data-ad-format="auto"

Tanda-Tanda Kehamilan Bulan Kedua

Memasuki usia kehamilan dua bulan beberapa tanda-tanda kehamilan harus anda ketahui. inilah beberapa tanda yang dapat membantu anda untuk mengetahuinya. 

 

Memasuki usia kehamilan dua bulan, embrio sudah mulai tumbuh dengan ukuran yang lebih besar dan dikatakan sebagai zygot. Pada kehamilan dua bulan perkembangan penting terjadi.Terbentuknya organ bayi dan juga detak jantung bayi suda mulai terasa secara perlahan.

Pada awal minggu memasuki usia dua bulan janin akan memberikan irama jantung yang lebih stabil. Bahkan pada minggu ini sudah mempersiapkan untuk dapat berkembang dan saraf otak berfungsi. Sedangkan pada usia kehamilan 9 minggu atau minggu akhir jenis kelamin sudah dapat diprediksi meskipun tidak begitu jelas.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda tanda kehamilan dua bulan

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil kian terasa. Meskipun demikian masih banyak ibu hamil yang masih meraba-raba tanda kehamilan di usia dua bulan. Berikut ini adalah tanda fisik dan perubahan emosional yang dialami oleh ibu hami di bulan ke dua.

Perkembangan dan gejala fisik yang dialami oleh ibu hamil di kehamilan dua bulan yaitu ditunjukan dengan test kehamilan . Anda dapat menggunakan testpack untuk memastikan kehamilan anda, apabila anda sedang hamil maka hasil testpack akan menunjukan dua garis.

Masih berupa tanda fisik dimana tanda awal kehamilan selanjutnya adalah megalami morning sickness. Morning sickness terjadi pada pagi atau malam hari ditandai dengan kondisi mual. Mual yang dialami oleh ibu hamil akan berangsur membaik setelah berakhir trimester pertama akhir.

Kemudian yang tidak kalah penting sebagai pertanda kehamilan di usia dua bulan adalah mengalami lelah dan letih yang tidak tertahankan. Bahkan dapat mengakibatkan pusing dan pingsan. Sebaiknya aktivitas ibu hamil di usia ini sangat diperhatikan, tidak membuat kelelahan untuk mengurangi risiko keguguran yang sering terjadi pada trimester pertama.

Ciri selanjutnya diusia kehamilan dua bulan yaitu merasakan kram atau sakit perut yang menyerupai gejala PMS. Meskipun demikian kram yang terjadi pada ibu hami di usia dua bulan bukan merupakan kram yang disertai dengan pendarahan. Apabila anda mengalami kram yang tidak tertahankan dan disertai dengan pendarahan dalam jumlah yang lumayan banyak, konsultasikan dengan dokter.

Selanjutnya adalah perubahan dan emosional yang dialami oleh ibu hamil berupa perasaan yang belum siap, perasaan takut, perasaan cemas bahkan perasaan yang tidak percaya bahwa anda sedang hamil. Dukungan dari suami dan keluarga sangat membantu dalam menangani gejala emosional ini.

Perubahan mood yang terjadi pada ibu hamil masih dialami pada usia kehamilan dua bulan. Kondisi ini ditandai dengan perasaan bersalah dan khawatir membuat janin akan terganggu dalam perkembangan dan pertumbuhannya.Pengetahuan kehamilan sangat diperlukan oleh ibu hamil dan juga suami untuk mendukung kehamilan yang sehat.

Dengan demikian dapat disimpulkan ciri umum tanda orang hamil di usia dua bulan adalah sebagai berikut :

1. Tubuh akan mengalami perubahan gula darah.

2. Tubuh sudah mulai dapat beradaptasi dengan progesteron dan juga peningkatakan volume darah.

3.Mengalami mual dan muntah , morning sickness yang lebih kuat dan berakhir pada usia kehamilan 3 bulan.

4. Mengalami mudah lelah dan ingin istirahatlebih banyak.

5. Perubahan perut semakin terasa dimana perut semakin membesar dan berat badan naik.

6.Lebih sering ngidam karena tubuh sedang menyesuaikan gizi makanan.

7. Sering mengalami buang air kecil akibat efek dari rahim yang tertekan oleh janin. 

Loading...

Follow us