Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Mineral Ibu Hamil

Ibu hamil diharuskan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung mineral. Mungkin anda mengalami kebingungan untuk memilih makanan apa aja yang baik dikonsumsi pada saat hamil, serta mendukung dalam memproduksi ASI bagi sang buah hati. Fosfor salah satu hal penting bagi wanita hamil, terutama untuk membentuk tulang dan juga gigi pada bayi. Sedangkan Air putih yaitu minuman paling baik dikonsumsi oleh semua orang termasuk bagi wanita hamil dan ibu yang sedang menyusui. Selain itu ada beberapa kandungan mineral yang harus dicukupi oleh kebutuhan ibu hamil.

Berikut adalah beberapa mineral penting yang harus tercukupi kebutuhannya oleh ibu hamil :

ZAT BESI

Zat besi yaitu suatu zat yang ada pada tubuh manusia yang memiliki kaitan dengan ketersediaan darah yang dapat mengangkut oksigen pada sel-sel tubuh. Kebutuhan zat besi (fe) pada ibu hamil setiap bulannya mengalami peningkatan. Itu disebabkan oleh meningkatnya hormon pada ibu hamil, dan terbentuknya plasenta. Kebutuhan zat besi (fe) pada wanita dewasa mencapai 26 mg setiap harinya. Zat besi ini berfungsi sebagai penghantar oksigen serta pembentukan energi. Kebutuhan zat gizi (fe) Pada ibu hamil :

  • Trimester 1 : pada awal kehamilan ibu hamil belum membutuhkan kebutuhan zat gizi yang meningkat. Kebutuhannya sama dengan wanita berkisar 26 mg setiap harinya.
  • Trimester 2 : pada saat trimester ini kebutuhan zat gizi ibu hamil bertambah sebanyak 9 mg setiap harinya.
  • Trimester 3 : biasanya bertambah hingga 9 mg setiap harinya.

Kebutuhan zat besi terdapat pada telur, ikan, daging, hati, buah, sayuran, kacang-kacangan serta susu. Hal itu penting bagi menjaga kehamilan, serta mencegah terjadinya anemia. Jika dengan makanan, kebutuhan ibu hamil masih tidak terpenuhi maka disarankan untuk konsultasikan dengan dokter kandungan. Jika perlu anda dapat meminta tambahan vitamin pada dokter anda.

YODIUM

Yodium adalah zat gizi yang sangat penting bagi terbentuknya hormon tiroid. Hormon tiroid ini sangat penting bagi perkembangan bagi otak bayi. Janin akan mengalami kretinisme jika pada saat anda hamil anda kekurangan yodium. Selain itu kandungan yodium penting bagi pertumbuhan otak pada janin serta mencegah risiko keguguran.Yodium sangat mudah di temukan pada menu makanan sehari hari, anda dapat menemukannya pada garam beryodium, ikan, udang, rumput laut ,kerang dan susu.

KALSIUM

Meningkatnya kebutuhan kalsium pada ibu hamil, dikarenakan untuk mencukupi kebutuhan dan pertumbuhan janin. Setiap harinya  janin mengumpulkan 20-30 mg kalsium dari sang ibu. Jika sang bayi mengalami kekurangan kalsium, maka dia akan menyerap langsung kalsium pada tulang sang ibu. Penuhi kebutuhan Kalsium sebanyak 1000 mg setiap hatinya, kalsium terdapat pada susu, keju 1-2 lembar, brokoli, secangkir yogurt, ikan sarden, salmon, dan lain sebagainya. Makanan tersebut sangat penting untuk mencegah pre-eklampsia, pertumbuhan otot, jantung, saraf, sistem enzim pada janin, serta mengurangi resiko keracunan pada ibu hamil. Dengan demikian ibu hamil harus meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalsium agar kalsium tulang anda tidak terserap oleh bayi.

ZAT SENG

Zat seng (Zn) ialah mineral esensial untuk manusia yang sangat penting untuk kesehatan pada  ibu dan bayi. Zat seng (Zn) ini berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh atau imun, pertumbuhan pada janin juga membantu pertumbuhan dalam sistem syaraf pusat. Kandungan seng (Zn) terdapat pada seafood yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil dan janin. Hati hati dalam memilih seafood, beberapa makanan laut
akan membuat anda dan bayi terganggu kesehatannya karena kandungan merkurinya.