data-ad-format="auto"

Tanda Kehamilan Pasti, Tidak Pasti dan Kemungkinan

 

Betulkah saya hamil?Mari cari tahu tanda-tanda kehamilan pasti, tidak pasti dan juga kemungkinan yang dialami oleh wanita hamil .

 

Tanda kehamilan yang dialami oleh wanita hamil dibagi menjadi tiga kategori yaitu tanda dugaan/tidak pasti, tanda kemungkinan dan juga tanda pasti hamil.Masing-masing akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Pertama adalah tanda kemungkinan atau dikenal dengan tanda dugaan hamil. Tanda ini dapat menjadi tanda-tanda kehamilan atau dipengaruhi oleh kondisi kesehatan.Berikut adalah tanda-tanda tidak pasti hamil diantaranya  :

1.Amenorea

Kondisi ini sangat umum dan banyak menduga kehamilan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi .Padahal bagi wanita yang mengalami siklus tidak teratur sulit untuk menjadikan kondisi ini sebagai tanda kehamilan . Sedangkan bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, penting untuk dapat menentukan hari pertama dan terakhir menstruasi. Sehingga dapat ditentukan sebagai tanda kehamilan .

tanda kemungkinan tanda pasti kehamilan

2. Mual dan Muntah

Terjadi pada trimester pertama kehamilan.Kondisi ini dialami pada pagi atau malam hari bahkan lebih terkenal dengan istilah morning sickness .

Hanya saja sebagain wanita mengira bahwa tanda mual yang dialaminya disebabkan karena gangguan kesehatan. Untuk membedakannya, mual karena tanda kehamilan sering terjadi pada siang atau malam hari tanpa diketahui penyebabnya .

3.Sering Buang Air Kencing

Pada bulan pertama kehamilan, wanita mengalami kondisi buang air kecil yang lebih sering. Pada bulan pertama kehamilan uterus membesar dan juga menekan pada kandung kemih. Memasuki trimester kedua , kondisi ini akan hilang dengan sendirinya.Muncul kembali pada trimester akhir kehamilan .

4.Perubahan Bentuk Buah Dada

Tanda tidak pasti kehamilan selanjutnya dalah mammae yang membesar. Perubahan bentuk buah dada ini dipengaruhi oleh estrogen dan progesteron yang merangsang alveoli payudara. Inilah yang menyebabkan kelenjar montgomery terlihat lebih besar.

5. Striae dan Hiperpigmentasi Kulit

Tanda dugaan/ tidak pasti  kehamilan selanjutnya adalah adanya perubahan warna kulit pada bagian hidung, pipi dan juga dahi.Bahkan pada bagian areola mammae yang menghitam , pada linea alba yang nampak mengalami perubahan warna menjadi lebih hitam.

6. Obstipasi

Kondisi ini dikarenakan tonus otot yang menurun yang disebabkan karena terjadinya pengaruh hormon steroid .

7. Varises

Meskipun sering terjadi pada trimester  akhir kehamilan . Pada bagian kaki, betis, fossa poplitea dan daerah genetalia eksternal. Pada bagian multigravida kadang varises ditemukan pada kehamilan terdahulu, pada bulan kesatu hingga bulan ketiga kehamilan .

Inilah Tanda-Tanda Kemungkinan Hamil , diantaranya adalah :

1.Tanda Hegar

Mengetahui tanda ini dengan meletakan dua jari pada forniks posterior dan tangan lain yang berada pada bagian dinding perut diatas simpisis pubis. Inilah yang akan terasa pada korpus uteri yang seakan terpisah dengan serviks. Pada kehamilan minggu ke 6 hingga minggu ke 8, pemeriksaan bimanua dapat diketahui dengan tanda hegar ini .

2. Tanda Piskacek

Selanjutnya tanda pembesaran uterus yang tida merata hingga dapat terlihat menonjol pada kejurussan uterus yang semakin membesar. Kondisi ini dimana uterus dalam keadaan hamil tumbuh dengan cepat pada tempat implantasinya .

3. Tanda Braxton Hicks

Selanjutnya yang berhubungan dengan tanda kehamilan muda, yaitu kira-kira pada minggu ke 20. Sehingga pada minggu ini air ketuban jauh lebih banyak dengan menggoyangkan uterus yang ditekan sehingga janin akan melenting dalam uterus. Kondisi inlah yang diketahui sebagai ballottement.

4.Tanda Chadwick

Kondisi ini ditandai dengan adanya perubahan warna. Perubahan warna yang terjadi pada bagian selaput lendir vulba dan juga vagina yang semakin ungu.

5. Hasil Positif Saat Test Kehamilan

Test kehamilan sangat membantu anda dalam mengetahui tanda-tanda yang dialami secara fisik dan psikis merupakan tanda yang berhubungan dengan kehamila atau gangguan keehatan. Test kehamilan yang negatif dan anda belum mendapatkan menstruasi, mungkin anda terlalu cepat menggunakan test kehamilan .

Sehinga test kehamilan yang baik dilakukan adalah beberapa tujuh hari setelah berhubungan. Anda dapat menunggu kembali beberapa hari, untuk melakukan test ulang. Lakukan test kehamilan dengan menggunakan testpack pada pagi hari.

Sedangkan untuk mengetahui tanda pasti kehamilan harus dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan bantuan medis, dokter kandungan atau bidan. Inilah yang dapat menentukan tanda pasti kehamilan diantaranya adalah :

1.Gerakan Janin

Gerakan janin di dalam rahim sudah dapat terlihat dengan menggunakan USG. Bahkan dokter kandungan atau bidan dapat mengetahui gerakan untuk menentukan kehamilan yang sehat. Selanjutnya adalah janin sudah mulai teraba dengan pemeriksaan lebih lanjut, bidan atau dokter kandungan dapat meraba janin. Bahkan sudah dapat meraba bagian-bagian janin sehingga dapat megidentifikasi janin sesuai dengan usia kehamilan yang sedang berlangsung.

2. Detak Jantung Janin

Bidan atau dokter kandungan sudah dapat memprediksi detak jantung janin dengan menggunakan stetoskop leanec, alat dopler dan juga alat kardiotokografi sehingga dapat dengan langsung mendengarkan detak jantung janin.

Bahkan detak jantung janin dapat dilihat dengan menggunakan ultrasonografi. Bahkan dengan pemeriksaan yang lebih canggih dapat juga menggunakan rontgen dalam melihat kerangka janin.

Selain itu , tanda kehamilan diatas dapat juga dijadikan sebagai diferensial diagnosa kehamilan. Dimana kehamilan harus dapat dibedakan dengan keadaan sehat atau penyakit yang diketahui berdasarkan tanda kehamilan yang terjadi :

1.Hamil Palsu

Kondisi ini seringkali disebut dengan kondisi pseudocysis atau hamil palsu. Dimana terdapat aminorhe , kondisi perut wanita yang membesar akan tetapi tanda kehamilan yang dialami dan juga hasil test kehamilan negatif.

2. Miomi Uteri

Kondisi ini ditandai dengan perut yang semakin membesar dimana perabaab pada rahim yang akan terasa padat dan juga mengalami berbenjol-benjol. Kondisi ini ditandai karena kehamilan yang negatif dan tidak dijumpai tanda kehamilan lainnya.

3.Kistoma Uteri

Pada kondisi ini wanita mengalami aminorhe dimana ditandai dengan perut yang membesar akan tetapi uterusnya sebesar biasa saja .  

4.Vesika Urinaria dengan Retensi Urine

Pembesaran uterus sendiri yang seperti biasa kemudian tanda kehamilan dan juga reaksi kehamilan dengan menggunakan test kehamilan yang negatif. Kondisi ini karena hematometra Uterus yang semakin membesar karena tensi darah yang disebabkan karena stenosis vagina atau juga serviks.

Itulah tanda-tanda kehamilan yang mungkin dapat anda ketahui, tanda pasti, tanda tidak pasti ataupun tanda kemungkinan kehamilan. Tanda-tanda tersebut dapat berbeda dialami oleh setiap wanita, ada yang mengalaminya adapula yang hanya mengalami beberapa tanda saja, terlebih kondisi fisik wanita yang bereda-beda .

Serangkaian pemeriksaan kesehatan dapat membantu anda untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan.Test kehamilan dengan menggunakan testpack atau dengan bantuan medis seperti pemeriksaan USG, pemeriksaan detak jantung janin atau lainnya .

Konsultasikan dengan dokter /bidan ketika mengalami perubahan atau tanda-tanda awal kehamilan abnormal untuk dapat mendeteksi dini terjadinya gangguan pertumbuahan atau perkembangan kehamilan  .

Loading...

Follow us