Beberapa Kebiasaan Buruk yang Memicu Timbulnya Back Pain

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah inilah yang akan cocok kita sisipkan pada pembahas kali ini. Jadi sebelum back pain atau nyeri punggung ini memberikan bahaya yang lebih parah untuk kesehatan, ketahui terlebih dahulu aktivitas atau kebiasaan buruk apa saja yang dapat memicu timbulnya back pain.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang mampu memicu timbulnya back pain pada seseorang.

1. Duduk Lama Sepanjang Hari

Duduk sepanjang hari dengan layar monitor didepan kita memang sebuah pekerjaan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pekerjaan yang menuntut kita terjun kelapangan berjalan-jalan. Namun, tahukah anda ternyata pekerjaan seperti ini berbahaya, terutama bagi anda yang mengabaikan postur tubuh tepat sewaktu duduk seharian. Duduk seharian didepan komputer dapat menyebabkan otot punggung menjadi melemah sebab otot tidak aktif. Selain itu, duduk juga menempatkan 40% lebih banyak tekanan pada tulang belakang dibandingkan dengan berdiri. Untuk itu, beralihlah ke standing desk, dengan menggunakan fasilita standing desk, maka dapat membantu anda menjaga inti dan otot punggun terlibat sepanjang hari. Hanya saja, jika mendapatkan standing desk tidak memungkinkan untuk anda, maka atur posisi duduk 135 derajat sudut. Hal ini dapat mengurangi kompresi dari cakram tulang belakang. Selain itu, pastikan kepala anda lurus, dan tidak menegang ke depan saat menggunakan komputer.

2. Menggendong Tas Besar

Jika anda adalah tipikal orang yang selalu membawa smeua barang penting masik ke dalam tas yang anda gndong, maka ketika sakit punggung atau back pain anda rasakan jangan aneh. Membawa beban berat pada satu sisi tubuh akan menyebabkan bahu anda menjadi tidak seimbang sehingga tulang belakang andapun menjadi tidak seimbang. Untuk itulah sebaiknya bawalah beban secukupnya, jika kondisi mengharuskan anda membawa banyak barang, maka alternatifnya adalah kantongi sebagian barang lainnya.

3. Tidur Diatas Kasur Tua

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa pemakaian masa kasur yang baik adalah 9 hingga 10 tahun. Nah, jika keluhan back pain anda rasakan, coba ingat-ingat kembali mungkin masa pakai kasur anda sudah terlalu tua. Untuk itu, ganti kasur anda dengan kasur yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. Kasur busa bisa menjadi alternatif sebab kasur busa akan membentuk kontur tubuh anda yang memungkinkan tulang anda tetap terjaga lurus sepanjang malam.

4. Stres

Ketika anda mengalami stress, sleuruh tubuh anda termasuk otot-otot yang ada dileher dan punggung akan berkontraksi menegang. Sementara itu, jika anda terus-menerus mengalami stres, maka otot-otot yang ketat dan tegang tidak akan mendapatkan kesempatan untuk bersantai, jika hal ini terjadi maka rasa sakit mungkin akan anda rasakan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari tubuh anda dari penyebab stres dengan banyak melakukan olahraga dan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah serta dapatkan waktu istirahat yang cukup.

Itulah dia beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tanpa kita sadari mampu memicu timbulnya back pain atau sakit punggung. Sakit punggung yang tiba-tiba datang tentu akan terasa begitu menyiksa, apalagi jika sakit yang dirasakan terjadi ketika anda tengah bekerja, hal ini tentunya akan sangat menggangu anda dan pekerjaan anda. Untuk, sebisa mungkin kurangi dan mulai atasi kebiasaan buruk tersebut, agar keluhan back pain tidak anda rasakan. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply