data-ad-format="auto"

Tips Pintar Terapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Istilah Baby Led Weaning (BLW) mungkin sudah tak lagi asing untuk anda.

Dan bahkan mungkin sebagian ibu sudah mulai merencanakan untuk menerapkan metode ini pada buah hatinya, namun belum terlalu paham bagaimana cara terbaik mengaplikasikannya pada si kecil.

Ya, metode Baby Led Weaning atau sebuah pendekatan dengan membiarkan buah hati menyantap makanan bayi padatnya seorang diri adalah metode yang tengah trend dan ramai dibicarakan pada saat ini.

Metode ini dianggap sebagai salah satu pendekatan baik guna mengajarkan anak untuk bisa makan dengan mandiri sejak ia dini. Lewat metode ini anak-anak yang sudah siap diberikan makanan pendamping ASI akan dibiarkan memilih dan mengunyah sendiri makanan yang diambilnya tanpa ada campur orangtua dalam membantu anak mencerna makanan tersebut. Hanya saja, peranan orangtua dalam mengawasi dan mengontrol si buah hati akan menjadi hal pendukung yang amat dibutuhkan dalam hal ini.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Anak bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan memang sudah saatnya diperkenalkan pada makanan pendamping selain daripada ASI yang diberikan oleh ibunya (Baca: Makanan Bayi 6 Bulan). Hal ini dikarenakan pencernaan pada bayi sudah membuatnya siap mencerna jenis makanan lain yang lebih padat. Selain itu, usia 6 bulan membuat si bayi telah membutuhkan makanan dengan kandungan gizi yang lebih besar dengan rasa yang lebih enak. Sehingga demikianlah, pada usia ini ibu sudah mulai bisa memberikan mereka asupan makanan lain yang bergizi.

Akan tetapi, tidak mudah memang menerapkan hal ini pada si kecil. Apalagi bila anda adalah seorang ibu baru yang minim dengan pengalaman mengurus anak. Rasa khawatir dan besarnya cinta anda pada si kecil mungkin akan menjadi kendala yang cukup besar untuk anda membiarkan mereka makan sendiri dan mengunyah sendiri makanannya.

Sementara itu, anggapan anda yang mampu menyuapi dan melayani mereka dengan baik akan mungkin membuat anda merasa tidak tega pada mereka. Nah, sebagai bahan pertimbangan mari kita pahami lebih jauh apa itu Baby Led Weaning.


Pengertian Baby Led Weaning

Istilah Baby Led Weaning mungkin sudah banyak dikenali ibu-ibu perkotaan yang menginginkan anaknya menjadi lebih mandiri sejak ia masih kecil. Lewat metode ini si bayi dibiarkan untuk mengambil sendiri makanannya dan menikmati apa yang ia pilih.

Selain dapat mencicipi sendiri berbagai jenis makanan, si bayi pun memiliki semangat untuk mencoba makanan sehat. Adapun jenis makanan yang bisa disesuaikan dalam menerapkan metode ini pada si kecil adalah jenis makanan finger food, yakni makanan yang memungkinkan untuk diraih oleh tangannya yang mungil.

Metode ini lebih menekankan agar si bayi bisa makan sendiri apa yang menjadi pilihannya dan mengeksplor banyak hal dari apa yang ia pilih. Pada pokoknya, metode ini memungkinkan si bayi makan makanan padat untuk pertama kalinya oleh tangannya sendiri.

Tidak ada bubur, puree atau makanan halus yang diberikan lewat suap-suapan dengan menggunakan sendok. Melainkan si anak dibiarkan memilih sendiri makanan yang dihidangkan dan mengunyah sendiri makanan yang ia masukkan kedalam mulutnya.

Lantas apakah metode ini aman dan sehat untuk memperkenalkan makanan pada bayi? Para ahli menjawab ya. Sebuah penelitian menunjukan bahwa efek jangka panjang dari pendekatan metode ini akan dirasakan oleh si anak pada saat ia bernajak besar.

Selain itu metode ini mampu mengarahkan anak pada kebiasaan makan sehat dan penurunan balita obesitas dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak diberikan pendekatan metode ini pada saat orangtuanya memperkenalkan makanan pada mereka.

Selain itu, pendekatan yang memberikan keleluasan anak untuk memilih makanannya sendiri dengan mengatakan "ayo, silahkan makanlah, nak! dan menawarkan anak bayi untuk makan dengan menempatkan makanan tepat didepanya akan membuat mereka mendapatkan kontrol dari pross makanan.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menerapkan metode Baby Led Weaning pada si kecil.


Tips Pintar Terapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Makan Bersama

Makan bersama dengan anggota keluarga adalah waktu yang sangat berharga, dimana ini pun bisa menjadi saat yang tepat untuk si bayi mengasah kemampuan BLW nya dengan baik. Tempatkan semua menu makan di meja makan dan minta semua orang bergabung untuk makan, termasuk menempatkan si kecil pada high chair-nya. Berikan ia makanan yang serupa dengan makanan anggota keluarga lainnya. Akan tetapi tentunya makanan tersebut adalah jenis makanan yang mudah di kunyah dan ditelan.

Sifat si kecil yang suka meniru, akan membuat ia merasa bersemangat makan sendiri. Selain itu, anda, pasangan dan si kakak pun akan merasa terhibur dengan hadirnya si kecil bersama dengan anda dan ketika mereka melihat cara makan si kecil, ini akan mungkin menjadi tontonan yang lucu.

Pilihan Makanan

Tidak terlau sulit memilih makanan untuk diberikan pada si kecil. Hal ini dikarenakan anak bayi tentunya belum mengetahui ragam dan jenis makanan yang "ia sukai" sehingga demikian ia mungkin belum mampu memilih makanan apa yang menjadi favoritnya, berbeda dengan anak balita yang cenderung lebih memilih makanan karena mereka sudah paham betul rasa apa yang mereka sukai.

Untuk itu, maka tidak ada salahnya anda memberikan semua jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Beberapa makanan seperti wortel, brokoli dan semua jenis sayuran bisa ibu berikan untu mereka. Cara penyajiannya pun bisa dibuat dengan dikukus. Sehingga nantinya akan memungkinkan si kecil untuk lebih mudah mengunyahnya.

Sementara untuk buah-buahan seperti pisang atau pepaya, ibu bisa memotongnya dengan ukuran yang pas untuk jari-jari mungilnya sehingga nantinya akan lebih mudah untuk si kecil membawa dan memasukkannya kedalam mulutnya.

Tentu saja, janagn memotong makanan terlalu besar guna menghindari bahaya tersedak pada si kecil yang belum sempat mengunyah. Cukup potongan yang kecil yang muat di jari-jarinya akan mempermudah mereka mencerna makanan tersebut.


Berikan Beberapa Pilihan

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga senang diberikan banyak pilihan. Selain itu, pilihan yang beragam dalam memberikan makanan akan membuat si kecil leluasa untuk dapat menentukan apa yang akan ia santap. Selain itu, memberikan banyak pilihan juga dapat mengeksplor rasa dan tekstur yang baru untuk si kecil dan menghindarkan anak-anak dari kecenderungan menjadi pemilih makanan atau picky eater.

Untuk itu, jajarkan beberapa jenis makanan seperti sayur, buah atau jenis makanan lainnya yang aman. Ibu juga bisa memberikan mereka cemilan yang beragam, seperti biskuit, kue-kue atau makanan lain yang aman untuk mereka.

Aturan Menerapkan BLW

Asupan Gizi, Apakah Mencukupi?

Bayi yang sudah mulai terbiasa dan menikmati dengan Baby Led Weaning akan mencoba semua makanan yang dimakan oleh mereka yang lebih besar. Bila si bayi memiliki kakak yang lebih besar, maka sebaiknya pastikan bila si kakak tidak sembarang memakan snack atau makanan ringan dihadapan si kecil untuk menjaga-jaga si kecil mengkonsumsi makanan yang sembarang.

Selain itu, anda pun perlu memantau jenis makanan apa saja yang masuk ke mulut si buah hati. Jangan sampai tanpa sepengetahuan anda si kecil malah mengkonsumsi apa saja yang masuk kedalam mulutnya. Disamping itu, tetaplah memberikan ASI sampai usianya 2 tahun guna menjaga kekebalan tubuhnya.

Waktu yang Pas Menerapkan BLW

Biarkan buah hati anda makan sendiri ditengah-tengah sarapan dan waktu makan siangnya, serta pada sore hari sebelum menjelang makan malam. Jangan biarkan waktu BLW dilakukan pada saat si kecil benar-benar sedang lapar, karena bisa jadi si kecil malah mengamuk apabila jenis makanannya tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan, seperti misalkan terlalu hambar atau mungkin terlalu keras.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menerapkan metode pendekatan Baby Led Weaning atau BLW.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us