data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol dan Petai?

Indonesia selalu kaya dengan berbagai aneka santapan makanan yang terbukti mampu menggoyang lidah masyarakatnya.

Dari sumber yang melimpah inilah tentunya ada cukup banyak olahan makanan yang dibuat sedemikian beragam dan banyak disukai oleh banyak orang. Menyantap makanan tentunya akan lebih nikmat tatkala tubuh seseorang sedang dalam keadaan yang sehat. Betapa tidak, tubuh yang sehat membuat semua organ dalam tubuh akan dapat menjalankan masing-masing fungsinya dengan baik. Sehingga semua indera perasa dalam tubuh pun akan mampu mencicipi betapa lezat dan nikmatnya makanan yang disajikan.

Hal seperti ini tentu tidak terjadi pada mereka yang sedang sakit. Ya, kondisi penyakit umumnya akan mungkin mempengaruhi indera perasa dan membuat mereka tidak mampu menikmati makanannya dengan baik. Selain itu, umumnya tidak sedikit orang yang sakit akan terbatas pada beberapa konsumsi makanan tertentu. Hal inilah yang akan membuat mereka tidak dapat melahap makanannya dengan puas dan bebas.

Akan tetapi selain orang yang sakit batasan jenis konsumsi makanan pun berlaku pada wanita yang sedang hamil. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ibu hamil tidak dipernenakan menyantap sembarang jenis makanan dalam tubuhnya sebab apa yang dikonsumsinya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Dalam arti yang lain makanan dan gizi pada ibu hamil ada dua hal yang tidak akan dapat dipisahkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Selama masa kehamilan, ibu hamil dituntut untuk dapat menjaga asupan makanan dan memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh dan janin dalam kandungannya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjaga kehamilan yang sehat dan menghindari segala ancaman penyakit atau bahkan resiko bahaya dari konsumsi makanan yang sembarang.

Tidak sedikit ibu hamil yang kurang teliti dalam menjaga kesehatan tubuhnya, dan tidak memperhatikan asupan makanannya berakibat pada timbulnya masalah baik pada dirinya atau pada janin yang ada dalam rahimnya.

Aneka jenis makanan yang hadir di tanah air memang cukup beragam dan menggoda. Itulah mengapa tak heran bila Indonesia kerap kali dijuluki dengan negara yang kaya. Baik kaya dari budayanya, keanekaragamannya termasuk kaya akan dunia kulinernya. Termasuk dengan sajian makanan yang terbuat dari jengkol dan petai.

Kedua bahan makanan ini merupakan komoditi pertanian asli Indonesia yang terkenal memiliki aroma menyengat, namun justru inilah yang menurut para penikmatnya dikatakan sebagai sajian kuliner yang nikmat.

Menyantap makanan beraroma menyengat ini jelas memberikan kenikmatan tersendiri untuk pada penggemarnya. Meski demikian, aroma menyengatnya terkadang sulit untuk dihilangkan dan tak jarang beberapa orang merasa was-was menyantap sajian ini terutama pada saat hamil. Lantas bolehkah konsumsi jengkol dan petai dilakukan oleh ibu hamil? Mari kita simak lebih dalam informasinya dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol dan Petai?

Pertanyaan yang satu ini seringkali menjadi hal yang banyak diajukan oleh sebagian wanita hamil yang gemar mengkonsumsi jengkol dan petai atau yang hanya sekedar ingin tahu mengenai informasi yang satu ini. Untuk wanita hamil, makanan memang menjadi salah satu perhatian serius sebab umumya segala hal yang dikosumsi oleh si ibu akan berdampak langsung terhadap kesehatan bayi mereka.

Asupan nutrisi yang penting untuk ibu hamil dan bayinya memang sudah seharusnya menjadi perhatian yang penting. Terutama untuk mereka yang hobi menyantap jenis kuliner berbau menyengat yang satu ini. Dua jenis makanan dengan aroma yang khas ini memang menjadi favorit banyak orang di tanah air, sehingga tak heran bila sewaktu hamil beberapa wanita yang doyan mengkonsumsi makanan ini akan timbul keraguan dan pertanyaan apakah makanan ini aman dikonsumsi atau tidak.

Sebenarnya belum ada penelitian yang atau tulisan ilmiah yang menyatakan bahwa konsumsi terhadap petai dan jengkol berbahaya untuk kehamilan. Sehingga demikian, konsumsi terhadap dua jenis makanan ini boleh dilakukan oleh ibu hamil, namun dengan porsi yang tidak berlebihan. Sebab pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Manfaat Jengkol dan Petai Untuk Ibu Hamil

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa tidak ada larangan untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi dua jenis makanan ini. Akan tetapi sebaiknya konsumsi terhadap jengkol dan petai tidak dilakukan secara berlebihan hanya karena anda adalah seorang penikmat makanan ini.

Nah, selain boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, rupanya dua jenis makanan ini pun memiliki kandungan yang baik dan bermanfaat untuk ibu hamil. Lantas apa sajakah manfaat tersebut? Simak dibawah ini.

  • Sumber Energi yang Baik

Jengkol dan petai merupakan makanan yang memnjadi salah satu sumber energi yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan didalam jengkol terdapat kandungan fruktosa, surkrosa dan juga glukosa yang dapat menghasilkan energi dan tenaga yang cukup besar. Yang mana untuk ibu hamil energi ini akan bermanfaat dalam menunjang kinerja tubuhnya. Dengan jumlah konsumsi yang cukup maka anda akan dapat merasakan manfaat dari dua jenis makanan ini dan tubuh pun akan terasa lebih sehat dan fit meski tengah mengandung.

  • Terdapat Kandungan Prebiotik Untuk Atasi Sembelit

Kondisi sembelit kerap kali datang dan menyerang ibu hamil sebagai bagian dari tanda kehamilannya. Seperti yang kita ketahui, hal ini seringkali menjadi tanda yang menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Namun dengan konsumsi jengkol dan petai dalam jumlah yang tidak berlebihan akan dapat menjadi solusi yang baik untuk anda.

Kandungan serat dari jengkol dan petai akan membantu tubuh melancarkan buang air besar pada saat anda hamil. Jadi demikian, anda tidak perlu khawatir pada saat anda ikut makan bersama dengan keluarga dan mengkonsumsi dua jenis makanan ini. Asalkan porsinya masih normal maka manfaatnya akan bisa anda dapatkan.

  • Baik Untuk Tumbuh Kembang Janin

Selain manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil, kebaikan serupa pun akan dirasakan oleh si janin dalam kandungan anda. Mengkonsumsi jengkol dan petai rupanya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi si kecil meski masih dalam rahim. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi didalamnya akan membuat anda baik mengkonsumsi makanan ini.

Selain diketahui memberikan manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Namun bila konsumsi terhadap jenis makanan ini dilakukan terlalu berlebihan, maka dampaknya bisa bahaya. Inilah beberapa bahaya mengkonsumsi jengkol dan petai secara berlebihan sewaktu hamil.

Bahaya Jengkol dan Petai Terlalu Banyak Saat Hamil

  • Mengakibatkan Sakit Punggung

Adalah kandungan jengkolat yang terdapat dalam dua makanan inilah yang akan menimbulkan masalah terhadap kesehatan ibu hamil. Kandungan jengkolat yang ada didalamnya akan dapat mempengaruhi kinerja ginjal didalam tubuh yang apabila dikonsumsi berlebihan akan dapat memicu timbulnya nyeri hebat dibagian sekitaran punggung ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya perhatikan porsi yang cukup pada saat anda menikmati jengkol dan petai. Jangan mentang-mentang terasa nikmat anda lantas melahapnya secara berlebihan.

  • Mengakibatkan Gangguan Pecernaan

Bila diatas dijelaskan manfaat dari konsumsi dua jenis makanan ini akan membantu pencernaan anda. Akan tetapi, bila porsinya terlalu berlebihan justru akan menimbulkan masalah pencernaan. Kosumsi jengkol dan petai yang terlalu banyak akan dapat menimbulkan sembelit untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan konsumsi dua jenis makanan ini akan dapat menimbulkan serat masuk secara berlebihan pada tubuh wanita hamil dan menimbulkan masalah. Dampak yang lebih serius dari kondisi ini adalah diare atau mencret.