Tips Bersepeda Dengan Aman Saat Hamil

5/5 (1)

 

Berikut tips yang aman ketika bersepeda bagi ibu hamil :

1.   Sebelum anda pergi bersepeda sebaiknya anda memeriksa keadaan sepeda anda. Pastikan semua kondisi aman, agar anda dapat memperkecil resiko terhadap kecelakaan. Pastikan rem sepeda anda berfungsi dengan baik, ban tidak bocor, dan ban luar sepeda anda tidak gundul.

2.   Gunakan sadel sepeda anda dengan yang lebih lebar supaya bokong anda tidak cepat merasa sakit, serta aliran darah anda tidak tersumbat oleh tekanan tubuh yang berat.

3    Lakukan peregangan serta pemanasan terlebih dahulu sebelum anda mulai bersepeda. Cukup dengan menggerakan kepala, bahu, tangan dan kaki anda selama 5 menit dengan perlahan.

4.   Usahakan anda berolah raga sepeda ini pada pagi hari ketika matahari belum terlalu panas, hal ini dilakukan agar tidak terjadi dehidrasi yang diakibatkan oleh kepanasan. Selain itu matahari pagi masih sangat bagus bagi kesehatan tulang anda.

5.   Selama bersepeda hal yang perlu anda perhatikan ialah minum air putih lebih dari biasanya. Hal tersebut dapat mempercepat dalam mengeluarkan panas di dalam tubuh yang diakibatkan karena meningkatnya kegiatan otot di dalam tubuh. Jika panas di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan maka akan menimbulkan gangguan pada tulang belakang terutama jika kehamilan anda baru memasuki trimester pertama.

6    Setelah selesai bersepeda ada baiknya anda menambah porsi makan anda. Melakukan olah raga bersepeda ini menghabiskan sekitar 150 hingga 200 kalori, sementara itu berat badan ibu yang sedang hamil di haruskan untuk terus bertambah, maka diharuskan juga untuk anda mengganti setiap kalori yang hilang ketika anda melakukan aktifitas bersepeda.

Selain dari tips yang diatas tersebut, ada hal-hal yang harus dihindari oleh ibu hamil ketika melakukan aktifitas bersepeda :

1.   Hindari melakukan olah raga sepeda pada sore hari. Sebab pada sore hari anda telah melakukan banyak kegiatan sehingga kaki anda akan membengkak yang diakibatkan oleh banyaknya aktifitas.

2.   Sebaiknya anda menghindari jalan yang berlubang. Hal tersebut dapat memicu kontraksi serta dapat meningkatkan resiko terjatuh.

3.   Usahakan anda tidak terlalu membungkuk ketika sedang bersepeda. Hal ini dapat mengakibatkan rasa nyeri pada tulang di bagian bawah sehingga akan kehilangan keseimbangan sebab gravitasi pada tubuh terlalu condong ke depan.

4.   Sebaiknya anda tidak melewati jalan menanjak. Ini dapat menyebabkan anda cepat kelelahan nafas terasa berat, sera tekanan darah akan naik cepat.

5.   Sebaiknya anda menyediakan makanan ketika anda bersepeda, meskipun itu hanya berupa cemilan.

6.   Hindari mendengarkan music menggunakan headset. Ini dapat membuat anda menjadi kurang waspada.

Jika anda mulai merasakan keluhan-keluhan seperti pusing, nafas terasa pendek, jantung berdebar maka ada baiknya anda segera menghentikan kegiata bersepeda anda. Jika olah raga bersepeda sudah anda hentikan selama lebih dari 30 menit namun kontraksi masih terjadi, sebaiknya anda cepat menemui dokter kandungan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel