Tips Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

4.29/5 (7)

Ibu hamil sering kali mengalami perut kembung saat hamil dikarenakan adanya perubahan hormon selama kehamilan, hormon progesterone saat hamil menjadi meningkat dari keadaan normalnya, sehingga akan membuat jaringan otot rileks, begitu pula dengan saluran pencernaan ibu hamil. Relaksasi yang terjadi akan memperlambat proses pencernaan ibu hamil sehingga mengakibatkan gas yang bertambah, perut yang berisi gas akan mengakibatkan kembung dan sering bersendawa. Kondisi ini akan membuat ibu hamil mengeluh karena perut terasa penuh dan tidak nyaman dalam melakukan aktivitas harian. Diperparah saat hamil, perkembangan rahim yang semakin besar akan menimbulkan banyak rongga yang menyebabkan proses pencernaan menjadi terlambat dan berdampak pada perut yang terasa penuh. Selain itu banyaknya gas di dalam perut saat hamil dapat disebabkan karena udara yang masuk saat makan atau masuknya bakteri ke dalam usus besar melalui makanan yang dicerna. Akan tetapi sebagian besar gas di dalam tubuh dihasilkan oleh bakteri yang menghancurkan sisa-sisa makanan setelah dicerna tetapi tidak sempurna, ketika hamil pencernaan ini akan menjadi lambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, dapat memperparah perut kembung.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil diantaranya adalah dengan mengunyah makanan dengan baik dan tidak berbicara apabila sedang makan dikarenakan akan menyebabkan udara beresiko masuk ke dalam perut. Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perut terasa penuh atau kembung, yaitu :

  1. Ketika hamil, mengkonsumsi makanan sebaiknya tidak dalam jumlah yang terlalu banyak karena akan membuat anda cepat merasakan kembung. Pola makan yang baik pada saat hamil sebaiknya dalam jumlah kecil akan tetapi sering.
  2. Hindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan banyak gas yang dapat membuat perut anda kembung, seperti tape, durian, soda dan lain lain.
  3. Sebaiknya anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman sehingga tidak membuat sesak di perut dan pinggang ibu hamil.
  4. Pertimbangkan latihan-latihan yang bermanfaat untuk kesehatan dan membantu anda rileksasi sehingga mudah bernapas dengan baik. Dengan demikian akan membuat kenyamanan ketika anda bernapas, sehingga mempengaruhi jumlah udara yang  ikut tertelan di dalam tubuh.
  5. Lakukan olahraga seperti jalan dipagi hari sehingga membantu pencernaan dan pernapasan dengan baik

Dengan demikian bagi ibu hamil yang sering kali mengeluh dikarenakan perut kembung yang tidak nyaman dapat dihindari dengan cara-cara yang mudah dan dapat dilakukan dengan aman disela-sela waktu aktivitas anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel