Mengapa Sering Berkeringat Pada Setelah Melahirkan?

Tujuh dari sepuluh ibu melahirkan seringkali mengeluhkan berkeringat. Ibu baru seringkali berkeringat bahkan setelah beberapa menit usai melahirkan, ada pula yang berkeringat setelah menyusui atau ibu yang melakukan aktivitas seperti biasanya akan tetapi keringatnya begitu deras tidak seperti biasa. Kondisi ibu berkeringat ini seringkali dipertanyakan oleh ibu baru, apakah merupakan kondisi yang normal atau kondisi yang menandai gangguan kesehatan?

Ini umum untuk berkeringat banyak dalam minggu-minggu setelah melahirkan, terutama pada malam hari. Berkeringat adalah salah satu cara tubuh Anda menghilangkan air tambahan yang dipertahankan selama kehamilan. Ginjal Anda bertanggung jawab untuk sebagian besar pembersihan, yang berarti Anda akan buang air kecil lebih dari biasanya untuk minggu pertama setelah melahirkan. Namun pori-pori Anda juga bekerja lembur untuk menumpahkan air ekstra. Stres emosional ibu baru mungkin menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak. Dan meskipun tidak ada yang tahu pasti, itu mungkin bahwa penurunan dramatis dalam estrogen yang terjadi tepat setelah melahirkan juga berkontribusi.

Bahkan setelah berat air hilang, Anda dapat terus berkeringat lebih dari biasanya jika Anda menyusui. Sekali lagi, penyebabnya tidak diteliti dengan baik atau dipahami, tetapi teori termasuk perubahan hormonal dan metabolik yang berhubungan dengan menyusui. Meskipun postpartum berkeringat benar-benar normal, jika disertai dengan demam, Anda mungkin mengalami infeksi. Peningkatan keringat juga bisa menjadi tanda masalah lain, seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Periksa dengan dokter Anda jika Anda mengalami demam atau berkeringat berpikir Anda adalah berlebihan.

Postpartum berkeringat dapat berlangsung beberapa minggu setelah melahirkan, dan cenderung bertahan lebih lama di ibu yang sedang menyusui. Jangan mengurangi cairan dengan harapan berkeringat kurang. Minum air sebenarnya membantu mempercepat proses menghilangkan air ekstra dan membuat Anda mendapatkan dehidrasi. Pakaian katun ringan mungkin lebih dingin dan lebih nyaman daripada sintetis saat Anda sedang menunggu di luar ini. ( Artikel lainnya: Video MelahirkanVideo Melahirkan )

Mengapa pada saat nifas sering berkeringat?

Kecenderungan untuk berkeringat seperti Anda baru saja lari maraton, meskipun Anda mungkin anda hanya duduk diam, atau lebih sering ketika Anda sedang tidur berkeringat di malam hari yang umum setelah kehamilan. Kehamilan Anda hormon lagi, karena mereka menginstruksikan tubuh Anda untuk melepaskan diri dari semua cairan ekstra itu sebelumnya menggunakan untuk memelihara bayi Anda.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Bahkan jika anda berkeringat di malam hari yang lembab menempatkan peredam pada tidur Anda, banyak keringat normal dalam minggu-minggu setelah kehamilan. Ini terjadi secara alami, seperti cairan ekstra membuat jalan untuk keluar dan hormon.

Apa yang harus anda lakukan?

Semua berkeringat yang dapat membuat Anda dehidrasi, jadi pastikan Anda minum banyak cairan terutama ketika Anda pertama kali bangun setelah  berkeringat di malam hari. Hal ini sangat penting jika Anda menyusui.

Berikut ini salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan cukup cairan di dalam tubuh, jika urin Anda berlimpah dan pucat, Anda terhidrasi, jika itu gelap atau kurang mendapatkan cairan.

Letakkan handuk lembut atau pad di bantal untuk menyerap beberapa kelembaban. Anda bahkan dapat mencoba lembaran karet di bawah lembaran Anda untuk melindungi kasur. Hal ini dapat meringankan ketidaknyamanan mereka pasca kehamilan berkeringat di malam hari, dan menyelamatkan Anda dari mencuci seprai Anda setiap pagi.

Pakailah longgar, pakaian ringan dan piyama pilihlah kapas,yang  bukan sintetis untuk mendapatkan tidur yang nyaman. Menyalakan AC atau membuka jendela sehingga terjadi pertukaran udara yang terjadi di ruangan anda ketika malam hari merasakan kegerahan. Taburkan pada beberapa bubuk bedak untuk menyerap kelebihan kelembaban dan membantu mencegah ruam panas.

Proses menyusui dapat menyebabkan postrum berkeringat?

Bahkan jika Anda tidak memilih untuk menyusui bayi Anda, postpartum berkeringat adalah reaksi yang umum dan normal tubuh Anda memiliki dalam minggu-minggu setelah melahirkan. Dekat bayi dan suhu tubuh meningkat menyusui dapat memperburuk masalah. Bahkan, menyusui sering menyebabkan bayi Anda berkeringat juga. Dengan memahami penyebab keringat berlebih, Anda dapat bekerja untuk mencegah terjadinya menyenangkan sampai suhu tubuh Anda dan tingkat cairan mengatur tentang mengikuti persalinan.

Postpartum Berkeringat ketika menyusui

Ketika Anda hamil, terutama dalam beberapa bulan terakhir kehamilan, tubuh Anda mempertahankan lebih banyak air dari biasanya. Perubahan hormonal dalam tubuh Anda menyebabkan retensi air. Sebagai orang menjadi hormon diatur setelah persalinan, keringat merupakan salah satu cara tubuh Anda mengusir kelebihan air. Anda mungkin akan juga perlu buang air kecil lebih sering dari biasanya. Postpartum berkeringat adalah reaksi yang umum tapi benar-benar normal terhadap perubahan tubuh Anda setelah kehamilan, tetapi hal-hal tertentu, seperti cuaca panas, menggendong bayi hangat atau memakai pakaian menempel, membuat kondisi lebih buruk.

Bayi juga mengalami Berkeringat?

Bayi Anda kadang-kadang berkeringat selama menyusui juga. Berkeringat bayi Anda biasanya terjadi karena alasan yang berbeda dari Anda, yang didorong hormon. Sebaliknya, bayi Anda mungkin berkeringat karena dia hangat saat menyusui. Menjadi kulit ke kulit dengan bayi Anda meningkatkan suhu tubuhnya, yang memulai sistem pendingin alami.

Keringat postpartum yang terjadi pada anda akan menyebabkan bayi anda juga kegerahan, terlebih ketika anda memberikan ASI secara langsung dimana kulit ibu dan bayi bersentuhan sehingga mengakibatkan bayi tidak nyaman. Menggunakan pakaian longgar yang terbuat dari serat alami untuk memungkinkan aliran udara yang lebih baik. Disarankan untuk memilih pakaian dari kain katun 100% yang dapat membantu anda mengurangi rasa panas dan berkeringat ketika menyusui.

Apabila anda merasa tidak nyaman dengan menutup selimbut maka anda dapat menggunakan selimbut yang berbahan katun atau menggunakan baju tidur yang dapat menyerap keringat. Selain itu minum minimal delapan gelas dalam satu hari karena akan membantu tubuh anda tetap terhidrasi, kekurangan cairan di dalam tubuh akan mengakibatkan gangguan sistem pencernaan sehingga sebaiknya anda tetap menjaga asupan cairan ke dalam tubuh.

Apakah kondisi postpartum berkeringat normal terjadi setelah melahirkan?

Postpartum berkeringat adalah umum atau normal terjadi pada ibu setelah melahirkan atau ketika ibu sedang menyusui, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, itu bisa menandakan masalah medis. Sementara berkeringat biasanya berlangsung lebih lama pada wanita yang sedang menyusui, tubuh Anda akan kembali normal, apabila sudah memasuki enam minggu setelah melahirkan. Jika Anda terus berkeringat atau keringat Anda disertai dengan demam, ini dapat dijadikan tanda bahwa anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Konsultasikan dengan dokter anda ketika anda sering berkerint atau berkeringat lebih. Keringat berlebih juga kadang-kadang tanda masalah tiroid, sehingga menyebutkan kondisi saat postpartum Anda pemeriksaan dengan dokter anda untuk memastikan bahwa tubuh Anda sehat setelah kehamilan.