data-ad-format="auto"

Tips Mengatasi Anak Pemilih Makanan

Beberapa orang tua kewalahan dikarenakan anak yang suka memilih makanan meskipun demikian anda tidak sendiri, ternyata begitu banyak orang tua yang kewalahan dalam menghadapi anak yang memiliki kebiasaan tersebut. Pemilihan makanan yang hanya disukai terkadang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya bahkan kebanyakan adalah makanan yang tidak sehat sehingga cenderung anak menjadi bermasalah dengan kondisi kesehatannya.

Memaksakan makanan yang tidak dikehendakinya justru membuat anak menolak makanan, lantas apa yang akan dilakukan untuk mengatasi anak-anak yang memilih makanan? Pada dasarnya setiap anak memiliki sifat yang berbeda beda, ruang lingkup yang sederhana seperti di dalam keluarga kakak dan adik mempunyai makanan favorit sehingga cenderung menyukai makanan tertentu untuk dapat dikonsumsi. Dalam mengatasi anak yang memiliki kebiasaan memilih makanan anda diharuskan memiliki trik tersendiri.

Berikut adalah tips mengatasi anak pemilih makanan :

1.    Mungkin anda berkali kali gagal memberikan sayuran pada anak-anak, tak jarang anda melihat makanan yang dipisahkan dari piring makanan si kecil yang bersisakan makanan yang tidak disukainya. Anda dapat membuat trik memberikan sayur ketika anak anda asyik bermain games, bahkan anda dapat memberikan sayuran yang tersembunyi misalnya jus sayuran atau cemilan yang berbahan dasar sayur.

2.    Bagi anak yang memiliki kebiasaan memilih makanan anda dapat mengajaknya berbelanja bahan bahan makanan sehingga anak anda menjadi tertarik untuk mencoba mengkonsumsi sayuran-sayuran yang menjadi pilihan anak anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

3.    Anak yang memilih makanan terutama sayuran dapat anda perkenalkan secara perlahan, selain itu biasanya anak anda tidak suka mengkonsumsi makanan sehat dikarenakan struktur makanan tersebut yang seringkali tidak disukainya. Salah satu trik yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiasatinya sehingga struktur dari sayuran tersebut dapat disukai anak anak. Salah satu contohnya adalah anak-anak yang menyukai cemilan risoles, anda dapat membuat isinya dengan wortel yang dicincang halus.

4.    Buatlah makanan dengan kreatifitas anda, bagi anak yang memilih makanan anda memang dituntut untuk dapat menyajikan makanan yang tidak disukainya menjadi makanan yang menarik. Anda dapat meluangkan waktu untuk membentuk berbagai macam sayuran sehingga membuat anak anda tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

5.    Hindari memaksakan anak anda untuk mengkonsumsi makanan yang tidak dia sukai hal ini akan membuatnya tidak nyaman dan melakukan penolakan yang keras dari anak anda. Untuk mengubah anak yang memilih makanan anda dapat melakukan contoh yang berasal dari kebiasaan keluarga. Anak anda akan tertarik dengan makanan yang dikonsumsi oleh keluarganya meskipun mungkin membutuhkan proses yang berbeda-beda.

6.    Berikan secara perlahan dan pastikan untuk menerapkan menjadi kebiasan yang baik. Anak yang pemilih makanan membuat orang tua harus ekstra sabar dikarenakan proses untuk mendapatkan kebiasaan gaya hidup tersebut membutuhkan waktu.

Sehingga bagi anda yang memiliki anak pemilih makanan lakukan salah satu trik diatas, sehingga kebutuhan nutrisi harian anak anda dapat terpenuhi. Kekurangan nutrisi tertentu pada masa pertumbuhan anak anda akan mengakibatkan gangguan kesehatan terutama gangguan perkembangan pada anak.