Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sewaktu Makan

Tanpa disadari seringkali kita melakukan beberapa kegiatan buruk tersebut dan bahkan mungkin kegiatan tersebut sudah menjadi kebiasaan. Namun jika anda sudah mengetahui dampak dan sebabnya mengapa kebiasaan buruk tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan, mungkin anda akan mulai mengurangi perilaku tersebut agar kesehatan anda terjaga.

Nah, apa sajakah kebiasaan-kebiasaan tersebut? Kita simak berikut ini.

1. Makan di Jam yang Terlalu Larut

Menyantap makan besar atau sekedar ngemil banyak sekali dilakukan orang. Terutama bagi mereka yang memiliki jam malam karena beberapa alasan terntentu seperti misalkan karena pekerjaan atau memiliki kepentingan lain yang membuat mereka harus terjaga hingga larut malam. Terjaga hingga larut malam seringkali membuat kita akan merasa kelaparan, sehingga menyantap sembarang makanan termasuk dengan cemilan yang belum tentu bergizi. Namun tahukah anda makan terlalu larut akan membuat anda memiliki perut yang buncit dan kualitas tidur anda menurun karena organ pecernaan yang seharusnya beristirahat, malah digunakan untuk mencerna makanan yang anda konsumsi saat larut malam. Nah, oleh sebab itu sebaiknya atur jam makan malam anda yang bisa diseimbangkan dengan jam tidur anda.

2. Makan Sebagai Penghilang Stres

Mengkonsumsi makanan yang menjadi favorit kita tentu adalah hal yang menyenangkan. Hal tersebut terkadang membuat seseorang ketagihan dan kecanduan untuk makan demi rasa senang. Rasa senang yang dihasilkan ketika menyantap makanan favorit terkadang seringkali dijadikan sebagai penghilang rasa sakit atau bahkan penghilang penat sewaktu stres. Namun tahukah anda, sebenarnya hal ini tidaklah baik. Menyantap makanan dengan rasa yang senang juga dialami oleh para penderita obesitas dimana mereka merasakan rasa bahagia yang tak terkira dan akhirnya lupa akan masalah yang dirasakannya. Namun tentunya, tanpa adanya kendali dari makanan maka obesitaslah yang akan anda dapatkan.

3. Makan Dalam Jumlah Besar

Makan dalam jumlah besar adalah hal yang wajar, terutama oleh mereka yang makan sambil menonton Tv atau sedang mengobrol. Tetapi makan dalam jumlah besar dapat menyebabkan obesitas, sehingga perlu diketahui bahwa seharusnya anda makan dalam jumlah yang benar-benar anda butuhkan. Sementara itu, tips untuk dapat mengontrol jumlah makanan yang anda konsumsi adalah dengan membiasakan makan di meja makan.

4. Makan Terlalu Cepat

Makan dengan ritme yang terlalu terburu-buru tentu tidaklah baik untuk kesehatan dan dapat mengakibatkan gangguan pada perut. Ketika anda makan dengan terburu-buru, maka akan timbul penekanan udara yang begitu berlebihan sehingga berakibat pada perut yang kembung. Selain itu, mungkin anda juga tidak akan mengunyah dengan sempurna, hanya air liur yang menghancurkan makanan. Kebiasaan seperti ini tentunya akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan sangat keras yang akhirnya bisa berujung pada gangguan pencernaan.

Nah, itulah dia beberapa kebiasaan buruk yang tidak sebaiknya anda lakukan sewaktu makan untuk menghindari keluhan dan gangguan kesehatan yang mungkin terjadi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel