data-ad-format="auto"

Ketahui 6 Hal Mengejutkan yang Membuat Anda Makan Berlebihan

Sema orang tentu suka makan. Akan tetapi, tidak semua orang suka makan secara berlebihan dan menyantap segala jenis makanan setelah perutnya terisi dengan beberapa jenis makanan lainnya. Disaat beberapa orang bisa makan banyak namun tanpa mengalami kenaikan berat badan yang berarti. Sebagian lain justru dibuat mati-matian untuk menahan makan agar masalah berat badannya tidak semakin memburuk.

Ya, untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan pola makan yang berlebihan atau lebih dikenal dengan overeating adalah salah satu musuh utama anda. Mau tidak mau anda yang saat ini tengah menjalankan program diet perlu mengatur dan menjaga asupan kalori dari makanan yang anda konsumsi kedalam tubuh.

Nah, jika anda adalah orang yang termasuk menjaga asupan makanan untuk menghindari kenaikan berat badan yang terjadi secara signifikan, seorang ahli dari Men's Health Michael Rousell dapat membantu anda menemukan beberapa pemicu yang membuat anda makan dengan cara yang berlebihan. Dengan mengetahui beberapa hal ini diharapakan anda akan dapat menghindarinya demi menghindari jarum timbangan yang semakin bergerak ke kanan.

Setidaknya 6 hal dibawah ini bisa menjadi beberapa hal yang mengejutkan yang menjadi pemicu seseorang makan secara berlebihan. Mari simak dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Memanjakan Diri dengan Makanan

Ketika anda merasakan hari-hari anda terlalu terlalu lelah, pernahkah terlintas dalam benak anda untuk memanjakan diri dengan makanan yang anda sukai? Atau menyengaja membuat sendiri makanan yang sedang anda dambakan? Atau mungkin ketika hati terasa sedih, makanan juga bisa dijadikan sebagai 'pelipur' lara seperti halnya coklat atau kue yang manis yang menjadi sasaran untuk membuat anda merasa lebih baik.

Tanpa sadar anda pun perlahan dan lama kelamaan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan. Setiap lelah, makanan yang dicari. Ketika sedih, makanan pula yang anda gali untuk mengobati hati. Belum lagi, pada saat bahagia anda pun akan cenderung merasa tidak bersalah untuk mengkonsumsi beraneka ragam makanan yang anda inginkan.

Nah, jika hal ini terus-terusan dilakukan makan perlahan kebiasaan buruk ini akan sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, sebaiknya ubahlan perlahan pola pikir anda. Dibandingkan dengan menyepelekan segala hal karena suasana hati anda yang tidak baik. Alangkah lebih baik jika anda mengambil tindakan yang realistis dengan memperhitungkan setiap kalori yang masuk kedalam tubuh anda.

Makan Banyak dalam Satu Waktu

Pernahkah anda tergoda untuk mencicipi makanan yang anda sukai seperti saat seseorang membawakan anda pizza lantas anda tidak tahan dengan perasaan lapar yang membendungi perut anda. Pertama anda hanya mencicipi satu potong saja, lantas anda ingin lagi potongan yang lainnya. Awalnya anda merasa ragu-ragu untuk menikmati hidangan ini. Namun kemudian anda berpikir "Oh Tuhan, saya sudah menghancurkan diet saya. Sudahlah lebih baik saya makan saja semuanya."

Hal seperti ini tentu menjadi masalah yang akan mempengaruhi diet yang anda lakukan. Bukan dari gigitan pizza yang anda konsumsi, namun dari jumlah kalori yang anda asup dalam satu waktu sekaligus. Satu atau dua potong pizza memang tidak akan menghancurkan diet anda. Hanya saja, ada perbedaan besar antara mengkonsumsi 300 kalori pizza dibandingkan dengan melahapnya sekaligus 1000 kalori dalam waktu yang sama. Daripada menikmati satu box pizza sekaligus akan lebih baik jika anda menyimpan potongan lainnya untuk anda konsumsi lain hari.

Mudah Merasa Kecewa

Salah satu hal yang paling buruk yang memicu mudahnya kegagalan pada saat melakukan diet adalah perasaan bersalah dan selalu menyalahkan diri anda ketika memakan junk food atau pada saat timbangan anda tak kunjung menunjukan angka yang memuaskan selama anda melakukan diet. Rousell mengatakan bahwa rasa malu atau kecewa dapat secara drastis memperngaruhi berat badan seseorang.

Ada sebuah penelitian di University of Toronto yang sengaja memalsukan timbangan guna melihat reaksi pada pelaku diet. Timbangan tersebut diatur untuk menampilkan 2 kg lebih berat dibandingkan dengan ukuran sebenarnya. Orang yang merasakan malu lebih besar akan menyantap es krim lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak peduli dengan hasil timbangannya.

Untuk itulah, jangan terlalu terofus pada bagaimana progres dari jarum timbangan yang anda lihat sewaktu anda menimbang berat badan anda. Sebab hal ini malah akan membuat anda merasa kecewa. Perasaan kecewa yang dialami selama melakukan penurunan berat badan akan cenderung membuat anda makan lebih banyak.

Makan Terlalu Banyak

Sebuah penelitian menunjukan bawah lebih dari 40% makanan dikonsumsi oleh orang diluar rumah. Rousell mengatakan bahwa porsi makan diluar rumah atau resotan pada umumnya seringkali lebih besar dibandingkan dengan porsi makan anda sewaktu menyantapnya dirumah.

Kehilangan kendali untuk porsi makan selalu menyebabkan sesorang menjadi makan dalam jumlah yang tidak terbatas. Selain itu, umumnya beberapa rumah kuliner seperti restoran memang seringkali menawarkan porsi yang lebih besar. Sayangnya, kebanyakan dari kita akan cenderung lebih sering mendengarkan perutnya dan menghabiskan semua jenis makanan tersebut tanpa berpikir panjang.

Sementara itu, untuk mengatasi kondisi yang seperti ini bila anda memang benar-benar tidak dapat makan dirumah maka upayakan untuk meminta porsi lebih sedikit dari porsi yang ditawarkan di restoran. Atau bila anda membawa teman atau rekan anda anda bisa membaginya bersama dengan mereka.

Perhatian yang Teralihkan Ketika Makan

Seringkali seseorang akan merasa senang ketika makan sambil mengobrol atau menonton televisi. Kemampuan yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan multitasking. Namun pada saat anda ingin menurunkan berat badan masalah yang satu ini bisa berpengaruh buruk untuk diet anda. Sebab kemampuan ini akan dapat melemahkan kemampuan tubuh dalam merasakan jumlah makanan yang sedang anda konsumsi.

Akibatnya meski anda sudah makan dalam jumlah yang banyak anda seringkali tidak sadar bahwa makanan dalam piring anda sudah habis. Hal ini dikarenakan otak anda tengah mengasosiasikan kedua kegiatan makan dan aktivitas lain yang anda lakukan secara bersamaan. Untuk itu, perhatikan kembali dan hindari mengalihkan perhatian anda saat makan.

Terlalu Lelah

Hal terakhir yang memicu seseorang makan dalam jumlah yang berlebihan adalah perasaan lelah yang dirasakannya. Terkadang karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan energi membuat anda ingin menghibur diri anda dengan memanjakannya lewat makanan. Untuk itulah, pada saat pulang bekerja atau pulang sekolah meski anda tidak terlalu lapar anda akan cenderung untuk mencari dan membuat makanan sendiri untuk membuat anda merasa lebih baik.

Padahal tentu kebiasaan yang satu ini tidak baik untuk dilakukan dan harus segera dihentikan. Sebaiknya segera alihkan diri anda dengan langsung mandi dan beristirahat, apalagi saat hari sudah gelap. Membiarkan diri anda terjaga malah akan membuat anda semakin lapar.

Itulah dia beberapa penyebab yang membuat seseorang dapat makan dalam jumlah yang berlebihan. Semoga dengan mengetahui pemicu diatas dapat membuat anda menghindarinya dengan baik.