Tips Melengkapi Nutrisi di Masa Prakonsepsi

 

Kesehatan ibu hamil ketika mempersiapkan kehamilan sangat menunjang kelahiran bayi sehat. Gizi yang baik dapat mendukung kelahiran bayi yang sehat tanpa komplikasi. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan gizi calon ibu pada masa kontrasepsi.

Masa kontrasepsi yang didukung dengan kondisi gizi yang baik pada calon ibu akan menunjang fungsi yang optimal reproduksi. Hal ini berkaitan dengan proses pematangan telur, produksi sel telur dengan kualitas, dan membuat proses pembuahan yang sempurna. Selain itu gizi yang baik akan mempersiapkan cadangan energi untuk tumbuh kembang janin. Dengan nutrisi yang cukup akan mempengaruhi kondisi secara menyeluruh pada masa konsepsi. ( Baca juga: Cara Cepat Hamil )

Mengingat pentingnya masa konsepsi (pembuahan) untuk menunjang bayi yang sehat maka anda dapat melengkapi dengan nilai gizi yang seimbang, seperti panduan di bawah ini:

1. Lengkapi pola makan yang bervariasi untuk nutrisi yang seimbang. Hindari pula makanan siap saji yang tidak sehat pada 6 bulan sebelum kehamilan.

2. Cermati jumlah konsumsi sehingga terhindar dari makanan tertentu yang berlebihan. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

3. Kurangi makanan yang diawetkan, makanan yang diawetkan seperti makanan kalengan, instan, minuman ringan memiliki bahan kimia yang kurang mendukung dalam meregenerasi sel tubuh kualitas sel telur dengan baik.

4. Lengkapi menu makanan anda dengan nutrisi yang penting untuk pembentukan janin. Beberapa nutrisi yang sangat berperan diantaranya :

  • Asam folat. Kandungan asam folat terdapat pada sayuran hijau, hati sapi, kedelai, alpukat dan jeruk. Kandungan asam folat sangat baik untuk masa konsepsi hingga trimester pertama yang memiliki manfaat untuk perkembangan sistem saraf pusat dan darang janin.
  • Zat besi. Zat besi bisa anda dapatkan pada kuning telur, jeruk, hati, sayuran hijau dan daging merah. Untuk menyeimbangkan sirkulasi pelepasan sel telur.
  • Zat Seng. Zat seng banyak terkandung pada kacang-kacangan, telur, daging dan biji-bijian. Pada masa konsepsi akan membantu dalam produksi genetik ketika pembuahan terjadi.
  • Kalsium. Lengkapi dengan kalsium yang terdapat di dalam susu. Peranan kalsium saat masa konsepsi adalah untuk memberikan energi pada sperma untuk bergerak menuju ovum. Ketika sperma mencapai ovum maka kalsium akan merangsang pembuahan.

Dengan demikian bagi anda yang merencanakan kehamilan lengkapi nutrisi yang cukup. Dengan nutrisi yang cukup maka akan membuat ibu sehat dan siap untuk memasuki masa konsepsi. Masa konsepsi yang optimal akan membentuk janin yang sehat dan mengurangi resiko yang membahayakan janin. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel