Tips Menyusui Bayi Kembar

Dalam memberikan ASI pada bayi yang kembar memang terkesan repot akan tetapi apabila anda sudah mengetahui trik dalam memberikan ASI yang tepat maka anda akan merasakan kenyamanan dan tidak sama sekali merasakan kerepotan dalam pemberian ASI.

Berikut adalah cara menyusui bayi kembar sehingga kedua bayi anda merasakan kenyamanan :

1.    Memberikan ASI dengan cara menggendong (The Cradle Hold)

Pemberian ASI pada bayi kembar memang tidak mudah, anda harus memiliki cara tersendiri sehingga bayi dan anda merasakan nyaman. Kondisi nyaman dalam pemberian ASI akan mempengaruhi kelancaran proses menyusui.Anda dapat memeluk kedua bayi dengan posisi kepala ditempatkan pada lekuk tangan anda kemudian arahkan bayi anda mendapatkan ASI dari payudara sebelah kanan lakukan secara bergantian.

2.    Memberikan ASI dengan Posisi Menyangga Kepala Bayi (The Clutch or Football Hold)

Anda dapat menyangga kedua kepala bayi dengan telapak tangan anda sementara tubuh bayi anda diselipkan di bawah kedua tangan anda apabila menyusui bayi dengan payudara kanan maka anda akan memegang dengan tangan kanan. Sedangkan apabila anda akan memberikan ASI pada payudara kiri maka akan memegang dengan tanga kiri. Anda dapat meletakan bayi di atas bantal atau dipangkuan kemudian sangga bagian bahu, leher dan kepala bayi anda dengan kedua tangan. Arahkan pula mulut bayi sehingga membiarkan kaki bayi anda menjulur ke belakang.

3.    Memberikan ASI dengan posisi gabungan

Anda dapat memberikan ASI pada satu bayi dengan posisi mengendong sedangkan pada bayi yang satunya lagi dengan posisi menyangga kepala. Lakukan dengan cara bergantian sehingga anda memberikan kenyamanan pada bayi. Selain itu posisi yang nyaman dapat melancarkan proses pemberian ASI.

Pada intinya kunci dalam pemberian ASI pada bayi kembar adalah kenyamanan ibu dalam memberikan ASI sehingga dapat rileks. Anda dapat menggunakan bantal penyangga atau menimangnya sehingga bayi anda aman dan nyaman apalagi bila anda merawat bayi kembar setidaknya anda akan memerlukan waktu adaptasi yang jauh lebih lama ketimbang memberikan ASI pada bayi tunggal. Dalam pemberian ASI pada bayi kembar maka anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Salah satunya penambahan kalori, protein, kalsium dan juga tambahan mineral.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel