Jenis Makanan Karbohidrat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Selalu ada pertanyaan besar pada penderita diabetes, terutama ketika berkaitan dengan makanan. Hal ini dikarenakan tubuh penderita diabetes tidak mampu mencerna sembarang makanan, terutama makanan dengan kandungan karbohidrat dimana bahan ini tidak akan dapat dicerna dengan sempuna. Jadi demikian, pola makan yang berimbang menjadi kunci untuk dapa mengontrol gula darah yang tinggi didalam tubuh.

Dikutip dari peneritian para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengungkapkan bahwa penderita diabetes harus dapat mengendalikan kadar gula didalam tubuhnya dengan baik. Dikarenakan tubuhnya tak lagi mampu mencerna karbohidrat dan zat-zat lainnya dengan baik, maka diet yang seimbang dengan menghindari beberapa jenis asupan makanan yang dilarang menjadi hal yang penting untuk dipatuhi.

Dalam tubuh, insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk memproses glukosa dalam tubuh. Sementara pada penderita diabetes, insulin ini tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup. Untuk itulah, gula darah didalam tubuh penderita diabetes ukurannya selalu tinggi. Adapun peran insulin didalam tubuh adalah untuk mengontrol kadar gula atau glukosa sehingga produksi insulin yang terhambat membuat kadar glukosa ini tak dapat dikendalikan dengan baik. Kondisi inilah yang dapat menimbulkan berbagai kesulitan bagi para penderita diabetes, terutama dalam memilah dan memilih makanan yang dikosumsinya setiap hari.

Untuk masayarakat Indonesia, karbohidrat biasanya menjadi porsi makan yang paling besar dalam konsumsi makanan sehari-harinya. Hal ini dikarenakan nasi menjadi asupan utamanya. Namun untuk anda yang menderita diabetes, maka dari dan karbohidrat lain akan dapat menimbulkan kekhawatiran tersendiri karena jika tidak dilakukan dengan benar maka hal ini akan dapat memicu kenaikan gula didalam darah menjadi lebih tinggi. Nah, untuk mengatasi masalah ini mari kita simak beberapa jenis makanan karbohidrat yang aman untuk penderita diabetes.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

Video courtesy of Bebeclub.


Apa Saja Jenis Karbohidrat?

Bukan hanya nasi, karbohidrat pun memiliki beberapa jenis tertentu yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis karbohidrat yang perlu untuk anda ketahui.

Zat Tepung. Makanan yang mengandung zat tepung tinggi diantaranya adalah kacang polong, kentang, gandum, nasi dan juga kacang merah

Gula. Terdapat dua jenis gula yang secara alami sudah terdapat pada beberapa makanan, contohnya seperti gula yang ditemukan pada buah-buahan. Dan satu lagi adalah gula yang didapat dari proses pembuatan makanan, contohnya yakni gula yang ditemukan pada kue. Sementara untuk sirup dan madu merupakan makanan dengan kandungan gula.

Serat. Serat juga biasanya ditemukan dalam beberapa bahan makanan alami seperti sayur, buah, biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Serat akan sangat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dengan lebih baik. Serat juga akan sangat baik untuk anda yang tengah menjalankan diet.

Jenis Makanan Karbohidrat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Bagi anda para penderita penyakit diabetes mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang banyak akan mengundang kekhawatiran tersendiri sebab hal ini akan dapat membuat gula darah meningkat dengan mudah. Hanya saja, penderita diabetes juga sekalipun tidak boleh meninggalkan konsumsi zat ini. Sebab ketika tidak ada asupan karbohidrat dalam tubuh maka dari mana tubuh anda akan mendapatkan energi? Masalah ini mungkin menjadi hal yang sedikit rumit sebab tidak semua karbohidrat boleh anda konsumsi dengan sembarang. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis makanan karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. (Artikel terkait: Jenis Olahraga yang Tepat Untuk Penderita Diabetes )

Oatmeal

Makanan dengan kandungan karbohidrat yang pertama yang boleh dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes adalah oatmeal. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marisa Moore, RD, LD dari Georgia mengatakan bahwa oatmeal adalah salah satu jenis makanan terbaik guna mengendalikan kadar gula didalam darah.

Hanya saja, perlu diingat agar jangan menambahkan sejumlah gula atau pemanis didalamnya. Oatmeal merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya diurai secara perlahan ketika masuk kedalam tubuh. Jadi demikian, kadar gula didalam darah tidak akan meningkat secara drastis ketika anda mengkonsumsi bahan makanan ini.

Selain itu, kelebihan dari mengkonsumsi bahan makanan ini adalah oatmeal adalah makanan dengan kandungan serta yang tinggi. Sehingga Marisa mengatakan bahwa konsumsi makanan ini akan dapat membuat anda mudah merasa kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini tentu akan dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan atau menguranginya dengan lebih mudah. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa ukuran berat badan yang terjaga dengan baik akan dapat menjaga kondisi kesehatan para penderita diabetes.

Beras Merah

Memang sulit menghindarkan konsumsi nasi dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Apalagi, konsumsi bahan makanan ini memang sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup yang secara turun temurun dilakukan. Sehingga demikian pada saat anda diminta untuk mengurangi asupan nasi mungkin hal ini akan terasa seperti beban untuk anda.

Namun tak perlu merasa risau, anda masih tetap mengkonsumsi nasi dengan rasa yang sama dan bentuk yang sama. Hanya saja warna merah dari nasi ini yang membedakan dengan nasi yang biasa anda konsumsi.

Adalah beras merah yang akan dapat anda konsumsi namun tetap aman untuk kesehatan penderita diabetes. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat mencegah kenaikan gula darah meski anda mengkonsumsinya. Hanya saja, tetap ada ukuran yang disarankan untuk anda dapat mengkonsumsi bahan yang satu ini.

Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan menjadi menu selanjutnya dengan kandungan karbohidrat yang aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, bila anda mengkonsumsi bji atau kacang-kacangan yang dikemas dalam kaleng, sebaiknya anda mencucinya terlebihd ahulu. Hal ni dikarenakan kandungan garam yang hampir 40 persen didalamnya menjadi perhatian lebih yang perlu untuk dikhawatirkan.

Karena selain kandungan gula, garam pun bisa beresiko untuk kesehatan anda. Atau cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membaut cemilan anda sendiri. Dengan membuat biji atau kacang-kacangan sendiri dengan bumbu dan kandungan yang bisa anda sesuaikan.

Ubi Jalar

Mengkonsusmi ubi jalar tidak akan berdampak buruk seperti anda mengkonsumsi cemilan lain yang tidak sehat. Konsumsi terhadap bahan makanan ini tidak akan dapat menaikan level gula darah anda dengan tiba-tiba. Untuk itu, ubi jalar menjadi daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan beta carotene yang ada didalamnya baik untuk mencegah berbagai penyakit.

Berries

Buah-buahan dari kelompok berry seperti strawberry, raspberry, bluberry dan berry lainnya akan aman untuk anda konsumsi. Hal ini dikarenakan berries mengandung kalori yang rendah namun kaya akan serat yang baik. Sebuah penelitian dari European Journal of Nutrition yang diulas oleh Everyday Health mengungkapkan bahwa buah berry akan baik untuk dapat mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Untuk itu, mulai saat ini tidak ada salahnya memasukkan konsumsi makanan ini pada asupan harian anda.

Demikianlah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Jadi demikian, setelah tahu beberapa daftarnya diharapkan anda tidak lagi merasa bosan dengan hidangan makanan yang itu-itu saja.