data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mayonaise?

Periode kehamilan akan membawa perubahan terhadap tubuh anda.

Ada cukup bayak hal baru yang akan terjadi dengan tubuh anda yang mana mungkin sebelumnya hal ini belum pernah anda alami. Salah satu hal yang pasti akan terlihat perubahan secara signifikan adalah pola makan yang mana ibu hamil dianjurkan untuk melakukan diet ketat.

Akan tetapi maksudnya diet ketat disini bukanlah membatasi atau mengurangi jumlah makanan guna menurunkan bera badan anda. Namun lebih kepada membatasi jenis makanan tertentu dan memilih jenis makanan sehat untuk anda konsumsi. Hal ini dikarenakan apa yang anda konsumsi tersebut akan langsung dirasakan oleh si buah hati sehingga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya dalam rahim anda.

Diet kehamilan yang ketat pada umumnya akan berdampak pada pelarangan beberapa makanan. Sebagai ibu hamil anda akan dituntut unruk berhati-hati dalam memilah setiap jenis makanan yang anda santap guna memastikan keamanannya. Pola makan yang baik dan kualitas makanan yang sehat yang dikonsumsi akan memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan buah hati dalam kandungan anda. Hal ini tentunya akan pula berpengaruh pada meningkatnya kemungkinan kelahiran yang sehat pada bayi anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Sebaliknya makanan yang tidak sehat yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering akan berpengaruh terhadap perkembangan si kecil dalam rahim yang terkendala. Bila hal ini terus-terusan terjadi maka mungkin, besar kemungkinannya anda mengalami masalah kehamilan atau mungkin meningkatkan resiko kecacatan pada bayi karena tidak berkembang dan bertumbuh dengan sempurna.

Apalagi saat ini ada begitu banyak pantangan seputar konsumsi terhadap beberapa makanan pada ibu hamil. Tak jarang sebagian diantara larangan tersebut belum terbukti dengan jelas kebenarannya. Hal ini bisa mungkin membuat ibu hamil semakin kebingungan dalam memilih jenis makanan yang akan disantapnya.

Atau bahkan tidak sedikit ibu hamil yang keliru dalam memilih jenis makanan, makanan yang dilarang justru memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan perkembangan si janin. Atau bisa mungkin sebaliknya, banyak diantara mereka yang malah mengkonsumsi makanan yang tidak dianjurkan karena kandungannya yang berbahaya.

Nah, melihat dari kasus ini sepertinya akan cukup memusingkan dan membingungkan. Dengan demikian anda sebagai wanita hamil tidak bisa terus tergantung dengan saran orang lain atau mempercayai mitos yang beredar dimasyarakat.

Untuk dapat memastikan apa yang anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan baik untuk si janin maka carilah informasi dari sumber yang terpercaya, galilah informasi sebanyak mungkin seputar kehamilan. Dengan begini anda akan dapat menjalankan dan menikmati momen kehamilan anda dengan lebih baik dan percaya diri.

Nah, salah satu jenis makanan yang paling banyak digemari banyak orang saat ini adalah makanan yang terdapat saus didalamnya. Hal inilah yang seringkali diabaikan oleh banyak orang, termasuk pada ibu hamil. Seringkali mereka menganggap bahwa selama ini mereka telah menjaga dengan baik pola makannya. Padahal tanpa mereka sadari, kosumsi saus dalam makanan pun seringkali menjadi hal sepele yang mengundang masalah besar. Termasuk saus mayonaise yang dikonsumsi.

Ya, anda tentu tidak asing dengan mayonaise bukan? Olahan yang dalam masakan Prancis termasuk kedalam kategori saus ini, cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Apalagi bila anda adalah seorang penikmat makanan cepat saji seperti Resep Pizza, Burger, Sandwhich dan masih banyak lagi. Anda akan dengan mudah menjumpai saus yang satu ini. Rasanya yang legit dan nikmat membuat makanan yang disantap terasa lebih seru dan sedap.

Sayangnya, belakangan banyak yang mengatakan bahwa konsumsi mayonaise pada ibu hamil adalah hal yang dilarang dan tidak dianjurkan. Apakah demikian? Adakah bahayanya? Adakah kandungan gizi pada mayonaise? Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Apa Itu Mayonaise?

Sebelum menjawab pertanyaan anda mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil mengkonsumsi jenis saus yang satu ini. Terlebih dahulu kita akan bahas apa itu mayonaise. Mayonnaise atau yang juga dikenal dengan mayones atau mayonais adalah sejenis saus yang terbuat dari campuran minyak nabati yang dikombinasikan bersama dengan telur ayam dan cuka.

Umumnya saus ini digunakan sebagai perasa pada beberapa jenis makanan tertentu. Bahkan pada beberapa mayonaise kandungan yang ada didalamnya hanya menggunakan kuning telur dengan campuran sari buah lemon dan tambahan mustard sebagai perasanya.

Pada beberapa jenis makanan mayonaise seringkali dijadikan saus wajib untuk disertakan pada makanan. Contoh makanan yang menyertakan saus ini sebagai bahan utamanya diantaranya adalah salad buah dengan campuran mayonaise.

Jenis makanan yang dicampur dengan mayonaise umumnya adalah makanan luar atau makanan gabungan ala Indonesia dan makanan khas dari luar. Ketenaran saus ini sudah banyak diterima dilidah masyarakat Indonesia, buktinya saja restoran makanan siap saji yang selalu erat kaitannya dengan mayonaise selalu digandrungi.

Apa Kandungan Gizi yang Ada Pada Mayonaise?

Mayonaise sebagai salah satu makanan pelengkap memiliki fakta gizi yang cukup mencengangkan. Disebutkan dalam satu sendok makan mayonaise terdapat sekitar 57 kalori yang terdiri dari 76 persen lemak, 23 persen karbohidrat dan sebanyak 1 persen protein.

Selain itu, kandungan dalam mayonaise pun melibatkan sekitar 4,92 gram lemak dengan perbandingan lemak jenuh sebesar 0,72 gram, lemak tidak jenuh ganda sebanyak 2.646 gram. Sementara untuk lemak tak jenuh tunggal bisa mencapai 1.323 gram. Bukan hanya itu, olahan saus pelengkap ini pun disebut-sebut memiliki kandungan kolesterol sebesar 4 mg dan masih banyak lagi. Apabila dihitung secara kasar maka mayonaise dapat mendominasi sekitar 3% dari angka kecukupan gizi harian yakni 2000 kalori.

Lalu Bolehkah Ibu Hamil Makan Mayonaise?

Ini mungkin menjadi pertanyaan yang dari sudah membendungi benak anda. Untuk itu, mari simak langsung bolehkah ibu hamil mengkonsumsi saus yang satu ini.

Secara umum hal yang perlu menjadi perhatian ibu hamil dalam mengkonsumsi saus ini terletak pada kandungan telur yang ada didalamnya. Perlu diketahui, telur adalah kandungan utama dalam mayonaise yang mana bisa saja kandungan tersebut memiliki kandungan bakteri salmonella yang dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan si ibu dan bayi dalam kandungannya.

Namun demikian, umumnya untuk mayonaise botolan jenis mayonaise dalam kemasan ini sudah melalui proses pasteurisasi untuk mematikan bakteri yang mungkin masih terjebak didalamnya.

Dengan demikian pada kesimpulannya konsumsi terhadap saus mayonaise tidaklah dilarang selama ibu hamil dapat memastikan bahwa konsumsi saus ini sudah melalui proses pasteurisasi selama pembuatan. Untuk mengetahui proses ini biasanya sudah tercantum dalam kemasan.

Adakah Bahaya dalam Mayonaise?

Sebagaimana dijelaskan diatas, konsumsi terhadap jenis saus ini akan dapat berbahaya bila anda tidak dapat memastikan proses pasteurisasi dalam proses pembuatannya. Pasteurisasi adalah proses yang memungkinkan bakteri dari telur dan bahan lainnya dibunuh dengan baik. Dengan demikian, konsumsi terhadap mayonnaise boleh dilakukan bila saus tersebut telah secara baik di pasteurisasi.

Loading...

Follow us