data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Probiotik?

Pada saat hamil wanita dituntut untuk dapat menjaga kesehatan dan kehamilannya dengan baik.

Hal ini tentu dilakukan guna menunjang tumbuh kembang si janin dalam kandungan agar resiko kelahiran bermasalah bisa dicegah dengan baik. Salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan kualitas kehamilannya adalah dengan mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan baik yang diperlukan oleh tubuh dan si janin yang ada dalam rahim. Dengan menjaga asupan makan, maka pertumbuhan dan perkembangan si jabang bayi dalam perut ibu hamil dapat dipastikan berjalan dengan baik.

Selain itu, pentingnya asupan makanan selama hamil adalah untuk menjaga agar tubuh ibu hamil tidak mudah terserang dengan penyakit, begitu pula dengan kehamilan yang sedang dijalaninya. Asupan makanan yang sehat dan terjaga dengan baik akan membuat ibu hamil merasa lebih fit dan segar.

Bisa dibandingkan dengan mereka yang sulit memenuhi asupan makanan, umumnya kehamilan yang dijalani akan terasa lebih lesu dan tidak berdaya. Untuk itu, maka upayakan bila anda dan si bayi dalam kandungan mendapatkan asupan makanan yang sehat seperti sayur, buah dan makanan pelengkap lainnya dengan baik agar ibu dan bayi bisa sehat dan terjaga.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Pada masa kehamilan banyak sekali masalah yang akan timbul dan dihadapi oleh seorang wanita. Hal ini dikarenakan perubahan dari hamil ketidak hamil akan membuat tubuh beradaptasi dengan perlahan dengan kondisi kehamilan anda saat ini. Belum lagi, perubahan hormon yang terjadi secara signifikan menimbulkan pengaruh yang besar terhadap kondisi tubuh ibu hamil. Hal ini akan timbul menjadi bagian dari tanda-tanda kehamilan, termasuk salah satunya adalah timbulnya masalah sembelit atau susah buang air besar.

Ya, kondisi sembelit seringkali menjadi masalah yang menyusahkan dan membuat ibu hamil mengalami perasaan yang tidak nyaman. Jangankan untuk ibu hamil, untuk mereka yang tidak hamil saja masalah ini seringkali memusingkan.

Betapa tidak, buang air umumnya menjadi kebiasaan rutin yang dilakukan oleh tubuh untuk membuang zat sisa yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Akan tetapi, pada saat masalah sembelit datang rutinitas ini tidak akan dapat dilakukan dengan baik sehingga yang muncul adalah masalah. Kondisi sembelit seringkali menimbulkan sakit pada bagian perut, timbulnya begah dan masih banyak lagi. Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan beitu saja tanpa segera dicari solusinya.

Nah, adapun saran dari ahli kesehatan untuk mengatasi masalah sembelit dirumah adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak serat, konsumsi buah-buahan dan memperbanyak minum air putih.

Akan tetapi, selain konsumsi terhadap beberapa makanan sehat diatas, saat ini rupanya sudah ada salah satu produk yang dapat bekerja untuk memperlancar buang air besar. Adalah minuman probiotik atau yang terkenal dengan brand Yakult yang saat ini tengah menjadi gaya hidup untuk sebagian masyarakat perkotaan.

Dengan mengkonsumsi minuman ini dipercaya dapat melancarkan buang air besar dan membuat tubuh terasa lebih bugar. Konsumsi buah dan sayur serta makanan sehat lainnya umumnya lebih merepotkan karena meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak belum mampu mengatasi masalah sembelit yang dialami. Sementara itu, hanya dengan rutin mengkonsumsi minuman ini setiap hari diklaim dapat lebih efektif memberikan manfaatnya.

Akan tetapi yang banyak ditanyakan dalam kasus ini adalah bolehkah ibu hamil mengkonsumsi minuman yang satu ini? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, maka kita simak seperti apa penjelasannnya dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Probiotik?

Pertanyaan yang satu ini rupanya bukan hanya menjadi penasaran dikalangan sebagian wanita, namun hampir semua ibu hamil yang mulai mengenal jenis minuman ini menanyakan hal yang serupa. Nah, rupanya sehubungan dengan pertanyaan ini rupanya perusahaan dari Yakult atau minuman probiotik ini pun telah memaparkan bahwa ibu hamil boleh melakukan konsumsi terhadap jenis minuman ini.

Disana disebutkan bahwa Yakult memang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan minuman ini berfungsi sebagai diet seimbang yang normal yang merupakan salah satu fungsi utama dari Yakult adalah membantu mencegah timbulnya sembelit. Biasanya ibu hamil seringkali menderita masalah ini selama masa kehamilannya dan minuman probiotik ini akan dapat membantu ibu mengurangi dampaknya dengan lebih baik.

Itu artinya konsumsi terhadap jenis minuman ini boleh dilakukan oleh ibu hamil. Namun tentunya dengan memperhatikan anjuran konsumsi yang sudah tertera dalam kemasan agar manfaat dan kebaikan dari minuman ini bisa dirasakan dengan baik.

Manfaat Konsumsi Minuman Probiotik Selama Kehamilan

  • Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu keluhan selama masa kehamilan yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah mual. Hal ini umumnya terjadi sebab sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil tidak terpenuhi secara maksimal. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka cobalah mengkonsumsi minuman probitik agar membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan anda dari resiko gampang sakit.

  • Mengontrol Bakteri Jahat

Pada setiap 1 botol kecil kemasan Yakult diklaim terdapat sekitar 8 milyar bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil. Bakteri ini dapat masuk melalui pencernaan anda dan mengatasi masalah pada usus karena makanan kurang sehat yang anda konsumsi baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja.

  • Mengurangi Kadar Racun dalam Usus

Konsumsi minuman probiotik dapat pula dilakukan sebagai salah satu proses detoksifikasi pada tubuh guna mengeluarkan racun yang didalamnya. Sebab racun dalam tubuh atau yang terdapat pada bagian usus akan dapat menganggu pertumbuhan si janin dalam rahim ibu hamil.

Untuk itu, penting sekali untuk pada calon ibu guna memperhatikan setiap perkembangan janin anda agar dapat lahir dengan sehat dan baik-baik saja. Seperti yang kita ketahui, perkembangan dan pertumbuhan yang terganggu pada janin yang dikandung akan meningkatkan resiko kecacatan lahir atau kehamilan yang bermasalah. Untuk itu, penting sekali memperhatikan hal yang satu ini dengan baik.

Bolehkah Konsumsi Minuman Probiotik Ini Dilakukan Satu Botol dalam Satu Hari?

Tentu boleh dan tidak ada ketentuan berapa botol jumlah konsumsi setiap harinya. Hal ini dikarenakan Yakult adalah multi makanan dan bukan obat-obatan yang terdapat batasan dalam mengkonsumsinya. Hanya saja, satu botol Yakult sudah cukup memenuhi kesehatan organ pencernaan, maka dari itu minum Yakult cukup dilakukan satu botol setiap harinya untuk ibu hamil.

Hanya saja, hal penting yang harus diketahui adalah hindari mengkonsumsi Yakult lebih dari satu botol yang dikonsumsi dalam satu waktu yang sama atau diminum sekaligus. Sebab hal ini akan cukup beresiko terutama untuk ibu hamil dan anak-anak. Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman ini terlalu banyak sebab Yakult memiliki kandungan gula yang seharusnya tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Demikian penjelasan artikel kali ini semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us