data-ad-format="auto"

Manfaat Mengkonsumsi Teh Bunga Sepatu

Bunga sepatu (Hibiscus) adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Malvaceae. Bunga ini cenderung tumbuh di daerah tropis. Spesies yang memiliki manfaat adalah Hibiscus sabdariffa, biasanya ditemukan di negara negara tropis. Bunga sepatu jenis ini memiliki ukuran yang relatif besar, memiliki kelopak berwarna merah cerah. Teh Hibiscus atau teh bunga sepatu merupakan jenis teh herbal yang dihasilkan dari kelopak bunga Hibiscus sabdariffa. Meskipun rasanya jenis teh ini tidak sama dengan teh hijau umumnya.

Berikut adalah manfaat dari teh bunga sepatu :

1.  Tekanan Darah

Penelitian yang dilakukan pada 65 orang dewasa yang menderita prehipertensi atau hipertensi ringan antara usia 30-70 yang diberikan seduhan teh bunga sepatu setiap hari, dilakukan selama enam minggu. Pada awalnya mereka diambil tekanan darahnya kemudian hasilnya setelah enam minggu adalah penurunan yang signifikan dari tekanan darah pada kedua sistolik dan diastolik.Secara uji klinis dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan antara penurunan tekanan darah dengan mengkonsumsi teh bunga sepatu.

2.  Kolesterol

Tiga uji coba telah dilakukan untuk menyelidiki manfaat bunga sepatu terhadap kolesterol. Percobaan pertama terdiri dari 42 orang dibagi menjadi tiga kelompok. Mereka tidak diberi teh, tapi pil yang mengandung ekstrak kembang sepatu. Masing masing dari Grup 1, 2, dan 3 diberi satu, dua dan tiga kapsul tiga kali sehari. Pada akhirnya, ditemukan bahwa manfaat yang ditemukan di dua kelompok pertama saja. Dengan demikian untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat dari bunga sepatu harus mengkonsumsinya dalam batas yang wajar dan secara teratur. Pada tahun 2009 dibandingkan efek bunga sepatu dengan teh hitam. Terdiri dari 60 orang, tiga puluh orang diberi kembang sepatu dan sisanya teh hitam sebanyak dua kali sehari. Kesimpulannya adalah bahwa bunga sepatu memiliki manfaat baik HDL dan LDL, sedangkan teh hitam hanya memiliki manfaat bagi HDL saja. Sedangkan pada tahun 2010 percobaan dilaukan secara besar-besaran yang terdiri dari 222 orang. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok yang pertama diberi diet sehat, yang kedua tidak memiliki perubahan diet tapi diberi bunga sepatu, dan kelompok ketiga diberi keduanya. Temuan dari penelitian tersebut bahwa bunga sepatu memiliki manfaat selain untuk kadar kolesterol, tetapi juga untuk kadar gula darah yang sehat.

3.  Anti-Kanker

Telah ada peningkatan dalam studi tanaman dalam beberapa tahun terakhir yang dianggap memiliki sifat kemopreventif. Chemoprevention didefinisikan sebagai penggunaan senyawa untuk menghambat, menunda kanker pada tubuh. Sebuah tanaman dikatakan kemopreventif ketika mengandung jenis molekul yang dikenal memiliki sifat anti-kanker. Kebanyakan ditemukan terdapat kandungan antioksidan yang sangat kuat. Secara khusus kandungan flavonoid dipelajari secara ekstensif dalam membantu menyembuhkan kanker. Teh Hibiscus atau bunga sepatu telah ditemukan memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi. Kandungan yang berisi anthocyanin, anthocyanidins, catechin dan flavonoid lainnya yang juga ditemukan dalam teh hijau. Bahkan dalam studi yang ditemukan kandungan dari bunga sepatu memiliki konsentrasi antioksidan yang menyeluruh dan lebih tinggi daripada teh hijau. Sedangkan beberapa negara seperti afrika meyakini manfaat teh bunga sepatu untuk meningkatkan kesehatan pernafasan. Sedangkan di Eropa teh bunga sepatu digunakan untuk membantu sirkulasi darah. Teh bunga sepatu memiliki konsentrasi tinggi dari asam organik (15-30%). Tiga asam organik yang telah diidentifikasi adalah sitrat, malat, dan tartaric. Ini telah dikenal untuk memberikan dorongan secara keseluruhan untuk sistem kekebalan tubuh.

Bidan Pevi Revina, STr.Keb
Author: Bidan Pevi Revina, STr.Keb
Co-Founder / Content Supervisor

Pendidikan di Akademi Kebidanan Politeknik Kesehatan Tasikmalaya dan Poltekes Bhakti Pertiwi Husada Cirebon. Saat ini bekerja sebagai bidan PNS,mengelola klinik kehamilan dan persalinan Bidanku, juga sebagai Founder dari klinik Revina: Baby, Kids n Mom Spa.

Narasumber di Kompas TV dalam acara Talkshow Wanita dan Internet, menjadi kontributor Tempo dan juga pernah sebagai partner dalam acara Srikandi Award Sebuah Ajang Penghargaan Bagi Bidan-bidan Inspirasional Indonesia


Follow us