data-ad-format="auto"

Tingkatkan Imunitas Bayi dengan Konsumsi Ikan

Konsumsi ikan sangat disarankan oleh ahli gizi karena mengandung nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Bahkan pemberian ikan tidak saja dikhususkan pada makanan pendamping ASI melainkan pemberiannya dapat dimulai sejak bayi di dalam kandungan hingga pertumbuhan dewasa. Kandungan yang sangat bermanfaat adalah omega 3 asam lemak yang terkandung di dalam ikan, salah satunya untuk meningkatkan imunitas bayi.

Imunitas bayi dapat diperoleh secara alami dari air susu ibu akan tetapi untuk memberikan imunitas tambahan pada bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan maka anda dapat memberikan beberapa nutrisi tambahan yang bermanfaat memberikan imunitas pada bayi. Dengan pemberian imunitas tambahan diharapkan dapat membantu bayi anda untuk menurunkan resiko terkena gangguan atau penurunan sistem imun yang mengakibatkan kondisi bayi menjadi buruk. Penurunan imun dapat disebabkan faktor lingkungan, cuaca yang tidak menentu, atau beberapa kondisi lain seperti infeksi virus.

Pentingnya dalam pemilihan variasi makanan tidak saja ditujukan untuk menambah nafsu makan pada bayi melainkan juga dapat membantu anda dalam menjaga imunitas tubuh bayi, salah satu makanan yang dapat meningkatkan imunitas bayi adalah ikan. Ikan kaya akan kandungan DHA dan EPA yang bermanfaat dalam mencegah penyakit dan juga menurunkan resiko peradangan pada bayi. Pernyataan bahwa ikan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Departement of Food Science and Human Nutrition di Michigan State University in East Lansing Michigan. Penemuan menunjukan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan yaitu DHA tisak selalu dapat mengurangi respon imunitas saja akan tetapi dalam keseluruhan untuk menurunkan resiko peradangan.

Tidak saja daging dari ikan saja akan tetapi minyak ikan berpengaruh besar dalam meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat menguntungkan bayi anda.Minyak ikan akan meningkatkan aktivitas sel B dan juga produksi antibodi yang berhubungan dalam membantu respon imun dengan bantuan patogen sehingga memungkinkan meredam totalitas dan juga respon inflamasi. Dalam memilih ikan yang memberikan manfaat yang terbaik anda dapat memilih ikan yang berasal dari ikan tawar maupun ikan laut yang tidak mengandung merkuri. Kandungan merkuri yang tinggi dapat mengganggu kesehatan bayi, sehingga pemilihan ikan laut yang tepat seperti salmon yang rendah kalori sangat aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Hindari pemberian kerang terlebih dahulu karena kandungan merkuri lebih beresiko tinggi mengganggu kesehatan bayi anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Pada dasarnya pemberian ikan dapat diberikan sejak bayi anda pertama kali diberikan MPASI akan tetapi sebaiknya pemberiannya bertahap. Hal ini untuk menghindari alergi makanan pada bayi dan dapat dideteksi dengan tepat oleh anda. Pemberian ikan pada bayi dapat anda variasikan dengan sayuran sehingga tidak membuat bayi anda bosan. Dengan demikian bagi anda yang akan memberikan MPASI, variasikan jenis bahan yang akan digunakan sehingga membuat bayi anda tidak bosan. Hal terpenting adalah perhatikan asupan makanan bergizi pada bayi anda termasuk pemberian ikan yang dapat meningkatkan sistem imunitas bayi. Kandungan DHA yang terdapat di dalam susu formula yang mengandung minyak ikan akan membantu meningkatkan kadar protein sehingga membantu fungsi kekebalan tubuh dibanding balita yang hanya minum susu sapi saja.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us