data-ad-format="auto"

Bolehkah Anak Menggunakan Car Seat?

Bepergian dengan anak anda memang sangat menyenangkan, selain anda dapat melepas penat karena rutinitas mengurus bayi anda sehari-hari. Anda juga dapat mengenalkan dunia baru pada anak anda. Meskipun demikian perhatikan keselamatan dan kesehatan anda dan anak selama di perjalanan.

Salah satu yang dapat anda gunakan ketika mengajak anak anda berjalan-jalan dalam jarak tempuh perjalanan yang menghabiskan waktu berjam-jam adalah persiapan alat-alat yang dapat mendukung anak anda nyaman di dalam kendaraan. Seringkali ibu memilih menggunakan car seat khusus anak-anak.

Car seat dapat dengan mudah anda dapatkan di toko perlengkapan bayi dan balita. Car seat yang dirancang untuk kenyamanan bayi anak anda ketika menempuh perjalanan jauh. Dalam menjaga kesehatan dan keselamatan anak anda selama perjalanan anda juga harus mengetahui penggunaan car seat yang benar untuk anda.

Penggunaan Car seat boleh digunakan pada anak anda selama menempuh perjalanan. Car seat akan memberikan manfaat ketika digunakan sesuai dengan usia dan cara penggunannya. Sehingga penting untuk anda memperhatikan kenyaman dan keselamatan anak anda ketika menggunakan car seat.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut ini adalah penjelasan mengenai panduan menggunakan car seat untuk anak anda.

Car seat ditujuakan untuk membantu kenyamanan bagi anak anda ketika sedang diperjalan, khususnya di dalam mobil. Car seat memiliki ukuran dan bahan yang berbeda sehingga ketika anda menggunakan car seat usahakan disesuaikan dengan berat badana anak anda. Hindari memaksakan menggunakan car seat apabila tidak sesuai dengan kapasitas (melebihi berat badan anak ). Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi anak anda dan juga tida menjamin keselamatan.

Ketika menggunakan car seat saat bayi hingga usia 13 bulan (maksimal berat badan 9 kg) maka dihadapkan kebelakang sedangkan pada usia lebih dari 13 bulan (berat badan 9-18 kg) dapat duduk menghadap ke depan dengan posisi kakinya lebih nyaman. Apabila anak dengan berat badan 18-36 kg sebaiknya duduk di booster seat hal ini untuk membantu bayi anda merasakan kenyamanan ketika menggunkaan car seat.

Inilah langkah-langkah yang dapat menjadi panduan anda ketika menggunakan car seat :

1. Car seat di bagian kursi penumpang depan

Pada saat memasang car seat anda dapat menggunakan pada bagian kursi penumpang depan karena pada bagian belakang airbag kurang mendukung. Car seat dapat digunakan dengan kemiringan 45 derajat sehingga dapat membantu menghindari kesulitan bernafas pada anak anda. Sedangkan untuk car seat yang sudah bisa disetel maka pada bagian bawah dapat anda tambahkan gulungan handuk kecil sehingga posisi anak anda bisa rebahan.

2. Pastikan posisi duduk anak anda

Saat menggunakan car seat pastikan tali pengaman yang terletak pada car seat sejajar dan terpasang dengan nyaman. Anda dapat memastikan tali pengaman sudah aman ketika terdapat bunyi "klik".

3. Pilihan tali pengaman pada car seat

Anda dapat memilih tali pengaman lima pada saat memilih car seat sehingga membuat nyaman dan menjaga keselamatan bayi selama anda menempuh perjalanan. Car seat umumnya dapat anda pilih sesuai dengan selera akan tetapi pastikan anda mengutamakan keselamatan bayi anda.

Loading...

Follow us