data-ad-format="auto"

Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Ke-3

Minggu ketiga kehamilan ibu hamil sudah dapat dengan jelas mengetahui tanda pasti kehamilan.

 

Meskipun pada usia kehamilan minggu pertama hingga minggu ke empat merupakan proses persiapan dan mematangkan ovum akan tetapi tanda kehamilan pasti sudah dapat diketahui oleh ibu hamil .

Pada minggu kedua kehamilan tubuh ibu mempersiapkan diri untuk ovulasi sedangkan pada minggu ketiga merupakan ovulasi.Kondisi ini merupakan persiapan untuk dibuahi dan juga dilempar dari ovarium sehingga menuju uterus. Bahkan minggu ini merupakan minggu terakhir anda akan mengetahui siklus menstruasi .

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda tanda kehamilan minggu ke 3

Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur kondisi ini akan tampak jelas.Sedangkan bagi anda yang tidak memiliki siklus menstruasi teratur sulit menentukan kehamilan apabila hanya dari tanda kehamilan saja .

Pada minggu ketiga ovulasi menyebabkan terjadinya produksi estrogen yang merangkak naik sehingga menimbulkan kenaikan hormon luteinizing yang dominan dalam melepas sel telur yang sudah matang dari ovarium menuju ke tuba Failopi .

Pada saat ovulasi berlangsung tubuh mengalami kenaikan suhu tubuh yang sangat drastis ketika bangun tidur. Adapun tanda-tanda kehamilan di minggu ke 3, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Terjadinya Pendarahan

Pendarahan berupa flek warna merah muda pada celana dalam yang seringkali dikatakan sebagai darah menstruasi. Padahal jumlah darah yang dialami sangat sedikit dibandingkan darah menstruasi bahkan untuk waktu berlangsung cukup singkat.Hanya terjadi satu atau dua hari saja.

Anda tidak perlu khawatir, ini merupakantanda kehamilan dibulan pertama kehamilan bahkan pada minggu ketiga kehamilan.

2.Merasa Lelah

Selanjutnya adalah kondisi fisik anda yang sering lelah. Kondisi ini sering disertai dengan nafas yang pendek bahkan mengalami kondisi fisik yang berbahaya seperti pingsan.

Kondisi ini wajar terjadi pada minggu ketiga kehamilan. Rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil di minggu ini karena pengaruh dari hormon.

3.Perubahan Buah Dada

Perubahan buah dada menyerupai gejala PMS. Kondisi ini disertai dengan rasa pegal atau buah dada semakin membesar. Bagian aerola semakin membesar dengan perubahan warna yang semakin menghitam. Perubahan buah dada ibu hamil di usia kehamilan 3 minggu merupakan salah satu proses adaptasi untuk mempersiapkan produksi ASI .

4.Perubahan Suasana Hati

Secara langsung perubahan suasana hati dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang  mulai diproduksi tubuh. Wanita hamil akan tiba-tiba merasakan sedih, merasakan bahagia atau merasakan marah, Hampir mirip dengan gejala PMS hanya akan berlangsung lama, bahkan hingga trimester pertama berakhir.

5. Buang Air Kecil yang Lebih Sering

Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah buang air kecil yang lebih sering. Terjadi dorongan buang air kecil hingga 10 menit yang merupakan tanda kehamilan.Bahkan frekuensi akan semakin sering ketika anda memasuki kehamilan usia 37 minggu.

Buang air kecil yang lebih sering ini berlangsung pada trimester awal kehamilan dan akan terjadi kembali di trimester ketiga kehamilan. Tidak perlu khawatir ini adalah kondisi normal yang terjadi karena adanya tekanan rahim .

Itulah yang terjadi pada kehamilan usia 3 minggu, dimana ibu akan mengetahui tanda awal kehamilan meskipun masuk dalam tanda tidak pasti atau tanda kemungkinan. Hanya saja bagi anda yang ingin mengetahuinya dengan pasti lakukan test kehamilan menggunakan testpack atau dengan menggunakan test kehamilan menggunakan bantuan medis, seperti USG dan lainnya. Konsultasikan perubahan yang terjadi selama kehamilan sehingga dapat mendeteksi dini tanda bahaya kehamilan .