Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Mampu Menguras Energi

1. Melewatkan Menyantap Sarapan

Banyak orang yang menganggap bahwa sarapan adalah waktu makan yang tidak terlalu penting, selain itu tuntutan waktu biasanya menjadi alasan seseorag untuk tidak menyantap sarapan pagi. Apalagi untuk para pelaku diet, banyak diantara mereka yang menjadikan sarapan sebagai waktu makan yang dipantang. Namun tahukah anda, banyak kerugian yang anda dapatkan dengan melewatkan sarapan pagi, selain buruk untuk kesehatan, tidak menyantap sarapan dipagi hari dapat menguras banyak energi tubuh, akibatnya tubuh terasa lemas dan tidak siap menghadapi aktivitas sehari-hari. Ketika anda melewatkan sarapan pagi, khususnya para pelaku diet, dengan alasan menghidari asupan kalori dipagi hari, hal ini justru keliru, saat anda melewatkan menyantap sarapan dipagi hari, biasanya anda akan cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan di siang hari, yang justru berimbas tidak baik untuk diet yang anda jalani.

2. Bermain Telepon Genggam

Tidak bisa dipungkiri, dengan hadirnya gadget dalam kehidupan kita, membuat manusia menjadi lebih intim dengan gadgetnya dibandingkan dengan mahluk sosialnya. Tidak sedikit orang yang selalu bertemankan gadgetnya kemanapun ia pergi, mulai dari bangun pagi hingga kembali tidur di malam hari, mereka tidak pernah terlepas dari telepon genggamnya. Padahal tahukah anda, kebiasaan menggunakan telepon genggam dimalam hari sebelum tidur ternyata bukanlah kebiasaan baik. Cahaya yang terpancar dari smartphone dan barang elektronik lainnya yang ada dikamar tidur seperti televisi, tablet dan gadget lainnya dapat merusak siklus tidur anda. Sebabnya, karena paparan cahaya dari gadget akan menghambat produksi hormon pengantar tidur atau hormon melantonin yang bekerja atau diproduksi ketika gelap. Akibatnya tubuh akan memasuki mode setengah tidur yang membuat semua sel nya tetap aktif yang akan sangat menguras energi anda.

3. Kurang Minum

Mengkonsumsi air pada dasarnya memang penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain tu, menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan berimbas pada kondisi yang membuat tubuh merasa lemas dan tak berdaya. Kondisi dehidrasi memang tidak akan menjadi ancaman yang serius, hanya saja ketika kondisi ini terjadi akan membuat darah dalam tubuh menjadi lebih kental yang membuat jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa oksigen dan nutrisi pada otot serta organ lainnya. Hasilnya, energi dalam tubuh akan terkuras untuk melakukan pekerjaan internal pada tubuh anda, kondisi ini akan membuat anda menjadi lebih cepat merasa lelah.

Energi yang terkuras habis akan membuat anda merasa lemas tak berdaya, alhasil hal ini akan membuat anda merasa malas menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk itu, ada baiknya gunakan energi seefektif mungkin. Dengan mengetahui kebiasaan yang dapat menguras energi, diharapkan, anda dapat mengurangi untuk tidak melakukan hal-hal tersebut agar energi dalam tubuh tidak terbuang percuma.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel