data-ad-format="auto"

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Diabetes

Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan baik secara fisik dan psikis sehingga memerlukan perhatian khusus untuk kesehatannya. Begitu juga bagi ibu hamil yang menderita diabetes memerlukan pemeriksaan khusus untuk mengontrol kestabilan gula darah selama kehamilan. Ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 harus memiliki jadwal pemeriksaan khusus untuk meminimalisir gangguan pada kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan termasuk untuk anda yang memiliki riwayat diabetes. Bagi anda yang mengalami diabetes, perawatan medis selama kehamilan sangat diperlukan untuk dapat mengetahui kestabilan gula darah dan kebutuhan nutrisi kehamilan. Sehingga janin anda tidak kekurangan nutrisi dan juga kestabilan gula darah dapat terjaga dengan menu seimbang di setiap harinya.

Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang mampu mengamati perkembangan janin dan memberikan penanganan khusus sesuai dengan riwayat kesehatan anda, sesekali anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialisi mata untuk dapat memantau kerusakan terkait diabetes ke pembuluh darah kecil di mata anda, yang dapat berkembang selama kehamilan. Mengontrol kadar gula darah adalah cara terbaik untuk mencegah komplikasi diabetes. Selama kehamilan mengontrol gula darah harus dilakukan lebih sering dari keadaan normal, hal ini untuk mengurangi risiko keguguran dan kelahiran mati.

Mengurangi resiko kelahiran prematur. Semakin rutin anda melakukan kontrol gula darah maka akan meminimalisir kelahiran prematur, selain itu untuk mengurangi risiko cacat lahir karena kontrol gula darah yang baik selama awal kehamilan sangat mengurangi risiko bayi Anda lahir cacat, terutama yang mempengaruhi otak, tulang belakang dan jantung. Dengan mengontrol gula darah secara rutin selama kehamilan akan mengurangi risiko pertumbuhan berlebih. Jika Anda memiliki kontrol gula darah yang buruk, glukosa ekstra dapat melintasi plasenta. Hal ini memicu pankreas bayi Anda untuk membuat insulin ekstra, yang dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar (makrosomia). Seorang bayi besar membuat persalinan sulit dan menempatkan bayi pada risiko cedera selama kelahiran.

Bagi anda yang menderita diabetes mengontrol gula darah untuk melakukan pencegahan terhadap komplikasi kesehatan. Kontrol gula darah yang baik akan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi dan kelebihan protein dalam urin setelah 20 minggu kehamilan dan juga untuk komplikasi kehamilan yang serius lainnya. Hal yang tidak boleh luput dari perhatian anda adalah dengan melakuan pengontrolan gula darah akan membantu mencegah komplikais pada bayi karena terkadang bayi dari ibu yang mengidap diabetes mengembangkan gula darah rendah (hipoglikemia) segera setelah lahir karena produksi insulin mereka sendiri tinggi. Mengontroln gula darah secara teratur dapat membantu anda dalam meningkatkan gula darah yang sehat untuk kesehatan bayi anda, begitu pula dengan asupan yang sehat dari kalsium dan magnesium dalam darah yang dapat membantu mencegah kesehatan kulit dan mata setelah lahir. Pola hidup sehat sangat diperlukan selama kehamilan begitu juga untuk anda yang menderita diabetes.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Lakukan beberapa pola hidup sehat berikut untuk meminimalisir gangguan kesehatan selama kehamilan bagi yang menderita diabetes.

1.  Periksa kadar gula darah Anda dengan rutin. Dengan melakukan pemantauan gula darah dapat membantu anda mencegah gula darah rendah dan gula darah tinggi (hiperglikemia).Hal yang harus anda ketahui adalah mengendalikan gula darah Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan mencegah komplikasi dari penyakit diabetes yang anda derita.

2.  Anda harus mengingat prinsip makanan sehat. Menu diet diabetes anda mungkin mencakup buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Meskipun Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sama dengan wanita normal lainnya, dokter mungkin menyarankan perubahan rencana menu makan anda  untuk membantu anda menghindari masalah dengan gula darah rendah atau gula darah tinggi. Ini juga penting untuk mengambil vitamin yang mengandung asam folat.

3.  Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Aktivitas fisik merupakan bagian penting lain dari rencana perawatan diabetes anda, bahkan selama kehamilan. Hal yang harus anda ingat bahwa aktivitas fisik mempengaruhi gula darah. Periksa kadar gula darah sebelum dan setelah aktivitas apapun, terutama jika Anda menggunakan insulin. Anda mungkin perlu untuk makan camilan atau menyesuaikan tingkat basal pompa insulin sebelum berolahraga untuk membantu mencegah gula darah rendah.