data-ad-format="auto"

Cara Mendeteksi Penyakit Keturanan Sedini Mungkin Pada Bayi

Ketika bayi anda baru saja lahir sering kali diuji saring neonatus, salah satu pemeriksaan yang dilakukan pada bayi sehingga dapat mendeteksi penyakit genetik sedini mungkin. Hal ini berhubungan dengan penyakit keturunan ataupun penyakit bawaan yang serius sehingga dapat dilakukan pencegahan atau penanganan lebih awal. Uji saring neonatus dapat mengidentifikasi kelainan pada bayi. Meskipun pada dasarnya orang tua merasa ketika baru lahir bayi sehat.

Hal ini terkait dengan kebanyakan bayi dengan penyakit bawaan atau turunan akan terlihat normal saat dilahirkan. Dengan melakukan uji saring neonatus akan membantu dalam memberikan penanganan, pengobatan sedini mungkin sehingga bayi dapat memiliki tumbuh kembang yang sama dengan bayi normal lainnya. Meskipun demikian ada pula yang memiliki cara lain dalam mendeteksi penyakit keturunan pada bayi.

Berikut adalah beberapa cara yang sering dilakukan dalam mendeteksi penyakit bayi sedini mungkin :

1. Menelusuri Riwayat Kesehatan Keluarga

Cara paling sederhana yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendeteksi penyakit keturunan sedini mungkin pada bayi adalah dengan menelusuri riwayat kesehatan keluarga, hal ini tidak membutuhkan tes DNA. Anda hanya menelusuri riwayat keluarga besar anda kemudian memberikan gambaran pada pola kesehatan dan juga anda dapat mengetahui resiko terkena penyakit keturunan. Dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga anda dapat membantu dokter dapat mendeteksi penyakit degeneratif.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2. Melakukan uji saring neonatus

Uji saring neonatus seringkali dilakukan pada bayi yang baru lahir sekitar 48-120 jam. Sedangkan pada bayi yang diperiksa pada bayi yang berusia 24 jam maka anda dapat melakukan pemeriksaan kembali pada usia 2 minggu. Cara melakukan uji saring neonatus yaitu dengan melakukan pemeriksaan darah pada bayi yang biasanya diambil pada tumit bayi kemudian diteteskan pada kertas saring. Dengan hal ini akan membantu anda dalam mendeteksi penyakit bawaan yang berhubungan dengan kekurangan hormon tiroid yang akan mengakibatkan keterbelakangan mental dan terjadinya hambatan pertumbuhan fisik dan mental pada bayi. Kemudian selanjutnya kelainan genetik yang berhubungan dengan enzim G6PD seperti anemia. Pemeriksaan ini juga dapat membantu anak anda untuk menghindari suhu tubuh yang meningkat secara tiba-tiba, terjadi sesak nafas atau denyut jantung yang tidak beraturan pada bayi.

3. Melakukan respon pada bayi anda

Anda dapat dengan mudah mengenali penyakit katarak pada bayi. Katarak kongenitas atau katarak pada bayi merupakan penyakit turunan. Katarak dapat dideteksi dengan mudah, hanya dengan satu menit pada bayi anda. Pertama-tama anda dapat memberikan bayi anda mainan dengan warna-warna yang mencolok kemudian anda dapat menggerakan mainan tersebut ke arah kanan dan kiri, ke arah atas dan bawah. Kemudian selanjutnya anda dapat memperhatikan respon bayi anda. Apabila dalam keadaan normal maka bayi anda akan merespon rangsangan ini, mengikuti gerak atau meraih dengan tangannya akan tetapi apabila bayi anda tidak merespon sama sekali dan tidak tertarik pada maianan tersebut maka segera konsultasikan pada dokter anda. Anda dapat melakukan uji respon ini pada usia bayi anda 2-3 bulan.

4. Membuat Jurnal Makanan dan MInuman yang dikonsumsi Anak

Penyakit keturunan selanjutnya adalah alergi pada bayi. Pada sebagian orang tua seringkali tidak menyadari anaknya terkena alergi. Anda dapat mendeteksi dini dengan cara membuat buku jurnal pada makan dan minum yang dikonsumsi oleh bayi atau benda yang dipegang oleh bayi anda. Meskipun demikian anda harus tetap memastikannya dengan berkonsultasi dengan dokter.

Dengan demikian bagi anda yang dalam menjaga kesehatan keluarga terutama kesehatan yang berhubungan dengan penyakit keturunan pada bayi. Anda dapat melakukan riwayat medis sehingga dapat melakukan pencegahan, jalankan pula hidup yang sehat yang akan membantu anda dan keluarga terhindar dari gangguan kesehatan.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us