Tips Merawat Bayi Demam

5/5 (1)

Meskipun bukan sebuah penyakit akan tetapi anda harus mengetahui perubahan yang terjadi pada bayi anda apakah merupakan demam yang ringan atau yang serius memerlukan penanganan medis. Pada umumnya anda dapat mengetahui demam bayi anda dengan menggunakan alat termometer, apabila suhu tubuh bayi anda melebihi 39 derajat celcius disertai dengan kondisi tubuh bayi anda yang lemas, tidak aktif dan disertai dengan perubahan yang terjadi pada fisiknya maka anda harus segera membawanya ke dokter. Selain dengan obat yang disarankan oleh dokter anda dapat melakukan perawatan di rumah untuk bayi yang sedang demam.

Berikut adalah tips merawat bayi yang sedang demam :

1.  Tingkatkan pemberian ASI

Demam yang terjadi pada bayi memang sangat sulit untuk diidentifikasi apakah demam yang normal atau demam yang menandakan adanya perubahan yang abnormal. Salah satu yang dibutuhkan bayi selama demam adalah nutrisi dan imunitas, sedangkan dalam air susu ibu terdapat nutrisi dan imun yang alami untuk bayi anda. Selain itu pemberian ASI akan meningkatkan keinginan buang air kecil pada bayi yang dapat meringankan demam dikarenakan cairan yang cepat tergantikan.

2.  Kompres bayi anda dengan menggunakan air

Dalam menurunkan suhu tubuh sebaiknya menggunakan kompresan air dari pada menggunakan alkohol. Anda dapat meletakan kompresan pada dahi bayi anda gunakan handuk yang kecil dengan menggunakan air hangat. Bagi anda yang akan melakukan cara mengompres sebaiknya menggunakan air hangat yang tidak jauh berbeda dengan suhu tubuh bayi anda dikarenakan dikhawatirkan bila terlalu dingin akan mengakibatkan badan bayi yang menggigil, anda dapat mengompres selama 30 menit.

3.  Anda dapat menggunakan humidifier

Humadifier yaitu alat yang akan membantu dalam hidung bayi yang tersumbat. humidifier dapat dibeli di apotek terdekat akan tetapi dalam menggunakannya sebaiknya hati-hati dan jangan terlalu dekat dengan bayi anda apalagi bila dilakukan seharian.

4.  Sinar matahari

Bantuan dari sinar matahari akan membantu dalam menyembuhkan bayi yang kuning dan juga pilek atau batuk. Caranya adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari (dibawah pukul 10 pagi) pada langkah pertama adalah dengan membiarkan dadanya terpapar sinar matahari kemudian punggung disertai dengan mengusap ngusap dan dilakukan selama 5-10 menit. Anda tidak perlu melepas baju bayi anda ketika melakukannya.

5.  Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan tebal

Menggunakan baju yang tebal dan ketat akan membuat bayi anda dehidrasi sebaiknya gunakan baju bayi anda yang dapat menyerap keringat dari bahan katun. Apabila bayi anda mempunyai riwayat step sebaiknya anda siaga dengan obat-obat anti kejang dan penurun panas sesuai dengan resep dokter.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel