Perhatikan Cara Membersihkan Lobak untuk Kesehatan Ibu Hamil

Mungkin pada saat anda hamil, anda akan merasa takut untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan apapun, termasuk lobak. Tapi sekarang anda tidak tidak perlu merasa khawatir untuk mengkonsumsi lobak pada saat anda hamil, karena sayuran ini mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Meskipun sayuran lobak ini tidak mengandung banyak nutrisi bukan berarti ibu hamil tidak dapat mengkonsumsinya. Berbeda halnya, berbagai resiko akan timbul jika anda tidak mencuci bersih lobak yang akan di konsumsi. Lobak dan sayuran lainnya yang tumbuh di tanah seperti kacang tanah mengandung lebih banyak bakteri yang tidak dapat hilang hanya dengan mencuci dengan air keran, sehingga ibu hamil sering memilih untuk tidak mengkonsumsi lobak dan kecambah.

Daftar Isi

Kehamilan dan Infeksi

Pada saat anda hamil, anda beresiko lebih tinggi tertular penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan parasit, hal ini disebabkan oleh hormon-hormon pada saat kehamilan yang berakibat mengurangi kekebalan tubuh anda. Misalnya toksoplasmosis, infeksi umun ini menular melalui debu, makanan, dan juga kotoran kucing. Umumnya infeksi ini tidak menimbulkan kerugian dan gejala apapun pada kondisi normal, namun infeksi tersebut dapat memberikan resiko lain terhadap ibu hamil, dan juga dapat mengganggu kesehatan bayi dalam jangka waktu yang panjang.

Resiko lobak

Lobak tumbuh di dalam tanah yang banyak mengandung banyak bakteri sehingga dapat menyebabkan penyakit pada pencernaan. Bakteri yang terkandung pada lobak yaitu bakteri salmonella atau E.Coli. Bakteri salmonella atau E.Coli dapat mencemari lobak mentah pada saat pertumbuhannya. Mencuci lobak dengan cara yang benar akan mengurangi resiko terjangkit bakteri. Dalam kasus yang pernah ada, mengkonsumsi lobak dalam keadaan mentah akan menyebabkan mual-mual, sakit perut dan juga demam. Pada kasus lain seperti infeksi toksoplasmosis, bakteri ini dapat menular kepada bayi anda dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Pada masa kehamilan sebaiknya anda rajin mengkonsultasikan kehamilan anda pada dokter anda untuk menguji infeksi toksoplasmosos pada saat kehamilan dan mengkonsumsi obat untuk mencegah penyebaran infeksi pada jangka panjang. Infeksi ini bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil, bayi lahir prematur, bahkan dapat terjadi kematian janin meskipun resikonya sangat kecil.

Cuci Lobak

Untuk mengurangi resiko infeksi pada ibu hamil, cucilah lobak degan sangat bersih, tidak hanya dengan mencuci di bawah air keran saja tapi dengan menggosok lobak tersebut dengan sikat halus hingga bersih. Selain itu jika anda hendak menyimpan lobak tersebut di atas talenan maka akan lebih baik anda mencuci talenan tersebut dengan air sabun dan air panas, jika tidak lobak tersebut akan terkontaminasi bakteri pada talenan terebut. Selain
itu biasakan cuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum memasak lobak dan setelah menangani lobak. Hal tersebut penting untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply