data-ad-format="auto"

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Asma

Asma selama kehamilan dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi anda dan bayi Anda. Hal yang perlu anda ketahui adalah untuk memperkecil kemungkinan asma kambuh selama kehamilan dan menggunakan obat yang aman sehingga tidak menggangu kesehatan janin anda. Asma adalah suatu kondisi kesehatan dimana  anda kesulitan bernapas dikarenakan adanya gangguan pada paru-paru. Jika Anda hamil, asma dapat berdampak pada kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda. Berikut adalah gangguan yang mungkin akan terjadi bagi anda yang tidak mendapatkan penanganan serius terhadap asma yang anda derita, termasuk gangguan oksigen untuk bayi, morning sickness, perdarahan vagina, tekanan darah tinggi dan protein dalam urin setelah 20 minggu kehamilan, penghambatan pertumbuhan janin, kesulitan dalam persalinan atau hingga mengalami kelahiran prematur dan juga mempengaruhi berat badan bayi anda setelah lahir.

Apabila anda efektif mengobati asma dan mengontrol dengan baik selama kehamila akan mengurangi resiko komplikasi kesehatan yang diakibatkan asma yang anda derita. Obat-obatan yang anda pilih selama kehamilan anda akan berdampak terhadap kesehatan janin anda begitu juga dengan obat-obatan yang membantu anda dalam meringankan penyakit asma yang kambuh selama kehamilan anda berlangsung. Beberapa kekhawatiran telah dikemukakan mengenai penggunaan glukokortikoid sistemik, yang dapat menyebabkan suatu kondisi di mana kelenjar adrenal bayi tidak menghasilkan cukup hormon tertentu setelah lahir (neonatal insufisiensi adrenal). Namun, sebagian besar obat asma dapat digunakan dengan aman selama kehamilan sesuai dengan resep dokter. Penanganan yang tepat sangat diperlukan untuk mengurangi resiko janin anda kekurangan pasokan oksigen di dalam kandungan. Menjaga pola kehidupan yang sehat selama kehamilan sangat diperlukan begitu juga dengan anda yang menderita asma. Cara terbaik adalah dengan melakukan disiplin diri baik selama mempersiapkan kehamilan atau masa kehamilan .

Berikut adalah contoh pola hidup sehat yang dapat anda terapkan dalam menghindari komplikasi dari penyakit asma yang diderita :

1.    Membuat kunjungan dengan dokter untuk mendapatkan penangangan medis apabila asma kambuh sewaktu-waktu.Dokter akan membantu anda dalam meringankan kecemasan dalam diri anda yang memiliki resiko memicu asma memperparah keadaan anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

2.    Minum obat sesuai dengan resep dokter untuk menghindari efek samping yang negatif terhadap perkembangan bayi anda

3.    Hindari paparan asap rokok dan iritasi potensial lainnya, seperti jamur, serbuk sari, debu dan bulu binatang. Apabila aktivitas fisik dapat  memicu asma bagi anda, penyedia layanan kesehatan anda mungkin dapat merekomendasikan pengobatan untuk mengurangi gejala tersebut .

4.    Menghindari konsumsi makanan pedas dan asam yang akan memicu heartburn (kondisi panas pada perut)

5.    Biasakan untuk mengkonsumsi buah apel , kandungan dari buah apel yaitu flavonoid sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru anda.Anda dapat mengkonsumsinya minimal 4 kali dalam seminggu.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat selama kehamilan akan membantu anda yang menderita penyakit asma untuk persalinan secara normal. Pemantauan janin secara teratur akan membantu anda dalam persalinan. Bagi anda yang menderita asma, persalinan normal masih mungkin untuk dilakukan sesuai dengan pemeriksaan kesehatan anda dan janin memasuki persalinan. Bagi anda yang menderita asma tidak perlu khawatir ketika anda memberikan Asi pada bayi anda, seperti yang dilansir dari webmd.com bayi yang mendapatkan air susu ibu selama proses perkembangannya akan meningkatkan kesehatan paru-paru. Bayi yang mendapatkan ASI akan terpenuhi kebutuhan nutrisi dalam menunjang perkembangan dan menjaga semua organ tubuhnya.

Loading...

Follow us