Kini, bayi anda sudah memasuki tahun baru dimana kemampuan secara motoriknya semakin meningkat. Bahasa yang diucapkan kian jelas meskipun hanya beberapa kata, penambahan kosakata akan terus berlangsung, dia mulai menyebutkan beberapa benda yang menjadi favoritnya dengan jelas. Keberanian untuk berjalan semakin tinggi, meskipun sering jatuh anda tidak usah khawatir arahkan pada tempat yang aman seperti di halaman rumah dengan rumput yang hijau. Meskipun masih sempoyongan dalam melangkah, kewajiban anda adalah terus mendampinginya. Tak heran jika masa ini membuat anda lebih repot. Belajarlah untuk menggunakan alas kaki yang nyaman di kakinya, sehingga gerakan aktifnya tidak terganggu.

Pada usia ini keseimbangan sudah mulai terjaga sehingga bayi anda sudah dapat jinjit atau menjaga keseimbangan dengan satu kaki saat menggunakan alas kaki. Kemampuan otak kanan semakin tereksplor, umumnya pada usia ini kemampuan corat coret dengan crayon sudah mulai disukai walaupun tidak dapat memegang dengan tepat, biarkan saja. Setidaknya itu merupakan bentuk dalam melatih kreatifitasnya. Lucunya pada usia ini ketika bayi anda sudah dapat menerjemahkan keinginannya walaupun hanya gerakan menunjuk atau dua kata dalam mengutarakan keinginannya. Bimbinglah anak anda dalam sehingga apa yang dimaksud bisa dimengerti, misalnya dengan menunjuk botol susu, maka anda dapat memberikan penjelasan ‘dede, ingin susu ?’.

Nutrisi tepat untuk usia 13 bulan

Pada usia ini, kemampuan makan sendiri sudah mulai dibiasakan sehingga mereka bisa mengikuti kebiasaan keluarga anda. Menu makanan di keluarga boleh anda kenalkan secara perlahan, potong kecil-kecil sehingga megurangi kemungkinan tersedak, jauhkan dari benda yang tajam, makanan yang terlalu panas. Dengan kemandirian yang terlatih diusia ini akan membantu  dalam menyiapkan dirinya beradaptasi dengan lingkungan keluarga anda. Perkenanalan menu makanan keluarga dilakukan tiga hari sekali sehingga bisa memantau, jenis makanan yang dikhawatiran akan mengakibatkan alergi bisa dicegah dalam menu makanan selanjutnya. Anda dapat memperkenalkan karbohidrat dari nasi putih/merah yang dimasak secara lembek, protein dari orak arik tahu dan telur, lengkapi dengan sayuran dan buah-buahan untuk vitamin tubuhnya.

Menu makanan untuk usia 13 bulan

A.  Nasi halus perkedel sayuran

Bahan nasi :

Nasi rumahan akan tetapi teksturnya lebih lembek dan lebih kasar dari tim

Bahan perkedel :

  1. 2 buah telur
  2. 50 gram kentang
  3. 25 gram baso dicincang
  4. 25 gram buncis
  5. 25 gram brokoli dicincang
  6. 2 sdm keju parut
  7. Garam secukupnya
  8. Minyak secukupnya
  9. Tepung roti

Cara membuat :

  1. Kukus kentang hingga matang, dihaluskan .
  2. Masukan 1 buah telur, baso cincang, buncis, brokoli dan keju parut ke dalam mangkuk kemudian kocok hingga merata, beri sedikit garam. Masukan kentang yang telah dihaluskan.
  3. Masukan adonan kecetakan sesuai selera, kemudian kukus .
  4. Setelah matang keluarkan dari cetakan dan sediakan telur untuk perekat, masukan ke tepung panir, lalu goreng.
  5. Hidangkan dengan nasi lembek yang dicetak dengan bentuk yang diinginkan, untuk menambah selera makan .

B.  Cemilan Sehat

Bahan :

  1. 250 ml air dari perasan wortel
  2. 50 gram pepaya
  3. 75 gram melon
  4. 100 ml air perasan jeruk
  5. 1 sdm madu

Cara membuat :

Campurkan semua bahan kemudian blender, bisa menjadi satu mug untuk cemilan untuknya. Dalam menambah selera mengkonsumsinya, anda bisa menghiasnya dengan potongan melon di pinggir mug.