Waspadai Tanda dan Gejala Amblyopia Pada Anak

Ketika seorang pasien terkena Amblyopia, otak akan lebih fokus pada satu mata dan mengabaikan mata lainnya. Jika mata itu tidak dirangsang dengan benar maka sel-sel otak visual tidak matang secara normal. Istilah mata malas yang diberikan pada konsisi ini sebenarnya kurang tepat, namun akan lebih akurat jika kita mengatakan otak malas, sebab ini adalah masalah yang terjadi pada perkembangan di otak, bukan masalah organik pada organ mata.

Adapun penyebab mata malas disebabkan oleh kondisi yang mempengaruhi pengembangan visual normal atau penggunaan mata. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi strabismus atau ketidakseimbangan dikedua posisi mata. Terkadang mata malas disebabkan ketika satu mata mengalami masalah seberti rabun dekat, rabun jauh atau astigmatik mata lainnya. Atau bisa juga dipicu oleh kondisi mata lain seperti mata katarak. Selain itu, penyebab lainnya adalah tumor, pada beberapa kasus Amblyopia merupakan tanda pertama dari tumor mata. Nah, agar anda lebih waspada terhadap resiko dari Amblyopia, maka berikut tanda dan gejala yang bisa anda ketahui, agar anda dapat lebih waspada.

Tanda-Tanda dan Gejala Amblyopia

Anak yang mengalami Amblyopia atau mata malas tidak akan mendapatkan fokus yang baik dengan salah satu mata mereka. Ketika kondisi seperti ini terjadi, maka mereka akan mengalami mata lain yang bermasalah. Mata yang mengalami gangguan penglihatan (Amblyopia) akan mengalami gangguan dalam menerima gambar dari objek yang dilihatnya, dengan begini otak menjadi kesulitan menerima data yang jelas, sehingga pada akhirnya otak akan mulai mengabaikan proses ini.

Berikut ini tanda dan gejala Amblyopia atau mata malas:

  1. Penglihatan yang mulai kabur
  2. Persepsi (visi) yang buruk
  3. Penglihatan ganda
  4. Dua mata yang nampak tidak bekerja secara harmonis
  5. Mata Juling (Terbalik ke atas, ke bawah atau bahkan ke dalam)
  6. Satu mata yang bergerak tak terkordinasi

Itulah dia penjelasan mengenai Amblyopia atau mata malas serta tanda dan gejalanya. Mata malas atau Amblyopia cenderung merupakan kondisi yang diwariskan untuk itu, amat penting untuk melakukan cek mata sejak awal jika saja ada riwayat keluarga yang memiliki mata juling, katarak usia kanak-kanan atau kondisi keluhan matanya. Selain itu, Amblyopia juga lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang lahir prematur atau mengalami keterlambatan perkembangan. Untuk itulah pentig sekali bagi seorang anak untuk melakukan uji mata pertama yang dilakukan pada usa 3 atau 5 tahun untuk mengetahui kesehatan matanya dan apabila terjadi keluhan pada mata anak, makan tindakan untuk mengatasi bisa dilakukan sejak dini.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel