Tips Menghindarkan Alergi Pada Anak

 

Memberikan ASI

Salah satu cara untuk mengurangi resiko alergi adalah pemberian asi eksklusif selama 6 bulan, serta sang ibu juga harus melakukan diet dan juga menghindari zat alergen dari makanan ataupun dari lingkungan sekitar. Karena alergen tersebut secara otomatis mengalir pada darah ibu sehingga mengakibatkan tertularnya bayi kita pada saat memberikan ASI.

Menghindari makanan yang beralergi tinggi

Setelah usia anak sudah menginjak satu tahun, jenis makanpun mulai ditambahkan jenisnya sedikit demi sedikit tetapi sambil melihat reaksi yang akan terjadi. Penambahan makanan ini disarankan agar kadar alergennya yang paling rendah seperti susu sapi, kacang tanah dan juga gandum. Apabila tidak terjadi sesuatu terhadap anak maka kita boleh memberikannya makanan seperti telor atau makanan laut.

Mengindari alergi yang disebabkan oleh udara

Sebaiknya dimulai dari membersihkan tempat kamat tidur anak serta tempat bermain agar terhindar dari debu secara teratur minimal sehari dua kali. Karena debu rumah merupakan zat alergen non makanan yag menjadi penyebab utama alergi. Disarankan anak juga untuk tidur dikasur busa bukan tidur dikasur kapuk.

Dilingkungan yang bersih

Sebaiknya orang dewasa tidak untuk merokok didalam rumah ataupun memelihara binatang yang berbulu seperti kucing,ayam dan burung. Di dalam kamar atau tempat bermain sang anak sebaiknya jangan menyemprotkan obat nyamuk.

Memberikan suplemen makanan

Makanan yang mengandung antioksidan hendaklah sang anak banyak mengkonsumsinya, seperti buah-buahan diantaranya jeruk dan labu sepertinya sangat cocok untuk anak apabila memakannya. Adapun yang harus diberikan untuk anak adalah suplemen khusus anak seperti halnya susu formula. Tetapi apabila sang anak masih bayi usahakan minum susu yang mengandung alergen rendah

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply