data-ad-format="auto"

10 Efek Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya sebagian besar orang terutama kaum pria bergadang untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak dapat mereka kerjakan pada siang hari. Namun bagi sebagian besar orang terutama kalangan remaja menganggap bahwa bergadang menjadi kebiasaan yang tentunya umum dan wajar untuk dilakukan. Tidak jarang mereka menghabiskan waktu sepanjang malam untuk melakukan aktifitas tanpa mendapatkan manfaat sama sekali.

Akan tetapi, banyak juga yang melakukan aktifitas bergadang untuk tujuan belajar, bekerja ataupun berbisnis. Terlepas dibenarkan atau tidaknya bergadang, tentu perlu Anda ketahui berbagai efek negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan yang rentan dialami baik oleh pria maupun wanita. Di bawah ini kami sajikan beberapa efek negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan.

Efek Negatif Akibat Sering Bergadang

Seperti yang kita tahu bahwa bergadang merupakan suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang pada waktu malam hari bahkan sampai dini hari. Aktifitas yang umum dilakukan memang ada dua yaitu aktifitas negatif dan juga aktifitas positif. Gaya hidup buruk seperti bergadang memang sangat tidak dianjurkan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan waktu malam bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas baik positif maupun negatif.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Malam hari merupakan waktu yang biologis bagi tubuh untuk beristirahat. Tubuh memerlukan waktu beristirahat sekitar 7-8 jam per hari setelah melakukan aktifitas pada siang hari. Kita wajib tidur setiap malam untuk menunjang hormon kortek adrenal dalam memperbaiki metabolisme tubuh dan juga merileksasi otak dan juga pikiran kita yang penat selepas bekerja pada siang hari.

Namun, ada saja sebagian besar orang masih saja bergadang setiap malam, terkecuali orang yang memang bekerja pada malam hari dan beristirahat pada siang hari. Akan tetapi, perlu Anda tahu bahwa kebiasaan bergadang tersebut menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini, kami jelaskan beberapa efek negatif akibat sering bergadang pada malam hari, diantaranya:

1. Sulit berkonsentrasi karena sakit kepala

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi karena rasa pusing dan sakit kepala yang timbul. Bagaimanapun juga, bergadang memang menyebabkan sakit kepala dan pusing serta kurang berkonsentrasi pada siang harinya. Orang yang biasa bergadang memang cenderung bangun dalam keadaan kepala yang sakit dan pusing. Hal ini tentunya mengakibatkan otak sulit untuk berkonsentrasi. Orang yang bergadang akan nampak lesu dan juga tidak bergairah dalam bekerja ataupun bekerja. Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sewaktu Makan

 2. Sistem imun tubuh menurun

Jangan heran jika sistem kekebalan tubuh Anda menurun, ini merupakan efek negatif akibat sering bergadang. Hal ini tentu diakibatkan oleh sistem metabolisme tubuh dan juga rileksasi tubuh menjadi sangat berkurang. Oleh karena itu, penyakit akan mudah menyerang tubuh kita seperti demam, masuk angin, flu, diare, dan juga perasaan tidak enak pada tubuh. Faktanya memang ketika kita sedang bergadang tubuh akan terus diforsir untuk tetap melakukan pekerjaan. Padahal pada waktu malam hari, tubuh justru memerlukan perbaikan sel-sel tubuh yang kita gunakan pada saat siang hari.

 3. Nafsu makan berkurang

Tidak dapat dipungkiri bahwa bergadang akan berdampak pada kurangnya nafsu makan. Kebutuhan harian tubuh ini memang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Namun, bagaimana jika nafsu makan Anda berkurang? Tentu ini sudah dapat dikatakan zona yang sangat berbahaya. Pola makan yang tidak teratur dan juga hilangnya nafsu makan akan menyebabkan tubuh Anda lemas dan juga terserang penyakit seperti maag, sakit perut, dan juga penyakit lainnya.

 4. Insomnia

Tidak perlu diabaikan lagi efek negatif akibat sering bergadang yang satu ini. Insomnia memang kerap dialami oleh setiap orang baik pria ataupun wanita. Sering bergadang tentunya akan mengubah pola tidur kita. Seseorang yang sering bergadang akan sangat kesulitan untuk tidur pada saat malam serta akan menghabiskan waktu sepanjang malam sampai pagi hari datang.

 5. Diabetes

Pola tidur yang tidak baik serta kebiasaan bergadang akan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Tentunya ketika tubuh kita tidur pada saat malam hari, kadar gula dalam darah akan menurun karena digunakan untuk proses detoksifikasi pada hati. Apabila tubuh tidak tidur pada saat malam hari, tentunya kadar gula pada tubuh akan meningkat. Hal ini akan mengakibatkan seseorang menderita penyakit diabetes tipe-2.

6. Anemia

Kurang tidur tentunya akan berakibat pada menurunnya tekanan darah yang sering kita sebut sebagai anemia. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh produksi sel darah merah dan juga hormon terganggu akibat sistem metabolisme tubuh yang tidak seimbang.

 7. Penyebab kanker

Jangan abaikan efek negatif akibat sering bergadang yang satu ini. Terdengar klise memang, bahwa bergadang dapat mengakibatkan penyakit kanker. Namun, jika Anda terus-terusan melakukan kebiasaan buruk ini, tidak menutup kemungkinan tubuh kita akan terkena serangan kanker. Faktanya, bergadang akan mempengaruhi produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk mengatur irama sirkadian (sistem biologis pada tubuh). Hormon ini sangat membantu dalam memerangi sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker prostate dan juga penyakit Parkinson. Jika produksi hormon ini terganggu, maka cepat atau lambat akan menyebabkan sel-sel kanker tumbuh tanpa ada halangan sama sekali.

 8. Kesuburan terganggu

Bagi Anda yang memang sangat mengidam-idamkan untuk mendapatkan keturunan, tentu saja Anda harus menghindari kebiasaan bergadang. Bagaimanapun juga, bergadang memang sangat mempengaruhi kesuburan baik pada wanita maupun pada pria. Hal ini akan mengakibatkan kualitas sperma dan juga ovum menjadi tidak baik serta mempengaruhi siklus mentruasi.

 9. Hipertensi, Jantung dan Stroke

Tentu saja, Anda sudah tahu apa bahaya yang ditimbulkan dari tiga penyakit ini. Ketiga penyakit ini ditimbulkan salah satunya dengan bergadang. Hipertensi dan juga serangan jantung awalnya disebabkan oleh insomnia yang berlebih. Waktu malam hari yang seharusnya digunakan sebagai waktu untuk tubuh beristirahat, justru akan menyebabkan peradangan pada arteri yang menimbulkan penumpukan flak pad pembuluh darah sehingga tubuh akan rentan terkena penyakit jantung dan stroke.

 10. Stress dan muka pucat

Tentunya jika Anda sering bergadang akan meningkatkan lingkaran mata dan juga kantung mata sehingga muka terlihat sangat pucat. Hal lain yang akan Anda dapatkan dari efek negatif akibat sering bergadang adalah stres. Tidak tidur semalaman tentu akan membuat pikiran Anda terganggu dan tidak tenang. Lambat laun jika hal ini terus Anda alami, maka akan memicu timbulnya stres sehingga psikologis seseorang menjadi terganggu seperti mudah marah dan juga  cenderung labil.

Bagaimana berbahaya bukan? Setelah kita mengetahui efek negatif akibat sering bergadang, tentunya kita harus menghindari kebiasaan tersebut sebisa mungkin. Tentu saja, Anda tidak ingin berbagai penyakit yang telah kami jelaskan diatas menyerang Anda. Oleh sebab itu, hal pasti yang harus Anda lakukan untuk menghindari segala kemungkinan terjadi yaitu cobalah untuk mengubah gaya hidup Anda dan juga kebiasaan bergadang. Demikianlah yang dapat kami jelaskan dari efek negatif akibat sering bergadang yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

 

Loading...

Follow us