Turunkan Berat Badan Secara Alami | Berikut Tips Sehat Dengan Aturan!

5/5 (2)

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan suatu yang di idamkan oleh setiap orang. Tak heran lagi, mereka yang mengalami kelebihan berat badan akan rela melakukan berbagai cara untuk turunkan berat badan secara alami. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Cara untuk turunkan berat badan secara alami tersebut yaitu dengan mengurangi kandungan tertentu dari makanan yang dikonsumsi, serta mengkonsumsi obat diet alami bila perlu.

Turunkan Berat Badan Secara Alami | Berikut Tips Sehat Dengan Aturan!

Upaya untuk menurunkan berat badan bukanlah suatu perkara yang mudah. Jika salah langkah, penurunan berat badan tidak tepat justru akan membahayakan kesehatan. Penurunan berat badan dengan cepat memang terdengar sangat menggoda. Akan tetapi, program diet semacam ini bukan suatu cara yang benar untuk mendapatkan berat badan ideal.

Lalu bagaimana tips untuk turunkan berat badan yang benar?

Penurunan berat badan per minggu kurang lebih 0,5-1,5 kg. Hasil tersebut memang terdengar lambat, namun langkah ini akan efektif jika dijalankan untuk jangka panjang. Itu pun jika dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik dan sehat. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk upaya menurunkan berat badan yang alami dan benar.

Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi

Jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari merupakan cerminan dari berat badan yang anda miliki saat ini. Upaya menurunkan berat badan tersebut, anda harus mengurangi asupan kalori dikonsumsi setiap harinya. Mengkonsumsi makanan nabati, buah lemon, sayuran, dan biji-bijian merupakan salah satu cara untuk menurunkan kadar kalori di dalam tubuh.

menghindari makanan tinggi kalori

Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi beberapa daftar obat diet alami atau susu khusus diet. Susu khusus diet mengandung berbagai vitamin dan mineral. Hal ini tentu menjadi pilihan yang sangat baik daripada sama sekali tidak mengkonsumsi makanan apapun. Susu diet khusus juga lebih praktis untuk menggantikan asupan sarapan serta makan malam jika sedang menjalankan program diet.

Mengurangi asupan karbohidrat

menghindari makanan yang tinggi karbohidrat

Sumber lemak jenuh yang paling utama yaitu karbohidrat. Mengurangi asupan karbohidrat mampu memberikan perubahan yang signifikan pada berat badan. Anda dapat mengganti asupan karbohidrat dengan sayuran yang memiliki gizi tinggi. Konsumsi jus buah, jus sayuran untuk mengembalikan energi yang cepat habis selama program diet.

Istirahat yang cukup

Waktu istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika waktu istirahat anda kurang, tubuh akan mudah cepat merasakan lapar. Oleh karena itu, usahakan untuk meluangkan waktu tidur dengan tidur lebih awal saat program diet.

Olahraga secara rutin

olahraga secara rutin

 

Penurunan berat badan akan lebih maksimal jika dibarengi dengan olahraga yang rutin. Olahraga yang dilakukan mampu membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh. Banyaknya kalori yang terbakar, tergantung dari durasi dan intensitas dari olahraga yang dilakukan. Salah satu olahraga yang dapat anda lakukan untuk membakar kalori adalah aerobik.

Komitmen terhadap diri sendiri

Perlu ada waktu, usaha dan komitmen dalam jangka panjang untuk menurunkan berat badan. Pastikan kepada diri anda sendiri bahwa anda siap melakukan perubahan hidup secara permanen, menuju gaya hidup yang lebih sehat lagi. Anda harus lebih fokus, faktanya banyak energi baik dari sisi mental maupun fisik yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan buruk anda sebelumnya.

Menurunkan berat badan atau diet sebaiknya sesuai dengan aturan, tidak terlalu cepat dan drastis. Anda dapat merubah gaya hidup dengan cara yang sudah dijelaskan tadi, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Tetap luangkan waktu untuk melakukan olahraga secara rutin. Serta tingkatkan komitmen dengan diri sendiri.

Semoga bermanfaat!!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply