data-ad-format="auto"

Kaku dan Tegang Otot Akibat Duduk Seharian? Berikut Cara Peregangan Otot di Sela Waktu Kerja

Kita semua tahu jika duduk sepanjang hari tidak baik untuk kesehatan. Hanya saja, rutinitas dan pekerjaan, memaksa seseorang untuk duduk didepan layar monitor berjam-jam untuk melakukan sesuatu yang memang sudah menjadi pekerjaannya. Sayangnya, orang-orang yang memiliki rutinitas kurang baik ini, tidak semuanya memiliki waktu atau kesadaran diri untuk diimbangi dengan olahraga atau pegi ke gym. Duduk terus menerus dalam waktu yang tidak sebentar akan menyebabkan anda sering mengalami kaku dan tegang otot.

Berikut beberapa cara peregangan otot sederhana yang bisa anda lakukan disela waktu kerja untuk melemaskan otot-otot yang tegang. 

1. Lakukan Untuk Leher dan Bahu

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Membungkuk di atas keyboard dapat membuat tulang belakang, leher dan bahu menjadi kaku dan tegang. Untuk melemaskan kembali otot-otot ini, anda bisa melakukan cara ini capai lengn anda lewat belakang, kemudian putkan jari anda sehingga telapak tangan berhadapan. Setelah itu, angkat lengan anda sehingga anda merasakan peregangan di bagian dada dan bahu depan. Sementara itu, untuk menghindari leher yang berderak, tarik bahu kebawah. Cara ini bisa anda lakukan dimeja kerja anda (jika ruangan kerja anda cukup lus) atau jika anda merasa kesempitan, anda bisa melakukannya di toilet.

2. Untuk Perut

Capai lengan anda dan bersandar sedikit ke bagian belakang sehingga dada dan tenggorokan mengarah ke atas. Apabila anda mengalami kesulitan sewaktu menyeimbangkan, jaga pandangan anda ke depan atau ke lantai. Kemudian ulangi langkah ini di sisi lainnya.

3. Hip Flexor dan Iliopsoa

Beberapa kelompok otot dapat berada pada resiko tinggi kekakuan setelah seharian aktivitas anda yang hanya duduk didepan monitor. Untuk itu, berikut peregangan yang bisa anda lakukan setelah seharian bekerja untuk menjaga otot tetap rileks. Berlutut dilantai (dengan tulang kering diatas da n kaku sebagai dasar anda, kemudian batang tubuh yang lurus). Setelah itu, angkat kaki kiri anda kemudian tempatkan dilantai dan tahan lutut anda tepat diatas pergelangan kaki. Jaga kedua pinggul anda agar tetap diposisi horizontal ketika anda menggerakan badan ke arah dinding di depan anda, kemudian luncurkan lutut ke depan. Ketika berada diposisi ini, anda mungkin akan merasakan regang di area betis dan achilles. Untuk mendukungnya tempatkan tangan diatas paha kiri anda.

4. Oblique

Dari peregangan fleksor di pinggul (terjang rendah dnegan kaki kiri ke depan, lutut kanna dan tulang kering berada dilantai) selanjutnya capai lengan kiri anda ke sisi anda kemudian menyentuh jari ke lantai atau tumpukan buku untuk mendukung posisi ini. Selanjutnya lengkungkan lengan kanan anda diatas kepala hingga ujung jari kanan mencapai pada posisi kiri tubuh anda. Kemudian tahan kurang lebih selama 20 detik, sambil bernafas dengan teratur. Selanjutnya ulangi hal yang sama dengan beralih tangandan beralih kaki. 

Itulah dia beberapa cara pergangan otot sederhana yang bisa anda lakukan untuk melemaskan otot yang terasa kaku dan tegang akibat kerja seharian dan duduk dikursi seharian.

Loading...

Follow us