Melihat Perkembangan Bayi Dari Cara Bertepuk Tangan

5/5 (2)

Pengembangan Tangan Bayi

Ketika bayi lahir, tangannya hampir tidak berguna baginya. Dia biasanya membuat tangannya tertutup dan tidak mampu menahan apa pun. Setelah bayi kita berumur tiga bulan, ia mulai memahami bahwa tangannya adalah bagian dari tubuhnya dan juga dia mulai dapat memegang sesuatu yang ada ditangannya. Ketika anak kita mulai memasuki usia 5 sampai enam bulan, dia membuat sesuatu yang lebih baik dengan menyadari bahwa dia bisa melewati hal-hal dari satu tangan ke tangan lainnya. Kesadaran ini merupakan perkembangan penting dalam belajar bagaimana bertepuk tangan.

Tepuk tangan pertama bayi kita

Bayi kita mungkin bisa bertepuk tangan apabila menginjak usia 6 bulan, dalam usianya ini sudah mulai mencoba untuk bertepuk tangan meskipun tidak bisa menyentuh dengan kedua tangannya, namun pada bayi usia 9 bulan , kebanyakan bayi sudah mampu untuk bertepuk tangan bahkan dengan keras.

Signifikansi Tepukan

Cara bertepuk bayi kita menggambarkan perkembangannya dalam banyak cara yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa dia tahu tangannya dapat digunakan bersama-sama untuk mencapai satu tujuan. Hal ini juga menunjukkan bahwa dia memiliki keterampilan untuk melihat sejauh mana kemampuan tangannya. Dengan bertepuk tangan menunjukkan bahwa dia memiliki keterampilan dan perkembangan motorik yang baik untuk berhasil membawa kedua tangannya pada permintaan.

Mendorong Bertepuk tangan

Kemungkinan bahwa bayi kita tidak akan pernah menunjukkan kemauan dalam bertepuk tangan jika ia tidak melihat orang lain untuk bertepuk tangan. Kita  dapat mendorong dia untuk bertepuk tangan dengan cara berbicara kepadanya sebanyak yang kita bisa, terutama ketika dia melakukan sesuatu sudah sepatutnyanya kita memujinya dengan cara kita pun melakukan tepuk tangan. Bertepuk tangan untuknya memberinya banyak inisiatif untuk berlatih bertepuk sendiri.

Bertepuk Tangan Sebagai Tanda Perkembangan yang Baik

Kebanyakan bayi mulai bertepuk tangan karena itu sesuatu yang baru untuk dilakukannya, bukan karena mereka mengerti bahwa itu sesuatu yang menggembirakan. Pada saat bayi kita menginjak umur satu tahun, ia akan belajar bertepuk tangan tanpa ada maknanya, dan dia akan bertepuk tangan setiap kali dia merasa bahagia. Ketika bayi kita melihat apa yang sedang kita lakukan seperti senyuman ataupun bertepuk tangan, bukan berarti dia merasa senang, hanya saja ini merupakan bagian dari perkembangan yang sangat baik secara fisik maupun mental

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply