data-ad-format="auto"

Jenis Olahraga yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Olahraga adalah hal yang penting dan perlu untuk dilakukan oleh semua orang, baik itu penderita diabetes ataupun mereka yang sehat. Olahraga merupakan sarat wajib untuk mengawali hidup sehat dan membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Sementara itu, pada penderita diabetes olahraga merupakan hal yang dituntut untuk dilakukan sebab hal ini akan dapat menjadi kunci keberhasilan mereka dalam pengelolaan dan perawatan diabetes yang dialaminya. Dengan melakukan olahraga yang sesuai dan rutin, penderita pre-diabetes dan penderiata diabetes tipe 2 akan dapat diberikan kemungkinan sembuh dengan lebih besar.

Manfaat Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Ada begitu banyak kebaikan dan manfaat yang bisa dirasakan oleh para penderita diabetes yang rajin melakukan olahraga. Hal ini pun diantaranya akan dirasakan guna meminimalisir kondisi kesehatan yang memburuk. Adapun manfaat dari olahraga untuk pada penderita diabetes diantaranya adalah:

  • Meningkatkan sensitifitas insulin
  • Menjaga berat badan agar tetap terkontrol
  • Mencegah timbulnya komplikasi diabetes
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Menjaga tubuh tetap bugar
  • Melancarkan sirkulasi darah dengan lebih baik

Beberapa manfaat tersebut tentunya akan dapat meringkankan kondisi kesehatan yang dialami oleh para penderita. Hanya saja, dalam melakukan olaharaga ada beberapa jenis olahraga yang memang baik dan cocok dilakukan. Jadi demikian, pemilihan olahraga untuk para penderita diabetes tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Melainkan perlu dicari jenis olahraga apa saja yang memang baik untuk anda sehingga demikian, proses penyembuhan diabetes akan dapat berjalan lebih optimal dan lebih baik.

Adapun jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh para penderita diabetes adalah jenis olahraga yang memacu hormon glukagon. Ketika anda rajin dan rutin berolahraga maka otot-otot tubuh anda akan dapat memproduksi hormon ini dengan lebih baik.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Didalam tubuh hormon glukagon akan dapat diproduksi oleh tubuh ketika otot anda banyak melakukan aktivitas. Hormon glukagon yang disekresi oleh otot akan memetabolis glukosa dan lemak dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi dan keringat. Jika anda rutin beraktivitas seperti melakukan olahraga maka tentu saja hal ini akan dapat membantu kerja insulin didalam tubuh anda.

Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang tepat untuk para penderita penyakit diabetes.

Jenis Olahraga yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Beberapa olahraga untuk para penderita diabetes sebenarnya cukup banyak ragamnya. Olahraga ini memang direkomendasikan dilakukan oleh para penderita diabetes karena membawa beberapa manfaat kesehatan yang baik, seperti halnya meningkatkan sensitivitas terjadap insulin dan masih banyak lagi.

Berenang

Olahraga yang pertama yang cocok dilakukan oleh para penderita diabetes adalah berenang. Renang mungkin menjadi latihan yang sempurna untuk penderita diabetes, baik itu mereka yang menderita diabete tipe 1 ataupun diabete tipe 2. Untuk semua orang, berenang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menjadi aktivitas yang sehat.

Olahraga yang satu ini memang tidak menggetarkan sendi seperti halnya olahraga basket, jogging ataupun tenis. Tidak pula sama seperti golf dan bowling, olahraga berenang akan dapat membuat anda bergerak dalam waktu yang lama. Hal ini pun akan penting untuk menjaga kebugaran kardiovaskular dalam tubuh anda dan memungkinkan tubuh untuk dapat dapat memompa oksigen dan darah dengan lebih efektif.

Bukan hanya itu, berenang juga akan dapat melatih kedua otot bagian tubuh atas dan bawah pada saat yang bersamaan dimana tidak semua olahraga dapat melakukan gerakan semacam ini. Olahraga renang pun menunjukan hasil dapat membakar hingga 350 sampai dengan 420 kalori dalam per jamnya. Hal ini akan baik terutama untuk mereka yang telah mati rasa atau mengalami perasaan tidak peka rangsangan pada bagian kaki (diabetes neuropati) karena sama sekali tidak membahayakan.

Bila dilakukan secara teratur olahraga renang akan dapat membantu membentuk tubuh anda dan membakar kalori didalam tubuh dengan lebih cepat. Tidak berhenti sampai disitu, berenang pun akan dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Ketika anda berada dalam proses menjadi bugar maka diabetes dalam tubuh anda pun akan dapat terkendali dengan baik. Semua hal ini adalah alasan yang baik untuk mulai mencoba olahraga berenang untuk anda dengan riwayat penyakit diabetes.

Yoga

Olahraga yang selanjutnya yang baik untuk dilakukan dan cocok untuk para penderita diabetes adalah olahraga yoga. Melakukan yoga seara teratur akan dapat meningkatkan sirkulasi darah, pencernaan dan juga kekebalan tubuh dengan baik. Bukan hanya itu, manfaat lain dari melakukan olahraga ini pun akan memberikan bantuan untuk anda mencegah timbulnya penyakit kronis, serta membuat tubuh lebih sehat dan lebih berenergi sehingga anda akan terlihat lebih fresh.

Pada dasarnya penyakit diabetes dibagi kedalam dua jenis yakni diabetes tipe 1 yang terjadi sebab tidak adanya produksi insulin dan yang tipe 2, yakni kondisi ketika pankreas tidak menghasilkan sejumlah insulin yang cukup untuk tubuh.

Nah, latihan yoga akan dapat efektif sebagai tindakan pencegah dan juga pengoabatan diabetes tipe 2, yang mana umumnya kondisi ini dikaitkan dengan gaya hidup yang buruk dan juga stres. Adapun Art of Living Yoga menghadirkan setiap aspek asana dari awal sampai dengan akhir. Selain itu, pengaturan pernapasan menjadi modal utama pada yoga membuatnya menjadi jenis olarahraga yang baik untuk dilakukan para penderita diabetes.

Hiking

Hiking menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kualiatas hidup menjadi lebih sehat. Menurunnya ukuran berat badan tentu menjadi hal yang palling penting untuk para penderita diabetes tipe 2. Ketika kita hiking sebanyak 3 km/jam, orang dengan berat badan 68 kg akan dapat membakar 240 kalori dalam 1 jam.

Selain itu, kegiatan ini pun akan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan lebih baik. Seperti yang kita ketahui kolesterol menjadi penyebab utama dan umum dari hadirnya penyakit jantung yang merupakan kemungkinan komplikasi jangka panjang dari penyakit diabetes. Bukan hanya itu, kegiatan hiking yang dilakukan pun akan dapat meningkatkan HDL yakni kolesterol yang baik didalam tubuh.

Selain itu, secara fisik berjalan akan dapat menurunkan norepinephrin plasma yang dapat berkolerasi dengan tekanan darah dan juga dapat membantu mengendalikan atau mencegah timbulnya hipertensi atau darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga yang dilakukan secara teratur seperti halnya berjalan akan dapat menurunkan terkanan darah sistolik dan diastolik dengan lebih baik.

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan adalah salah satu hal yang terbaik yang dapat dilakukan oleh tubuh. Olahraga semacam ini menjadi bagian penting dari rencana kebugaran. Untuk dapat melakukan olahraga yang satu ini anda tidak perlu melulu datang ke gym. Sebab anda akan dapat menggunakan bobot genggaman atau bahkan menggunakan berat badan anda sendiri untuk menciptakan otot lebih kencang dalam tubuh.

Ingat kembali tidak ada kata terlambat untuk dapat memulai pergerakan yang satu ini. Ketika anda bertambah usia, latihan kekuatan akan dapat membantu anda untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengangkat benda, naik tangga dan lain sebagainya. Terlebih lagi olahraga seperti ini akan sangat baik untuk kekuatan tulang anda.

Loading...