data-ad-format="auto"

Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Ketiga

Memasuki usia kehamilan trimester ke-3,hari persalinan yang dinanti akan segera tiba.Ketahui perkembangan dan cara menjaga kehamilan di trimester ketiga dengan cara-cara dibawah ini .

 

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, perasaan cemas dan khawatir menyambut kehadiran buah hati semakin terasa. Inilah kondisi tubuh ibu hamil pada bulan ke-7 hingga bulan ke-8 kehamilan .

Kondisi Ibu Hamil

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Pada bulan ketujuh kehamilan ibu hamil akan mengalami kontraksi, meskipun kontraksi yang dirasakan bukan menandakan kelahiran akan tetapi seringkali ibu hamil cemas.Kontraksi ini sering kali disebut kontraksi palsu.Kontraksi ini tidak mengalami rasa sakit pada perut hanya sedikit kaku.

cara menjaga kehamilan trimester 3

Bahkan ibu hamil akan merasakan nyeri dan pegal pada bagian pinggang dan juga persendian tulang belakang dikehamilan 7 bulan.Ibu hamil mengalami nafas yang pendek meskipun hanya melakukan kegiatan ringan saja, hal ini karena perut yang semakin membesar .

Selanjutnya ibu hamil akan merasakan rasa gerah dan mudah mengalami keringat karena beban yang dikandung semakin besar bahkan terkadang mengalami pembengkakan pada bagian kaki dan tangan.Bahkan bagi ibu hamil yang memasuki kehamilan trimester ketiga ini, naluri ibu sudah mulai tumbuh .

Pada awal trimester ketiga yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi.Selain itu perbanyak pijatan lembut dengan menggunakan minyak zaitun pada tangan dan kaki yang mengalami kram.Lakukan juga olahraga yang ringan untuk dapat menghindari pekerjaan yang berat .

Memasuki usia kehamilan delapan bulan yang terjadi pada ibu hamil dimana ibu merasakan buang air kecil yang mendesak dan tidak tertahankan. Bahkan beban yang sering dibawa oleh ibu hamil semakin besar dan seringkali mudah capek dan lelah karena kondisi kehamilan yang semakin membesar .

Pada ibu hamil, ligamen pada daerah pelvix mulai meregang sehingga akan memudahkan tubuh dalam beradaptasi menunggu hari kelahiran.Walaupun demikian kondisi ini seringkali dirasakan oleh ibu hamil dengan sakit pada bagian punggung .

Selanjutnya yang berhubungan dengan bayi yang sudah semakin aktif bergerak didalam rahim,kondisi ini akan mengakibatkan ibu hamil terganggu diwaktu istirahat. Adapun kondisi pencernaan ibu hamil yang mengalami gangguan akan mengakibatkan ibu kesulitan  buang air besar hingga sembelit yang menganggu kesehatan .

Pada kehamilan usia delapan bulan yang harus dilakukan adalah mempersiapkan fisik dan psikis dalam menghadapi persalinan. Bahkan untuk menghindari adanya perubahan yang berhubungan dengan suhu tubuh karena pembuluh darah uang sedikit agak lebih peka dari biasanya sehingga anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman terutama buah dan sayur,perbanyak minum air putih .

Kontraksi yang akan terasa sewaktu-waktu pada usia kehamilan ini.Ibu hamil akan mengalami kontraksi beberapa menit kemudian hilang kembali akan tetapi apabila kontraksi disertai dengan keluarnya cairan bening maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter .

Dipenghujung trimester ketiga, yaitu usia kehamilan sembilan bulan. Ibu hamil mengalami kondisi yang sama pada bulan sebelumnya mengalami sakit punggung dan juga adanya peregangan pada otot. Kemudian ibu akan mengalami sulit tidur dan mengalami kecemasan yang tidak beralasan. Bahkan kulit pada bagian perut akan semakin gatal,sebaiknya jangan digaruk karena akan meninggalkan bekas garukan. Untuk membuat anda nyaman, rasa gatal pada perut sebaiknya menggunakan baby oil atau lotion .

KOntraksi yang dialami oleh ibu hamil semakin meningkat bahkan ibu hamil lebih sering buang air kecil karena kandung kemih yang semakin terdesak.Untuk membuat anda tetap nyaman selama kehamilan sembilan bulan sebaiknya lakukan akvitas seperti berjalan kaki sehingga membantu proses persalinan dan juga perbanyak melakukan istirahat yang cukup .

Selanjutnya yang dapat membantu untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih adalah dengan mengubah posisi tidur. Posisi tidur yang dialami adalah posisi miring pada malam hari.Bahkan anda juga dapat mempersiapkan diri dengan mengurangi stress dan beban pikiran menjelang persalinan untuk menjaga kesehatan psikis menjelang persalinan .

Kontraksi yang disertai dengan keluarnya cairan ketuban maka usahakan untuk segera membawa ke rumah sakit bersalin untuk mencegah keluarnya air ketuban yang semakin banyak dan membayakan janin .

Kondisi Janin Trimester Ketiga

Kondisi janin memasuki usia kehamilan 7 bulan diantaranya ditandai dengan pendengaran bayi yang mulai optimal sehingga dapat menanggapi rangsangan seperti suara dan cahaya. Bahkan bayi sudah mulai merasakan posisi ibu hamil.Bahkan pada akhir kehamilan dibulan ke tujuh,lemak mulai tersimpan di dalam tubuh bayi. Pada saat ini bayi mencapai panjang kurang lebih 36 cm dan berat sebesar 1-1,8 kg.

Pada bulan kedelapan kehamilan,bayi akan lebih sering menendang didalam rahim.Otak janin akan berkembang lebih pesat pada usia kehamilan pertengahan trimester ketiga. Bahkan hampir sebagian besar sistem internal tubuh janin akan berkembang dengan baik, kecuali pada bagian paru-paru janin yang belum optimal. Munculnya cadangan lemak di dalam tubuh yang semakin berkembang pada janin membuat posisi yang nyaman pada janin.Perkembangan bayi ditandai dengan ukuran tinggi janin 45 cm dengan berat sekitar 2-2,7 gram.

Pada bulan kesembilan kehamilan, menjelang akhir trimester ini paru-paru sudah berkembang dengan sempurna. Bahkan refleks koordinasi bayi yang semakin sempurna mulai terasa ketika bayi mulai berkedip , menutup mata dan juga memutar kepala bahkan menendang sebagai adanya respon cahaya, sentuhan dan juga suara.

Kemudian bayi akan melakukan posisi yang berubah dimana terjadinya persiapan persalinan ketika janin turun ke panggul dan bagian kepala akan menghadap ke arah jalan lahir. Janin akan terus tumbuh dan juga berkembang hingga hari kelahiran. Pada usia kehamilan ini ,panjang janin berkisar pada 46-51 cm dan juga berat mencapai 3000 gram.

Cara Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga

Untuk mencegah kehamilan ditrimester ketiga yang harus dilakukan adalah dengan memanjakan diri. Lakukan aktivitas yang tidak membahayakan janin, anda dapat tetap senantiasa menjaga diri anda untuk tetap tampil cantik.Menambah wawasan persalinan dengan membaca buku dan bergabung dengan forum kesehatan .

Selain itu istirahat yang cukup sehingga dapat membantu ibu untuk tetap sehat dan tidak terlalu lelah.Melahirkan membutuhkan energi yang tidak sedikit sehingga perbanyak asupan nutrisi yang dapat menambah energi.Konsumsi pula protein dan kalsium yang dapat menjaga kehamilan ditrimester ketiga.

Manjakan diri anda dengan pasangan, luangkan waktu berdua dengan pasangan.Anda dapat mendapatkan motivasi langsung dari suami sehinga lebih siap menghadapi persalinan .Dengan mengetahui bahwa pasangan anda akan senantiasa menjaga dan menghibur anda maka akan meningkatkan moral . 

Dengan demikian menjaga kehamilan ditrimester ketiga adalah dengan mempersiapkan kesiapan fisik dan juga psikis ibu hamil menjelang persalinan. Ibu hamil harus siap menghadapi hari yang sudah lama dinanti ,menimang buah hati dengan gembira. Bantuan dan dukungan dari suami ataupun keluarga akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan yang lebih percaya diri .