Tips Sukses Memberikan ASI pada Ibu yang Bekerja

5/5 (1)

Kegagalan memberikan asi ekslusif salah satunya dikarenakan faktor ibu yang mempunyai peranan ganda sehingga sibuk bekerja di luar rumah. Padahal pemerintah dalam undang-undang perburuhan telah memberikan hak kepada ibu menyusui mendapatkan kesempatan dalam memberikan asi. Meskipun demikian bagi ibu yang bekerja memberikan asi ekslusif pada anaknya dinilai masih kurang optimal dengan beberapa hal salah satunya kebijakan perusahaan dalam memberikan waktu cuti yang terlalu pendek, kurangnya dukungan dari tempat kerja untuk memerah asi dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk memerah asi. Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mempunyai trik khusus sehingga sukses memberikan asi meskipun sibuk di kantor.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pelajari sukses dalam memberikan asi pada anak anda meskipun sibuk dengan pekerjaan kantor :

1.    Persiapkan diri sebelum masuk kerja

Pasca melahirkan anda dapat menyusun jadwal dalam mempersiapkan pemberian asi ekslusif meskipun anda akan di sibukkan dengan urusan kantor anda. Pada saat masa nifas anda dapat memberikan kesempatan bayi anda untuk mendapatkan asi langsung tanpa menggunakan botol susu atau empeng. Selain itu persiapkan diri anda dengan melakukan relaksasi selama 10-15 menit sebelum melakukan memerah asi. Hal terpenting selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan gizi dan menghindari stres sehingga tidak mengganggu asi untuk kebutuhan bayi anda.

2.    Melatih Kemampuan Memerah Asi

Anda dapat melatih diri anda untuk memerah asi dengan menggunakan tangan atau pompa manual atau pula menggunakan pompa elektrik. Latihan ini dapat dilakukan dimulai pada saat asi keluar pertama kalinya dan asi terasa penuh. Kemudian biasakan untuk menetapkan jadwal memerah asi ,umum dilakukan pada saat 3-4 jam yang dibekukan untuk persediaan mulai anda bekerja.

3.    Hindari Stres saat memulai pekerjaan anda

Untuk sukses memberikan asi sebaiknya anda sangat memperhatikan asupan makanan anda, luangkan waktu untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi ketika anda bekerja. Makanan yang bergizi akan menambah kualitas asi anda. Selanjutnya adalah hindari stres karena beban fisik dan mental akan menghambat asi sehingga kuantitas menjadi terganggu.

4.    Sempatkan waktu anda untuk menyusui langsung

Sebelum anda berangkat bekerja luangkan waktu anda untuk menyusui langsung pada anak anda, dengan demikian ikatan batin masih tetap terjalin antara anda dan anak anda meskipun anda sibuk bekerja. Waktu yang tepat untuk memberikan asi langsung pada anak anda adalah ketika akan berangkat bekerja, pulang bekerja dan ketika bayi anda akan tidur.

5.    Mempersiapkan Persediaan Asi perah

Gunakan waktu istirahat anda untuk memerah asi sehingga persediaan anda tidak kehabisan untuk mencukupi kebutuhan bayi anda. Siapkan persedian asi dilemari es selama anda sedang bekerja. Sehingga penting untuk dapat menjadwalkan waktu memerah asi yang tepat dalam memerah asi setiap 3 jam sekali, siapkan peralatan yang anda butuhkan untuk memerah asi ketika sedang berada di kantor.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel