data-ad-format="auto"

Pilihan Termometer yang Tepat Sesuai Usia Bayi

Setiap malam bayi anda rewel dan lebih sering menangis salah satu penyebabnya dikarenakan kondisi kesehatannya yang terganggu. Bayi anda yang sedang demam membuat anda khawatir dan tentu saja anda membutuhkan alat ukur yang akurat untuk memastikan suhu tubuh bayi anda. Masyarakat pada umumnya mengukur suhu tubuh dengan menggunakan punggung tangan akan tetapi jelas saja hal ini tidak akan akurat, anda tidak mengetahui dengan pasti suhu tubuh bayi anda selain itu kondisi suhu tubuh anda juga mempengaruhi pengukuran suhu tubuh bila anda hanya menggunakan punggung tangan saja.

Suhu tubuh sangat penting untuk anda ketahui apalagi bila kondisi bayi anda sedang demam. Suhu tubuh berperan dalam memberikan informasi yang terjadi di dalam tubuh, perubahan suhu tubuh akan memberikan peringatan adanya beberapa masalah kesehatan. suhu tubuh normal manusia yaitu 36,5-37,5 derajat celcius sehingga bila anda mendapatkan bayi anda dengan kondisi tubuh 38 derajat celcius maka dikatakan demam, demam merupakan salah satu tanda bahwa tubuh bayi sedang mengalami infeksi baik oleh bakteri ataupun oleh virus. Alat yang akan membantu anda dalam menentukan suhu bayi anda yang sedang demam adalah dengan menggunakan termometer. Seringkali orang tua bingung untuk memilih termometer yang tepat untuk bayi.

Berikut adalah jenis termometer yang umum berada dipasaran yang dapat anda pilih menjadi salah satu alat pengukur disaat bayi anda sedang demam :

1.  Termometer raksa

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Termometer jenis ini sering kali dijumpai pada kotak obat. Termometer raksa memiliki kelebihan yaitu raksa tidak membasahi dinding tabung sehingga dan dapat melihat pengukuran denga teliti dan juga tampilan raksa yang mengkilap akan memudahkan anda dapat melihatnya selain itu termometer raksa dapat mengambil kalor dengan mudah dan yang terakhir pemuaian raksa sangat teratur. Meskipun demikian akan tetapi termometer raksa sudah tidak direkomendasikan dikarenakan gampang pecah dan cairan raksa dapat menguap dan terhirup oleh manusia.

2.  Termometer digital

Termometer digital membantu anda untuk mengukur suhu tubuh bayi anda dengan sensor panas elektrik. Caranya dengan meletakan termometer ini dimulut, rectum atau di ketiak. Pilihan yang tepat untuk keluarga anda. Hal yang harus anda ingat ketika menggunakan termometer rektum dan mulut harus dibedakan. Anda dapat membelinya dua dan berikan tanda pada masing masing termometer yang digunakan di mulut dan digunakan pada rektum.

3.  Termometer tympanic

Salah satu jenis termometer digital yang menggunakan sinar infrared untuk mengukur suhu tubuh bayi anda. Cara untuk menggunakannya dengan mengarahkan dalam lubang telinga. Termometer tympanic memiliki kekurangan seperti keberadaan kotoran telinga ataupun anatomi telinga akan mempengaruhi akurasi dari pengukuran suhu tubuh.

Pada bayi yang berusia yang berusia 0-3 bulan sebaiknya menggunakan termometer digital dengan cara menempelkannya melalui rektum. Jenis ini paling akurat dan direkomendasikan khususnya untuk bayi yang baru lahir. Hilangkan kekhawatiran anda yang menggangap bayi anda akan merasakan tidak nyaman disebabkan termometer digital terbaru akan membantu memberikan hasil dalam hitungan detik. Sedangakan untuk bayi diatas 3 bulan dapat menggunakan termometer yang digunakan lewat anus atau anda dapat memilih termometer lewat mulut. Pada usia bayi yang semakin berkembang anda dapat menggunakan termometer digital pada mulutnya. Meskipun demikian anda juga dapat menggunakan termometer di bawah ketiak bayi anda dengan menempelkan lengan bayi anda ke bagian dada untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us