Perempuan paling rentan terkena gangguan pencernaan dalam studi yang dilakukan peningkatan penderita kanker usus di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini berhubungan dengan pola makan dan buang air besar yang tidak teratur. Gangguan cerna seperti kontipasi yaitu sulit buang air besar sering dialami oleh wanita. Makanan berikut dapat membantu anda dalam melancarkan pencernaan yaitu makanan tinggi serat. Mengkonsumsi makanan tinggi serat karena kebanyakan orang  tidak mendapatkan cukup serat sehingga berpotensi menimbulkan masalah pencernaan seperti sembelit. Untuk usus yang sehat, Anda memerlukan serat darii roti gandum, beras merah, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Beberapa orang tidak dapat mencerna sereal atau biji-bijian dengan baik sehingga bisa menambah konsumsi buah dan sayuran untuk mencukupi kebutuhan serat.

Selain itu anda diharuskan memperbanyak cairan. Memperbanyak konsumsi air putih sangat baik untuk pencernaan anda. Hal ini mendorong berjalannya limbah melalui sistem pencernaan Anda dan membantu melembutkan tinja. Serat bertindak seperti spons, menyerap air, dan tanpa cairan serat tidak dapat melakukan tugasnya dan Anda berpotensi sembelit. Makanan yang mengandung probiotik baik untuk kesehatan pencernaan anda. Probiotik disebut dengan bakteri baik yang juga terjadi secara alami dalam usus dan yang telah dikaitkan dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk membantu sindrom iritasi usus dan diare. Anda dapat memilih suplemen probiotik atau dengan membiasaan mengkonsumsi yoghurt, yang mengandung probiotik yang baik untuk membantu pencernaan anda. Menjaga kesehatan pencernaan salah satunya adalah faktor dari makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu selektif dalam memilih makanan agar pencernaan anda senantiasa terjaga.

Waspada makanan berikut yang akan menggangu pencernaan anda:

1.  Makanan yang mengandung lemak

Makanan berlemak, seperti keripik, burger dan makanan yang digoreng, lebih sulit untuk dicerna dan dapat menyebabkan sakit perut dan mulas. Mengurangi konsumsi minyak dari makanan yang digoreng akan memudahkan beban kerja perut anda.

2.  Makanan yang mengandung tinggi rempah-rempah

Banyak orang menyukai makanan pedas karena akan memudahkan pencernaan. Padahal makanan dengan tinggi rempah-rempah termasuk cabe akan memicu mulas dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi bawang merah dan putih juga akan menghambat pencernaan anda. Makanan rempah-rempah lainnya seperti dari jahe apabila terlalu sering dan anda mengalami masalah pencernaan kurang baik untuk kesehatan anda.

3.  Makanan yang mangandung tinggi asam

Makanan asam seperti tomat, jeruk dan minuman soda dapat memicu mulas. Sedangkan untuk sebagian orang kandungan yang terdapat di dalam gandum dan bawang dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar, begitu juga dengan gula dalam susu bila anda mempunyai masalah dalam mencerna laktosa.

4.  Minuman yang mengandung kafein

Minuman dengan kafein, seperti kopi, cola, teh dan beberapa minuman bersoda, meningkatkan asam dalam lambung menyebabkan mulas. Minuman bersoda pada umumnya cenderung mengganggu kesehatan pencernaan terutapi rasa tidak nyaman pada perut dan menimbulkan mulas. 
Pilihlah minuman yang tidak bersoda dan tidak mengandung kafein, seperti teh herbal, susu dan air putih. Jika Anda tidak dapat melakukan tanpa kopi, anda dapat membatasi asupan untuk satu atau dua cangkir sehari. Apabila anda mengalami masalah pencernaan yang parah sebaiknya konsultasikan dengan dokter segera untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum