Cara Melakukan Latihan Relaksasi Hypnobirthing

Ketertarikan ibu hamil untuk dapat melahirkan dengan cara hypnobirting membuat tim bidanku kembali membuat artikel yang membahas mengenai persalinan hypnobirting. Seperti banyak yang dipertanyakan oleh ibu hamil yang akan melakukan persalinan hypnobirting, apakah betul dapat melahirkan tanpa rasa sakit? Bagaimana dengan kesadaran ibu saat dilakukan persalinan hypnobirting?

Baiklah, kita awali dengan penjelasan mengenai hypnobirting. Seperti yang sudah dimuat di artikel sebelumnya hypnobirting merupakan proses melahirkan yang alamiah atau normal yang memberikan kenyamanan dan mengurangi ketakutan akan rasa sakit pada ibu saat persalinan. Hypnobirting sebenarnya berasal dari kata hypnotic dan brithing. Hal ini yang membuat orang awam mengira melahirkan dibawah alam sadar. Padahal hypnobirting bukan hipnotis yang menyebabkan ibu yang akan melahirkan kehilangan kesadaran. Melainkan hipnotis yang menggunakan metode penanaman sugesti yang positif pada ibu yang akan melahirkan ketika dalam kondisi rileks. Bahkan jenis hypnoterapi tidak saja pada saat ibu melahirkan melainkan pada beberapa terapi yang dapat membuat kondisi pasien tenang dan rileks.

Metode hypnobirting merupakan salah satu teknik outohipnosis atau swasugesti dalam menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan sehingga alami, lancar dan memberikan kenyamanan. Melalui latihan yang rutin oleh ahli maka dapat mengkondisikan tubuh, jiwa dan pikiran secara harmonis sehingga dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi proses persalinan. Dengan demikian akan terbentuk keyakinan di dalam diri untuk menghadapi persalinan, belajar untuk menghadapi kondisi relaksasi dan mampu menetralisir faktor negatif di alam/ jiwa bawah sadar.

Berikut adalah cara untuk melakukan latihan relaksasi hypnobirting :

Persiapan

1. Anda dapat memilih waktu untuk rileks apabila tidak menginginkan adanya gangguan, jauhkan terlebih dahulu hal-hal kecil yang akan mengganggu seperti telepon genggam.

2. Anda dapat melakukannya setiap hari dengan disiplin.

3. Pilihlah tempat latihan yang akan anda gunakan secara rutin. Untuk mendukung latihan hypnobirting anda dapat memilih lampu yang tidak terlalu terang.

4. Pastikan kandung kemih anda dalam keadaan kosong.

5. Gunakan baju yang longgar dan memberikan kenyamanan untuk anda selama melakukan latihan hypnobirting.

6. Anda dapat menggunakan musik hypnobirting untuk membantu tubuh anda lebih rileks.

Memilih Posisi Relaksasi

Proses selanjutnya anda dapat memilih proses relaksasi yang paling nyaman. Mengenai caranya anda dapat memilih sendiri sesuai dengan kondisi tubuh anda. Lantunan musik hypnobirting akan membantu anda untuk memilih dua macam posisi yang dapat dipilih yaitu posisi belakang atau posisi miring.

Mulai dengan relaksasi wajah

Kondisi ini sangat penting untuk membantu bagian tubuh lain untuk mudah mengikuti. Cara melakukannya yaitu dengan cara berikut, Anda dapat memulainya dengan membiarkan kelopak mata pelan pelan menutup , jangan memaksakannya biarkan secara perlahan. Fokuskan pada otot-otot disekitar mata. Apabila sudah terasa otot otot mata melemas secara alami maka biarkan anda merasakan rileks yang mengalir dari kedua kening yang turun ke kelopak mata , kemudian ke tulang pipi dan juga sekeliling rahang. Ketika anda melakukan latihan ini pastikan bahwa ibu hamil akan merasakan leher, siku turun dan bahu sehingga secara perlahan bahu terbuka ke luar dan kedua tangan tergantung denga lemas dari siku.

Latihan Pernapasan

Anda dapat mengatur relaksasi dengan posisi tubuh senyaman mungkin, baik dengan posisi duduk atau setengah duduk, telentang atau miring. Disarankan anda menggunakan posisi menyamping ke kiri dengan posisi ini akan memperbaiki aliran darah ke rahim terutama untuk ibu hamil yang usia kehamilannya kurang dari 36 minggu. Kondisikan tubuh anda relaks, pejamkan mata anda secara perlahan kemudian mulailah untuk bernafas sedalam dalam melalui hidung secara perlahan dan juga teratur. Anda dapat memulai mengendurkan otot otot di seluruh tubuh dan istirahatkan pikiran.

Latihan Menanamkan Sugesti

Mulailah dengan menanamkan sugesti dan niat yang positif ke alam bawah sadar ibu hamil.Carilah suasana yang tenang dan buat seluruh tubuh anda rileks. Kemudian anda dapat melakukan kata kata seperti "aku bisa melahirkan dengan cara alami, normal dan selamat", "Bayiku sehat". Untuk masuk ke dalam alam bawah sadar anda dapat menggunakan ideomotorik yaitu gerakan tangan secara alami yang dilakukan oleh ibu hamil.

Ketika anda melakukan latihan-latihan relaksasi, setelah selesai maka biarkan otot otot semakin relaks dengan menghirup napas yang panjang dan buang melalui hidung secara perlahan. Anda dapat melakukan latihan hypnobirting dengan bantuan instruktur khusus pesiapan persalinan hypnobrithing.