki aroma samar dari makanan yang ibu konsumsi.

Ibu menyusui boleh mengkonsumsi durian asalkan dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan. Mungkin anda ingat ketika hamil anda dilarang mengkonsumsi durian karena kandungan glukosa, gas, kolestrol dan sedikit alkohol di khawatirkan akan menggangu kesehatan anda dan janin. Ketika anda sedang hamil dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi atau ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti terjadi diabetes atau kandungan alkohol meskipun sedikit di khawatirkan menggangu tumbuh kembang janin.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Begitu juga saat menyusui beberapa orang mengkhawatirkan kandungan glukosa, gas, kolestrol dan alkohol pada durian akan mempengaruhi ibu menyusui. Terlebih durian diketahui akan menimbulkan rasa panas pada pencernaan meskipun demikian sampai saat ini tidak dilaporkan menimbulkan masalah ataupun gangguan pada kesehatan bayi dan ibu menyusui yang mengkonsumsi durian.

Pada dasarnya setiap orang memiliki metabolisme yang unik sehingga setiap bayipun demikian memiliki metabolisme yang unik sehingga dapat menentukan reaksi tubuh yang berbeda. Perbedaan reaksi inilah yang akan menimbulkan beberapa kemungkinan pada bayi. Sehingga ketika anda sedang menyusui dan ingin mengkonsumsi buah durian, konsumsi yang tidak berlebihan. Apabila ibu mengkonsumsi buah durian berlebihan dan menggangu kesehatan ibu selama menyusui justru hal ini yang dikhawatirkan akan menganggu produksi ASI. Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh faktor kesehatan fisik dan psikis ibu menyusui.

Dengan demikian bagi anda yang sedang menyusui dan mengkonsumsi durian maka sebaiknya batasi jumlahnya tidak terlalu banyak karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan ibu menyusui dan mempengaruhi produksi ASI. Sedangkan untuk reaksi pada bayi masing masing memiliki perbedaan sehingga pada bayi satu akan mengalami reaksi yang berbeda pada bayi lainnya. Sehingga belum tentu pada bayi anda memiliki reaksi yang buruk hanya saja anda disarankan untuk mencermati kondisi setelah mengkonsumsi durian dan pengaruhnya pada bayi.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us