data-ad-format="auto"

Apakah Kondisi Panggul Sempit dapat Melahirkan Normal?

Mempersiapkan persalinan memang sangat menengangkan begitu pula memasuki persalinan bayi pertama anda. Kecemasan dan kekhawatiran pada kondisi kesehatan anda dan janin yang belum memiliki pengalaman membuat anda menjadi tertekan menjelang persalinan. Berkonsultasi dengan ahli medis mengenai kondisi anda untuk dapat mempersiapkan persalinan yang terbaik untuk anda. Beberapa kondisi yang dialami oleh ibu hamil ketika mengalami pemeriksaan didapati kondisi panggul sempit sehingga membuat ibu hamil semakin was-was dikhawatirkan tidak dapat menjalani persalinan normal, apakah kondisi panggul sempit dapat melahirkan normal? Kondisi panggul sempit bukan berdasarkan anatomis panggul akan tetapi secara fungsional yaitu perbandingan kepala bayi dengan panggul ibu.

Pada umumnya kesempitan panggul dibedakan menjadi empat golongan yaitu kesempitan pintu atas panggul, kesempitan bidang bawah panggul, kesempitan yang terjadi pada pintu bawah panggul atau kombinasi kesempitan pintu atas panggul, bagian tengah dan bagian pintu bawah panggul. Panggul sempit dapat diderita ibu hamil  yang mendapatkan beberapa resiko kesehatan yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang panggul, kelainan yang terjadi pada tulang belakang seperti bungkuk, adanya kelainan pada bentuk tulang pinggang, selain itu bagi ibu yang pernah mengalami radang tulang dapat membuat kondisi lebih parah pada panggul dan beberapa kondisi lainnya yang berhubungan dengan kondisi cacat pada persendian tulang paha dan kelainan yang dialami oleh ibu hamil pada bentuk kaki. Meskipun jarang terjadi akan tetapi kondisi ibu hamil yang memiliki tinggi badan kurang dari 145cm dapat beresiko memiliki panggul yang sempit.

Beberapa wanita yang memiliki panggul sempit menjadi khawatir dengan kondisi perkembangan bayi, berikut adalah pengaruh panggul sempit terhadap kehamilan dan persalinan :

A.    Pada saat kehamilan

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar
  1. Beberapa kondisi akan mengakibatkan gangguan peredaran darah atau primi gravida fundus  dikarenakan kepala janin yang terhalang.
  2. Kepala bayi mengalami kesulitan turun pada bulan persalinan meskipun beberapa kondisi kepala bayi dapat turun mendekati beberapa proses persalinan.
  3. Berisiko menimbulkan posisi sungsang pada bayi.
  4. Pada umumnya bayi yang terlahir dari ibu yang memiliki panggul sempit lebih kecil dari berat bayi normal.

B.    Pada saat Persalinan

  1. Terjadinya persalinan yang lebih lama dari persalinan normal ibu hamil lainnya
  2. Adanya gangguan pada saat pembukaan
  3. Ketuban pecah sebelum waktunya

Meskipun rongga panggul merupakan salah satu faktor dalam menentukan persalinan normal akan tetapi keberhasilan persalinan normal didukung juga oleh kekuatan ibu mengejan kemudian berat badan janin, posisi janin menjelang persalinan, kondisi ibu melahirkan termasuk usia ibu pada saat persalinan dan riwayat kesehatan. Oleh sebab itu ibu hamil yang memiliki panggung kecil tidak perlu khawatir kemungkinan untuk mendapatkan persalinan normal masih dapat terjadi asalkan pada proses persalinan kepala bayi sudah sempurna berada di dalam rongga panggul apalagi bila ukuran dari kepala dan tubuh bayi lebih kecil. Sehingga apabila kondisi ibu yang siap dengan faktor pendukung persalinan normal (kemampuan mengejan, kondisi kesehatan yang baik tanpa riwayat penyakit) dan janin lebih kecil dari kondisi panggul dapat melakukan persalinan normal. Operasi caesar akan dilakukan apabila persalinan tidak maju (tidak ada perkembangan pada kondisi ibu dan janin saat persalinan) dan ukuran panggul lebih sangat kecil dengan ukuran berat badan bayi.

Meskipun keadaan panggul sempit tidak dapat dicegah karena merupakan kelainan genetik akan tetapi anda dapat bersikap tenang dengan melakukan langkah langkah berikut :

  1. Melakukan pemeriksaan pada bidan atau dokter untuk melihat perkembangan janin dengan kondisi panggul yang sempit.
  2. Anda dapat melakukan pengendalian berat badan dengan cara mengurangi konsumsi cemilan yang manis yang beresiko dalam melahirkan bayi yang besar
  3. Melakukan latihan kehamilan atau olahraga yang baik untuk ibu hamil dengan tujuan memperkuat fisik dan menjaga kesehatan
  4. Melakukan pemeriksaan pada kehamilan selanjutnya apabila terdapati keadaan panggul yang sempit pada kehamilan pertama.

 

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us