data-ad-format="auto"

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi?

Kelahiran bayi anda menjadi hadiah terindah bagi anda dan keluarga. Kebahagian yang sulit tergambarkan bahkan hingga terus memantau tumbuh kembang bayi anda dengan hal-hal yang menakjubkan dilakukan bayi anda. Setiap orang tua menginginkan anaknya lahir dengan sehat dan sempurna. Sehingga ketika kelahiran tiba pemeriksaan kelengkapan organ tubuh bayi dilakukan oleh perawat yang membantu kelahiran anak anda. Selain sehat dan sempurna, terkadang ibu mengkhawatirkan tanda yang melekat pada tubuh bayi.

Tanda yang ada di tubuh bayi atau dikenal dengan tanda lahir memiliki perbedaan pada masing-masing bayi. Ada bayi yang memang memilikinya adapula yang tidak memilikinya. Meskipun demikian rata-rata 9 dari 10 kelahiran bayi memiliki tanda lahir yang berbeda. Tanda lahir memang bukan dalam kategori tanda bahaya pada tubuh bayi. Hanya saja beberapa tanda lahir harus anda kenali, apabila tanda lahir membesar maka harus dilakukan pemeriksaan.

Tanda lahir pada bayi berbeda-beda, baik bentuk, ukuran dan warna. Salah satu tanda lahir yang akan dibahas adalah tanda lahir berwarna merah pada bayi. Tanda lahir dapat muncul langsung pada bayi saat dilahirkan atau baru dikenali setelah beberapa hari kelahiran. Anda dapat berkonsultasi pada dokter apabila tanda lahir semakin membesar atau menggangu fungsi bagian tubuh. Salah satunya adalah tanda lahir seperti bercak merah dan juga timbul disebut dengan tanda lahir strawberry Hemangioma.

Strawberry Hemangioma merupakan kelainan secara vaskular yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan pada permukaan kulit berwarna merah dan timbul. Umumnya tanda lahir strawberry hemangioma memiliki tepian yang halus dan jaringan berongga. Strawberry Hemangioma akan muncul pada bagian tubuh mana saja meskipun seringkali Strawberry Hemangioma ditemui pada bagian leher atau wajah. Strawberry Hemangioma memiliki kasus yang berbeda-beda pada masing-masing anak yang memiliki tanda lahir jenis Strawberry Hemangioma

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Strawberry Hemangioma lebih banyak dialami oleh bayi perempuan ketimbang laki-laki, pada 10 persen bayi yang mendapatkan tanda lahir Strawberry Hemangioma dalam rentan waktu usia 13 bulan akan hilang sedangkan sisanya yaitu sebanyak 90 persen akan hilang pada rentan waktu hingga anak usia 10 tahun.

Tanda lahir ini tidak akan menggangu selama tidak menghalangi fungsi tubuh. Misalnya saja tanda lahir menggangu proses pendengaran, pernafasan atau makan. Meskipun demikian anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi tanda lahir bayi anda, apakah perlu penanganan atau tidak diperlukan penanganan .

Apabila tanda lahir Strawberry Hemangioma yang mengggangu maka dapat dilakukan pengobatan degnan operasi, laser atau kombinasi dengan laser dan operasi. Pemeriksaam dini dapat dilakukan untuk mengetahui jenis tanda lahir anak anda karena pada masing anak berbeda-beda sehingga dokter dapat membantu anda untuk melakukan penangan dini.  

Dengan demikian bagi anda yang menemukan adanya tanda lahir berwarna merah muda pada bagian tubuh anak anda atau yang disebut dengan tanda lahir Strawberry Hemangioma jangan terburu-buru khawatir karena masing- masing kondisi anak berbeda-beda. Begitu pula dengan Strawberry Hemangioma tidak semua harus dilakukan dengan cara laser atau operasi ada juga yang menghilang dengan sendirinya seiring usia bayi anda yang bertambah.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us