data-ad-format="auto"

4 Jenis Minuman Pengganti Air Putih yang Tak Kalah Khasiatnya

Air putih merupakan salah satu minuman sehat dan menyegarkan untuk tubuh kita. Tak bisa dibayangkan, jika tubuh mengalami kekurangan cairan dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dengan segera. Faktanya, seluruh organ tubuh manusia memang membutuhkan asupan sejumlah cairan yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukannya.

Selain itu, air putih memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun jika suatu saat anda merasa bosan dengan konsumsi air putih setiap waktu, maka anda tak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa minuman yang juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Hanya saja, meskipun demikian minuman ini tidak lantas dapat dijadikan pengganti air putih secara keseluruhan. Anda dapat mengkonsumsinya sewaktu-waktu hanya apabila anda merasa jenuh dengan konsumsi air putih yang terus menerus.

Berikut beberapa minuman yang baik dikonsmusi dan memiliki khasiat tak kalah penting dari air putih : 

1. Teh Hijau

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Selain memiliki rasa yang nikmat dan begitu khas, ternyata teh hijau juga terkenal kaya akan khasiat yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya adalah sebagai minuman penurun berat badan, karena kandungan teh hijau yang mampu menyerap lemak dan kandungan polifenol yang dapat menyebabkan intensitas pembakaran lemak lebih cepat jika dikonsumsi secara rutin, mencegah penyakit diabetes karena teh hijau mampu mengatur kandungan kadar gula dalam darah, menghindari resiko kebotakan, hal ini dikarenakan zat ampuh yang terkandung pada teh hijau mampu meningkatkan prosuksi rambut dan mampu beregenerasi, mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi peradangan.

2. Jus Lemon

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan buah berkhasiat ini. Kandungan vitamin C yang begitu kaya pada lemon amat baik untuk kesehatan. Diantaranya kandungan vitamin C mampu menjaga dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh, selain itu kandungan vitamin C pada lemon terbukti ampuh untuk membantu kulit agar tetap sehat karena mampu memproduksi kolagen untuk kulit. Untuk itu, tidak heran jika saat ini banyak dijumpai perusahaan kosmetik ternama yang memanfaatkan khasiat dari buah lemon. Nah, untuk itu, tidak ada salahnya mulai saat ini, masukan jus lemon dalam menu sehari-hari.

3. Daun Mint

Daun mint memang memiliki sejumlah manfaat penting untuk tubuh, namun tahukah anda ketika daun mint dicampurkan pada air mineral dan dijadikan minuman dapat memberikan efek yang mendinginkan dan juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat suhu tubuh dirasa terlalu panas. Selain itu, manfaat lainnya adalah daun mint juga berperan sebagai aroma terapi yang dapat membantu mengurangi stres yang dialami tubuh.

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu meringankan kulit yang teriritasi. Selain itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa jahe dapat memberikan sifat menenangkan dan rasa nyaman pada perut karena kandungan jahe yang begitu hangat. Dengan demikian, sari jahe hangat yang dicampur dengan gula pasir bisa anda jadikan alternatif pilihan, ketika anda mulai bosan mengkonsumsi air mineral karena rasanya yang tawar.

Demikian beberapa jenis minuman yang bila dikonsumsi memiliki khasiat yang tidak kalah dari air putih, kandungan minuman tersebut terbukti ampuh dan baik untuk kesehatan. Untuk itu, beberapa jenis minuman diatas bisa anda jadikan pilihan, ketika anda sudah bosan mengkonsumi air putih.