Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Penting Untuk Diketahui

Kanker payudara stadium 1 merupakan kanker payudara stadium awal. Ini adalah sebuah kondisi dimana benjolan kanker pada bagian payudara umumnya berukuran 2 cm atau lebih kecil dari ukuran tersebut. Benjolan ini masih belum menyebar ke kelenjar getah bening dibagian ketiak. Untuk itu, mengenai setiap gejala yang mungkin terjadi adalah tindakan dini yang penting untuk dilakukan guna mencegah kemungkinan terburuk dari kondisi ini.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan untuk setiap wanita, setelah kanker serviks. Kondisi ini seringkali menjadi mimpi buruk yang membayang-bayangi diri setiap wanita. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara anda, semisal pada bagian saluran keluarnya air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama dengan jaringan pendukung lainnya, seperti halnya jaringan lemak.

Pada umumnya hormonal, gaya hidup dan faktor lingkungan menjadi salah satu pemicu yang patut dicurigai sebagai pemicu dari timbulnya kanker yang satu ini. Akan tetapi, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama pun memiliki resiko terserang dengan penyakit yang satu ini. Sehingga demikian pada umumnya kondisi ini akan memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Penting Untuk Dikenali

Akan tetapi demikian, ada beberapa faktor resiko yang memungkinkan anda untuk terkena dengan serangan penyakit ini. Misalnya saja bila anda berusia sekitar 50 tahun atau lebih, jika anda memiliki keluarga dekat atau bahka ibu yang terkena denan kanker ovarium atau kanker payudara, pernah muncul benjolan jinak pada payudara atau pernah didiagnosa dengan kanker payudara. Seharusnya, kanker payudara bukanlah penyakit warisan.

Namun ada gen tertentu dalam tubuh yang disebut dengan BRCA1 dan BRCA2 dimana gen ini dapat meningkatkan resiko seseorang terhadap serangan kanker yang satu ini. Buka hanya itu, gen yang satu ini pun dapat diturunkan kepada generasi penerus.

Nah, memiliki resiko atau tidaknya terhadap paparan kanker yang satu ini maka tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama untuk kanker payudara pada stadium awal. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh maka penanganan lebih awal dapat dilakukan untuk mengobati kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa ciri kanker payudara dibawah ini.

Benjolan/Penebalan Disekitar Payudara

Benjolan yang timbul pada bagian payudara merupakan salah satu ciri atau tanda paling awal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Sebagian wanita akan mungkin menjumpai benjolan didaerah ketiak atau sekitar bagian payudara. Kondisi ini biasanya menjadi tanda awal timbulnya kanker payudara pada stadium awal.

Meski tidak 100 persen benjolan yang muncul menandakan adanya kanker. Namun setidaknya anda perlu waspada dengan kondisi yang satu ini. Mulai dari ditemukannya benjolan kecil atau benjolan yang sudah membengkak dan membesar sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih pasti dan mendapatkan penanganan yang lebih dini. Adapun guna membedakan mana benjolan yang berpotensi kanker dan benjolan mana yang tidak, maka berikut ini adalah beberapa karakteristiknya.

Tanda Benjolan yang Berpotensi Kanker

  • Benjolan terasa keras
  • Kulit payudara berlesung pipit
  • Benjolan ini tidak diskrit; tidak mudah dibedakan
  • Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
  • Benjolan tetap di payudara; tidak bergerak
  • Hanya ada satu benjolan
  • Benjolan disertai dengan keluarnya cairan

Tanda Benjolan yang Berpotensi Kanker

  • Benjolan lunak
  • Ada beberapa benjolan payudara
  • Benjolan diskrit; mudah dibedakan
  • Benjolan bergerak di payudara
  • Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi
  • Ada benjolan di payudara sebelahnya.

Selain benjolan, penebalan payudara yang muncul dibagian bawah ketiak juga wajib untuk diwaspadai dengan baik. Untuk itu, penting sekali memeriksakan kondisi ini ke dokter jika anda mulai merasakan beberapa gejala seperti yang telah disebutkan diatas.

Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara

Pengenalan tanda adanya kanker payudara yang selanjutnya dapat dilihat dari perubahan ukuran dan bentuk payudara anda. Apabila anda melihat terjadi keanehan pada salah satu bagian payudara anda maka penting sekali untuk anda mulai memberikan perhatian yang lebih. Karena hal ini bisa jadi merupakan tanda umum kedua yang paling sering dijumpai. Tidak hanya dilihat dari bentuknya saja, perubahan ukuran payudara yang terkesan janggal pun perlu diperhairkan dengan baik.

  • Perubahan Ukuran Payudara

Pada umumnya perubahan ukuran payudara tidak terjadi dengan drastis atau terkesan tiba-tiba. Semisal bila sebelumnya ukuran besar payudara anda hanya 34 namun dengan tiba-tiba berubah menjadi 32. Hal ini bisa menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik.

  • Perubahan Bentuk

Perubahan bentuk pada bagian payudara pun penting untuk diperhatikan dengan baik. Misalkan dari ukuran yang sebelumnya mancung, namun sekarang menjadi tengkulai kebawah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dengan baik. Perubahan yang terjadi ini bisa saja tidak terjadi pada keduanya, melainkah hanya salah satu bagian saja. Untuk itu, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter agar anda bisa segera mendapatkan penanganan yang lebih baik terkait dengan masalah yang satu ini.

Terdapat Kerutan Disekitar Bagian Payudara

Kerutan yang muncul ini umumnya banyak dialami oleh mereka yang sudah berusia lebih lanjut. Namun tidak halnya apabila anda mengalami atau terkena dengan gejala awal dari kanker payudara, kerutan mungkin saja dijumpai pada bagian tertentu dipayudara anda.

Untuk kulit payudara yang normal umumnya tidak memiliki kerutan dan cenderung terasa lebih halus pada bagian permukaan yang rata (terkecuali bagian puting). Untuk itu, agar dapat memeriksa kondisi ini maka cobalah untuk bercermin dan kenali payudara anda dengan mengelusnya secara perlahan.

Bila terjadi kerutan sekitaran permukaan rata pada bagian payudara maka segera konsultasikan masalah ini ke dokter. Sementara itu, untuk kerutan yang berpotensi dengan indikasi adanya kanker biasanya dapat dikenali dengan pemukaan yang kasar, spesifik pada bagian daerah tertentu pada bagian kulit payudara anda. Untuk kerutan ini umumnya akan terlihat berpigmen lbih gelap dan tidak terlalu besar lingkupnya.

Keluarnya Cairan dari Bagian Puting Secara Tiba-Tiba

Pada ibu yang tengah menyusui umumnya akan sulit membedakan masalah yang satu ini. Sebab keluarnya cairan dari bagian puting akan mungkin disalah artikan sebagai keluarnya ASI. Akan tetapi tanpa sebab yang jelas pada saat si kecil tidak sedang menyusu namun tiba-tiba keluar cairan dari bagian puting, maka hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Sebab bisa mungkin gejala ini sebagai tanda dari adanya kanker payudara yang penting untuk diketahui.

Nah, adapun untuk dapat membedakan cairan yang mengindikasikan adanya kanker payudara adalah cairan ini berupa putih atau bening. Dan teksturnya agak kental atau encer.

Untuk itu, bila puting anda mengelaurkan cairan coklat atau bahkan cairan berwarna merah darah. Kondisi ini sudah ada dalam tahapan kronis dimana anda perlu untuk segera mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter. Sebab tanda ini dapat menandakan anda mengalami gejala awal kanker payudara. Akan tetapi, secara umum apapun cairan yang kelar dari bagian puting tanpa sebab yang jelas sebaiknya berikan perhatian khusus yakni dengan memeriksakan masalah ini ke dokter.

Timbulnya Perasaan Nyeri yang Tak Kunjung Menghilang Pada Bagian Payudara

Nyeri pada bagian payudara umumnya menjadi tanda yang sering terjadi pada beberapa kasus tertentu seperti pada saat menstruasi ataupun pada saat hamil. Sehingga umumnya akan sedikit sulit membedakan kondisi ini dengan indikasi adanya tanda kanker payudara. Akan tetapi, untuk gejala kondisi umum tersebut perasaan nyeri ini dapat menghilang dengan sendirinya setelah usainya siklus yang anda lalui.

Lantas bagaimana dengan perasaan nyeri yang terjadi pada gejala kanker payudara? Nah, untuk gejala ini perasaan yang dirasakan dari tanda ini akan cenderung sulit menghilang. Untuk itu, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Terutama bila bagian yang terasa nyeri semakin membengkak dan timbul benjolan didalamnya. Pemeriksakan lebih dini untuk kasus yang satu ini akan dapat membuat anda terhindar dari kemungkinan buruk akibat keterlambatan pengobatan.

Ketika anda menemukan atau merasakan perasaan nyeri yang timbul pada bagian payudara alangkah lebih baik untuk tidak memencet atau menempelkan minyak pereda nyeri pada bagian ini. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain itu, jangan pernah abaikan perasaan atau tanda ini terlalu lama sebab kondisi ini bisa mungkin berbahaya untuk anda.

Payudara yang Nampak Kemerahan dan Bengkak

Apabila anda mengalmai perubahan drastis pada warna kulit yang terdapat pada bagian sekitaran payudara seperti misalkan merah, membengkak atau mungkin terlihat gelap pada bagian salah satu sisi dibagian tertentu sebaiknya waspadai kasus seperti ini. Periksakan kondisi ini ke spesialis atau dokter terdekat agar anda bisa segera mendapatkan penanganan terbaik.

Untuk mengetahui tanda yang satu ini anda dapat melakukanya dengan mengamati kulit sekitaran payudara anda. Coba lihat apakah terdapat warna aneh pada bagian payudara atas, bawah ataupun pada bagain samping payudara anda.

Tanda kemerahan ini biasanya membawa kehangatan pada saat anda menyentuhnya. Seperti orang yang saat mengalami demam, hanya saja pada umumnya perasaan tersebut hanya dirasakan pada bagian tersebut saja. Sementara itu timbulnya benjolan juga bisa menandakan adanya kanker payudara. Tidak seperti benjolan yang keras pada umumnya, benjolan yang mungkin timbul pada kondisi ini umumnya lebih lunak.

Puting yang Masuk Kedalam

Puting susu pada umumnya akan timbul, terutama ketika ada stimulasi berupa sentuhan, kalaupun sedang mengecil biasanya tidak akan sejajar dengan kulit. Hanya saja, ketika terjadi keanehan perlu anda perhatikan dengan baik, terutama ketika ia telah menukik kedalam atau tidak dalam keadaan sewajarnya.

  • Apakah Puting Susu Saja?

Tentu tidak, semua bagian pada payudara yang menukik kebagian dalam perlu diwaspadai dengan baik sebagai tanda dari kanker payudara yang patut dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk mencegah adanya kemungkinan lebih buruk dari kondisi ini.

Puting susu yang 'bersembunyi' didalam dapat terjadi di bagian salah satu payudara saja atau pada kedua bagian dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, hal penting lain yang perlu diingat adalah bukan hanya pada bagian puting susu sebab bagian lain pada payudara yang menukik kebagian dalam perlu diperhatikan dengan baik agar tidak berdampak kronis.

Timbulnya Perasaan Gatal, Bersisik Ruam di Bagian Puting Susu

Faktor lain yang dapat mejadi ciri-ciri peyakit kanker payudara adalah timbulnya gatal yang timbul secara tidak terduga pada bagian sekitaran payudara. Umumnya gatal yang muncul bisa terjadi dalam skala yang kecil dan umumnya tidak akan terlalu menggaggu. Akan tetapi, pada kasus yang lain kondisi ini pun bisa menyebar kebagian sekitaran payudara dan muncul dengan tiba-tiba. Umumnya kondisi ini akan sulit menghilang sebab intensitasnya sudah tinggi.

Sementara itu, kondisi payudara yang muncul sebagai tanda adanya kanker payudarapun bisa berupa timbulnya sisik yang cukp menganggu. Sebab kondisi ini akan sakit bila mengelupas atau pada saat dipegang. Bersisik pada bagian kulit manapun tentu perlu mendapatkan perawatan yang lebih khusus. Hal ini dikarenakan kondisi umum kulit manusia tidaklah bersisik, terlebih lagi bila terdapat pada bagian payudara. Untuk itu, maka sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan segera ke dokter agar anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Gejala Lanjutan Dari Kanker Payudara

Beberapa ciri diatas pada umumnya adalah gejala awal dari kanker payudara. Akan tetapi jika kanker sudah menyebar tentu tidak hanya akan memberikan efek fisik utnuk bagian sekitaran payudaran tersebut. Nah, dibawah ni adalah tanda dan efek kanker payudara yang penting untuk anda ketahui atau pada saat kanker sudah menyebar dan mempengaruhi bagian lain pada tubuh kita.

  • Adanya nyeri pada bagian tulang
  • Timbulnya mual yang seringkali muncul
  • Kehilangan nafsu makan
  • Terjadinya penurunan berat badan
  • Timbulnya penyakit kuning
  • Sakit kepala hebat yang tak kunjung sembuh
  • Batuk-batuk
  • Penglihatan ganda
  • Kelemahan otot
  • Penumpukan cairan yang terjadi disekitaran paru-paru

Setelah mengetahui tanda-tanda diatas, maka pemeriksaan lebih lanjut ke dokter adalah hal yang paling dianjutkan untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang terjadi dengan tubuh ibu. Lewat pemeriksaan ini dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melakukan tindakan dini untuk menghindari kemungkinan buruk dari kondisi kanker yang dialami.

Selain itu, guna mengetahui tanda dan gejala kanker payudara diatas, maka cobalah untuk melakukan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri yang dilakukan setiap bulannya. Rajin melakukan SADARI juga dapat membantu anda mengenali lebih dalam jaringan payudara anda. Sehingga demikian kondisi ini akan dapat membantu anda lebih waspada dalam mengenali kondisi atau gejala yang tidak lazim yang terjadi dengan bagian payudara anda.

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang tidak kalah mematikan dari kanker serviks. Meski penyebab dari kanker ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk anda dapat lebih waspada terhadap resiko penyakit yang satu ini.

Anda tetap disarankan untuk senantiasa menjaga pola makan anda dengan baik dan terus waspada terhadap paparan penyakit yang satu ini. Rajinlah melakukan SADARI sejak dini. Dan jika anda merasa berpotensi besar terkena dengan kanker karena ibu atau kerabat dekat anda mengidap penyakit yang sama maka mungkin kondisi ini akan membuat anda merasa khawatir. Untuk itu, jangan sungkan mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter.

Pada intinya jangan pernah merasa enggan atau segan pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Sebab pada dasarnya hal ini penting dilakukan untuk kesehatan dan keselamatan anda dengan baik. Menunda pemeriksaan kesehatan saat terjadi kondisi yang janggal dengan tubuh anda sama artinya dengan memberikan penyakit bersarang dan tumbuh lebih besar dalam diri anda.

Follow us